Miliki Thailand Pass QR Code, Traveler Bisa Masuk Thailand Tanpa Karantina

Dengan maraknya penularan Covid-19 varian Omicron di sejumlah negara di Asia, Eropa dan Amerika, pemerintah Thailand melalui otoritas khusus yang mengurusi Covid-19, CCSA, mengembalikan aturan traveler asing harus menjalani karantina saat masuk ke wilayahnya. Namun, aturan tersebut tidak berlaku bagi traveler yang sudah memiliki Thailand Pass QR Code.

Seperti diketahui, pemerintah Thailand menerapkan kembali aturan karantina untuk traveler yang masuk ke wilayahnya pada awal pekan ini. Munculnya regulasi baru tersebut tak bisa dilepaskan dari merebaknya kasus positif Covid-19 karena varian Omicron di sejumlah negara di Asia, Eropa dan Amerika.

Namun, ada juga sejumlah penyesuaian aturan yang dilakukan pemerintah Thailand terkait kemungkinan masuknya traveler internasional atau warga negaranya ke wilayahnya.

Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) menginformasikan pada Selasa (21/12) silam, bahwa traveler yang sudah memiliki Thailand Pass QR Code akan diizinkan masuk ke wilayah Thailand dengan mengikuti sejumlah aturan dan mengikuti skema perjalanan yang sesuai dengan permohonan pengajuan.

Namun, selain memiliki Thailand Pass QR Code, traveler juga harus menjalani dua kali tes polymerase chain reaction (PCR). Tes pertama akan dilakukan secara mandiri, dan tes kedua dilakukan di fasilitas yang sudah ditentukan pemerintah tanpa harus mengeluarkan biaya.

TAT menambahkan, traveler yang sudah melakukan pendaftaran mendapatkan Thailand Pass, tapi belum menerima kode QR-nya, maka harus menunggu hingga mendapatkan pass tersebut untuk bisa dianggap telah diizinkan masuk Thailand. Setelah pass diterima, yang bersangkutan bisa masuk ke Thailand dengan menggunakan skema yang dipilih saat pendaftaran.

Perlu diketahui, Thailand Pass merupakan sistem yang diperuntukkan bagi warga negara Thailand dan traveler internasional untuk menunjukkan rencana perjalanan dan informasi kesehatan untuk bisa masuk ke wilayah negara Kerajaan Thailand.

Karena aturan yang baru ini, pemohon baru Thailand Pass untuk saat ini belum bisa melakukan pendaftaran untuk bisa masuk ke Thailand dengan menggunakan skema perjalanan Test & Go atau program Sandbox, dengan pengecualian daerah Phuket.

“Thailand Pass hanya akan menerima pendaftaran untuk bisa masuk ke Thailand hanya dengan menggunakan skema Alternative Quarantine atau Phuket Sandbox,” demikian pernyataan dari kementerian.

Baca juga: Thailand Cabut Keharusan Karantina Untuk Traveler Indonesia, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru