Makan Prasmanan, Ini Tips Dan Etika Yang Wajib Kamu Tahu Agar Tidak Malu-Maluin!

Makan dengan metode prasmanan, siapapun pasti menantikan momen ini. Bagaimana tidak, makan prasmanan memungkinkan kamu untuk mencicipi semua menu makanan yang dihidangkan dalam suatu acara atau momen tertentu, seperti saat sarapan di hotel. Namun, tahukah kamu ada etika tersendiri saat menikmati sajian dengan gaya prasmanan ini?

Prasmanan tersendiri berasal dari bahasa Belanda, frasmanan, yang berarti cara penyajian makanan dalam pesta atau restoran dengan meletakkan makanan pada meja panjang dan pengunjung bisa mengambil sendiri menu yang diinginkan. Metode prasmanan ini biasanya terlihat di acara-acara pesta, atau di restoran tipe tertentu dan juga di hotel atau penginapan dengan standar tertentu. Mempertimbangkan momen acara dan tempat di mana teknik menikmati sajian ini dilakukan, ada tips dan etika yang tercipta seiring berjalannya waktu. Memahami etika ini juga memungkinkan penikmat prasmanan tidak terlihat memalukan saat makan prasmanan.

Nah, buat kamu yang ingin bisa makan prasmanan, namun terlihat berkelas, terhormat dan tetap bisa kenyang karena bisa menikmati semua menu makanan yang ada, tips dan etika di bawah ini bisa kamu ikuti. Simak, yuk!

1. Berkeliling melihat menu makanan yang disajikan itu diperbolehkan, lho!

Masuk ke restoran prasmanan, atau tiba waktu sarapan dengan gaya prasmanan di hotel tempat kamu menginap, kamu tidak harus mengambil makanan apa yang terlihat langsung oleh mata. Bisa-bisa kamu salah memilih makanan karena ada menu yang lebih, yang mungkin tidak terlihat oleh mata, yang ternyata lebih cocok di lidah dan perut.

Karena alasan tersebut, tour atau berkeliling meja hidangan untuk melihat menu makanan yang ditawarkan adalah hal yang sangat disarankan. Dengan demikian, kamu bisa memilih menu apa saja yang bisa diambil dan tahapan menyantapnya, seperti memulai dari appetizer, main menu hingga dessert.

2. Antre itu harus!

Sudah tahu menu yang bakal diambil? Jika sudah, tak usah terburu-buru untuk mengambil makanan tersebut. Kamu wajib antre, tidak hanya demi kenyamanan bersama, tapi juga untuk menunjukkan kelas dan kualitas kamu sebagai makhluk sosial yang juga menghormtai orang lain.

3. Tak usah berlebihan, makan prasmanan dengan porsi yang secukupnya

Lapar mata menjadi hal yang lumrah di momen prasmanan, namun jangan sampai kamu dibutakan oleh nafsu tersebut, ya! Kamu diizinkan untuk mencicipi semua menu makanan yang ditawarkan, karena itu, tak perlu mengambil makanan secara berlebihan. Cukup ambil makanan dalam porsi yang tidak sampai membuat makanan tersebut terbuang, alias secukupnya.

4. Jangan mengganggu kenyamanan orang lain saat makan prasmanan

Memerhatikan kepentingan orang lain menjadi hal yang wajib dilakukan, termasuk saat momen makan prasmanan. Kamu bisa melakukannya dengan menikmati makanan yang disajikan di tempat yang sudah tersedia dan tidak mengganggu antrean atau menutup jalur menuju ke meja sajian. Jika berada di standing party, upayakan untuk mencari lokasi yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain saat menikmati hidangan. Kamu pastinya tak ingin dinilai sebagai orang yang mempermalukan diri sendiri, bukan? Etika makan juga harus tetap dipatuhi, ya!

Baca juga: Restoran Sushi All You Can Eat Di Jakarta Dengan Paket Menu Yang Tak Boleh Dilewatkan

Agar tidak mempermalukan diri sendiri, tips dan etika di atas bisa kamu ikuti saat momen makan prasmanan, ya! Dijamin deh kamu bakal tetap kenyang, bisa menikmati semua menu hidangan dan tetap tampil classy.

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru