Thailand Kurangi Masa Karantina Bagi Traveler Yang Sudah Divaksin

Pemerintah Thailand terus berusaha menarik traveler asing untuk bersedia datang ke negaranya di tengah pandemi Covid-19 ini, dan salah satu cara yang diambil adalah dengan mengurangi masa karantina bagi mereka yang sudah divaksin.

Mengumpulkan informasi dari sejumlah media, pemerintah Thailand memutuskan untuk mengurangi masa karantina dari 14 hari menjadi tujuh hari untuk traveler yang sudah divaksin.

Image credit: Sumit Chinchane

Diungkapkan Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirankul, vaksinasi juga harus dilakukan tiga bulan sebelum perjalanan di lakukan. Selain itu, traveler tetap wajib menyertakan dokumen tes Covid-19 dengan hasil negatif, dengan tes dilakukan maksimal 72 jam sebelum perjalanan dilakukan. Aturan baru ini efektif berjalan mulai bulan depan.

Lalu bagaimana dengan traveler yang belum divaksin dan ingin melakukan perjalanan ke Thailand dengan alasan khusus? Aturannya tetap sama, yaitu menunjukkan bukti bebas dari virus corona, dan menjalani masa karantina selama sepuluh hari di fasilitas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, yang bersangkutan juga wajib melakukan dua kali tes Covid-19 selama berada di Thailand. Namun, semua regulasi di atas tidak berlaku buat traveler yang datang dari Afrika. Mereka yang datang dari Benua Hitam masih harus melakukan karantina selama dua pekan, mengingat ada virus varian baru yang muncul.

Mengenai kemungkinan untuk membebaskan karantina bagi traveler asing, Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand mengungkapkan hal itu kemungkinan baru akan terjadi pada setelah Oktober mendatang, apabila Thailand sukses memenuhi target telah mengvaksinasi 70 persen dari tim medis dan mereka yang berisiko tinggi.

Hingga berita ini diturunkan, Thailand baru melakukan vaksinasi pada kurang lebih 30,000 warganya, yang mayoritas diberikan kepada tenaga kesehatan. Vaksinasi massal baru akan dilakukan pada Juni mendatang dengan menggunakan vaksin AstraZeneca, yang telah dipesan dengan jumlah 61 juta dosis.

Baca juga: Aplikasi Ini Wajib Diunduh Saat Liburan Ke Thailand

Sudah siap untuk liburan ke Thailand? Jika iya, tetap patuhi protokol kesehatan dengan disiplin tinggi, ya! Tetap jaga kesehatan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru