Wisata Di Kepulauan Togean, 6 Aktivitas untuk Pengalaman Tidak Terlupakan

Seiring kemudahan transportasi dan perkembangan teknologi komunikasi, kita semakin terpapar dengan tujuan wisata yang belum banyak didatangi wisatawan. Seperti daerah-daerah di Indonesia Timur yang menyimpan pemandangan menakjubkan dan pasti akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Salah satunya, wisata di Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Buat kamu pecinta snorkeling atau diving, wajib hukumnya untuk melakukan perjalanan wisata di Kepulauan Togean karena ini adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki empat lingkungan terumbu karang: atol (atoll), penghalang (barrier), karang tompok (patch reef), dan terumbu tepi (fringing reefs). Dengan demikian, keanekaragaman hayati laut di Togean sangatlah kaya, bahkan beberapa spesies ikan dan karang hanya dapat ditemukan di daerah ini. Kamu juga bisa menyelam di antara pesawat peninggalan Perang Dunia Kedua. Tak hanya itu, kepulauan yang terdiri dari sekitar 66 pulau besar dan kecil ini menyediakan ragam aktivitas yang bisa memuaskan hasrat petualanganmu. Berikut enam kegiatan wisata di Kepulauan Togean:

1. Berenang Bersama Ubur-ubur di Danau Mariona

wisata di Togean
Image credit: @marischkaprue

Ratusan ubur-ubur tak menyengat (stingless jellyfish) menjadikan Kepulauan Togean sebagai rumah, jadi mengapa tak menyapa dan bermain bersama mereka? ‘Danau ubur-ubur’ ini terletak di Pulau Karina, dan sebaiknya kamu datang ke sini pada pagi hari atau menjelang sore. Ya, ubur-ubur sangat sensitif terhadap sinar matahari sehingga kamu hanya akan menemukan beberapa ubur-ubur yang bermunculan ke permukaan pada siang hari.

wisata di Togean
Image credit: @rickyvirgana

Selain di Kepulauan Togean, ubur-ubur tak menyengat hanya ada di Danau Kakaban, Pulau Derawan dan Misool (Raja Ampat). Jika kamu ingin menyelam, tidak perlu menggunakan losion karena akan mencemari air. Meskipun kamu begitu bersemangat bermain dengan makhluk laut yang cantik ini, hindari untuk menyentuh, mencubit, atau membawa mereka keluar dari air, ya. Biarkan mereka tetap lestari dan abadi di Danau Mariona.

2. Menikmati Aktivitas Pantai di Pulau Kadidiri

wisata di Togean
Image credit: @deer_traveller

Masih betah berbasah-basahan? Lanjutkan aktivitas snorkeling di Pulau Kadidiri. Lihat saja terumbu karangnya yang masih alami dan warna air laut yang sangat jernih, rugi berat kalau kamu cuma bengong di pantai. Buat yang ingin mendapatkan tantangan lebih, sewa speed boat untuk mengantarkanmu ke puing pesawat B-24 bekas peninggalan Perang Dunia Kedua. Setelah tenggelam selama puluhan tahun, memandangi terumbu karang yang menempel di pesawat tersebut tak dapat diungkapkan dengan kata-kata!

Wisata di Togean
Image credit: @yanuarrainsyah

Pulau Kadidiri juga mulai diramaikan oleh resort dan bungalow yang menawarkan berbagai fasilitas hiburan untuk tamu. Dengan pasir putih dan ombak yang cukup tenang, berjemur di pinggir pantai atau mendayung kayak dapat menjadi alternatif kegiatan untuk kamu yang ingin bersantai.

3. Mendaki Gunung Colo di Pulau Una-una

Wisata di Togean
Image credit: @karododiveresort

Jika sudah cukup beristirahat, hari berikutnya bisa kamu isi dengan trekking di Pulau Una-una. Di sini ada Gunung Colo, yaitu gunung berapi setinggi 2,509 meter yang masih aktif. Semakin mendekati puncak, kamu akan menemukan sungai yang mengalir di antara tebing dan pepohonan yang rindang. Hati-hati, air tersebut sangat panas karena mengandung lava yang berasal dari Gunung Colo!

Wisata di Togean
Image credit: Indonesia Kaya

Waktu tempuh pendakian ke puncak Gunung Colo hanya sekitar dua jam, tapi ada baiknya meminta guide lokal untuk mendampingi. Di samping memudahkan perjalananmu, kamu juga bisa mengulik kisah-kisah tentang Kepulauan Togean dan sekitarnya.

Image credit: @maxicamo

Ambil rute berbeda saat turun dari Gunung Colo, dan akhiri petualangan dengan snorkeling lagi. Konon, Pulau Una-una merupakan lokasi menyelam terbaik di antara pulau-pulau lain di Togean. Kamu pasti tak ingin melewatkan pertemuan dengan makhluk-makhluk laut yang unik, kan?

4. Snorkeling di Pulau Taipi

Image credit: @topan_malau

Ingin mencari spot snorkeling/diving yang sepi hingga serasa memiliki lautan untukmu sendiri? Menyeberanglah dari Pulau Kadidiri ke Pulau Taipi yang hanya berjarak 4 km.

Image credit: @dinaspariwisatatouna

Waktu terbaik untuk menjelajah bawah lautan Pulau Taipi adalah siang hari, karena pulau ini tergolong sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Terumbu karang di Pulau Taipi masih sangat alami dan pasti sangat sayang untuk dilewatkan.

5. Berendam di Air Terjun Tanimpo

Image credit: @achmadsatria

Kalau kamu menuju Togean dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, kamu akan diantar oleh kapal feri ke pulau utama yaitu Pulau Wakai. Selain mengeksplorasi Desa Wakai dengan menyewa motor, kamu bisa bermain air di air terjun Tanimpo. Tak perlu khawatir tersesat, penduduk Desa Wakai sangatlah ramah dan mereka bisa menjadi guide-mu secara cuma-cuma.

Image credit: @dimas.nugros

Air terjun Tanimpo memiliki tujuh tingkatan ketinggian, dan menyimpan berbagai batu akik di dasar kolam. Berendam di air terjun Tanimpo bisa menjadi pemanasan sebelum kamu menjelajah bagian lain dari Taman Nasional Kepulauan Togean.

6. Berjalan-jalan di Pulau Malenge dan Pulau Papan

Image credit: @otietha

Mengakhiri petualanganmu di Togean, sempatkan mengunjungi jembatan yang menghubungkan Pulau Malenge dan Pulau Papan. Jembatan sepanjang 1800 meter ini sangat instagramable, pasti sukses membuat teman-temanmu iri!

Image credit: @dinaspariwisatatouna

Pulau Malenge adalah salah satu pulau terbesar di Togean. Di sini kamu bisa menjelajah pinggir pantai yang masih bersih, dan berbincang dengan orang-orang Suku Bajo. Tahukah kamu kalau orang-orang Suku Bajo memiliki keahlian khusus, yaitu mampu menyelam dan menahan napas dalam jangka waktu yang cukup lama?

wisata di Togean
Image credit: @shareatrip_

Setibanya kamu di Pulau Papan, kamu bisa mendaki daerah yang bernama Puncak Batu Karang dan mengabadikan pemandangan Togean dalam ingatan. Terbukti, Kepulauan Togean bukan hanya tentang wisata air, tapi lebih dari itu!

Baca Juga: 8 Water Villa Di Indonesia Timur Yang Akan Membuatmu Tercengang

Jajaran pulau dengan pepohonan yang hijau dan rimbun, pantai-pantai berpasir putih yang cantik, kekayaan bawah laut yang luar biasa, dan masyarakat yang bersahabat; yakin cukup sekali berwisata di Kepulauan Togean?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru