Thailand Akan Tutup Toko Duty Free, Pengalaman Belanja Jadi Makin Seru

Bila kamu sedang merencanakan jalan-jalan ke luar negeri, negara apa yang sering terlintas di benakmu? Bisa jadi salah satunya adalah Thailand. Negeri Gajah Putih ini populer karena biaya hidupnya yang murah, lokasi yang dekat dengan Indonesia, bebas visa dan tentunya banyak tempat belanja yang menarik. Beberapa lokasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan seperti Hat Yai, Phuket, Chiang Mai dan tentunya Bangkok.

Baca Juga: Kafe Instagramable di Bangkok, Thailand yang Wajib Dikunjungi

Bagi penggemar belanja, ada berita yang diumumkan oleh pemerintah Thailand di tanggal 2 Juli 2024 lalu. Dilansir dari Bangkok Post, pemerintah memutuskan untuk menutup semua toko duty free alias bebas bea di bagian kedatangan bandara internasional. Bandara-bandara seperti Don Mueang, Suvarnabhumi, Chiang Mai, U-Tapao, Phuket, Samui, Hat Yai dan Krabi tidak akan memiliki toko bebas bea lagi. Hingga saat ini, waktu pasti penutupan toko-toko tersebut belum diumumkan.

Tujuan dari penutupan toko di bandara ini adalah agar wisatawan lebih banyak berbelanja di pedagang lokal. Meski toko bebas bea menyumbang pendapatan yang cukup besar, namun cara ini dinilai menjadi yang terbaik. Pada tahun 2023, toko bebas bea memberikan pemasukan total sebesar 3,02 miliar baht. Akan tetapi dengan penutupan toko bebas bea, pemerintah menaksir bisa mendapatkan pemasukan total sebesar 3,5 miliar baht dalam setahun dari belanja di toko domestik.

Menurut juru bicara Rudklao Intawong Suwankiri, tindakan wisatawan berbelanja di toko bebas bea akan mengurangi peluang mereka belanja di pedagang lokal. Tentunya dalam jangka panjang, aksi belanja ke pedagang lokal diharapkan akan membuat perekonomian Thailand lebih baik. Proses produksi, investasi, terbukanya lapangan kerja dan pendapatan pajak pemerintah akan meningkat. Pemerintah mengatakan akan mengawasi dampak dari kebijakan baru ini jika telah dijalankan.

Dikutip dari situs Nikkei Asia, sektor pariwisata menyumbang pendapatan terbesar bagi perekonomian Thailand. Bahkan pada awal tahun 2024, pariwisata Thailand mulai pulih dari dampak Covid-19. Hal ini ditandai dengan jumlah wisatawan mancanegara yang mencapai hampir 90 persen dari periode yang sama di tahun 2019. Thailand pun memperluas jumlah negara yang bisa memperoleh bebas visa menjadi total 93 negara.

Baca Juga: Wisata Kuliner Bangkok, Lezat Berempah Memanjakan Lidah

Bagaimana menurutmu, apakah hal ini menjadikan Thailand semakin menarik untuk dikunjungi? Mungkin saja kamu bisa mendapatkan suvenir unik jika blusukan untuk berbelanja lho!

Preview image credit: StockSnap | Pixabay

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru