Tips Hemat Belanja Online Bagi Para Shopaholic Yang Sering Kebablasan

Siapa yang doyan belanja online? Percaya deh, hampir semua orang di tengah pandemi, karantina dan isolasi mandiri seperti sekarang ini pasti melakukan aktivitas belanja online di waktu senggang. Banyak barang yang bisa didapat, dari kebutuhan sehari-hari hingga barang aneh dan unik yang sama sekali tidak kamu butuhkan sekalipun. Apalagi, ada banyak tawaran menarik yang bisa dimanfaatkan. tips hemat belanja online

Tapi, ada masalah tersendiri yang muncul karena tren baru berbelanja ini. Tak sedikit orang jadi kebablasan dan kalap mata membeli banyak barang secara online. Padahal, barang yang dibeli mungkin tidak kamu butuhkan. Alih-alih bisa berhemat, budget yang dikeluarkan untuk belanja online malah jadi jauh lebih besar dari rencana awal.

Nah, ada tips dan cara yang bisa kamu ikuti kala belanja online agar bisa tetap hemat dan terencana. Belajar dari pengalaman, TripZilla Indonesia ingin membagikan tips tersebut buat kamu semua. Cekidot, ya!

tips hemat belanja online
Image credit: Hebi B

1. Untuk bisa hemat, pastikan kamu menyiapkan dana khusus untuk belanja online

Idealnya, setelah menerima gaji atau bayaran dari usaha yang kamu lakukan, kamu harus menganggarkan secara khusus untuk pos-pos pengeluaran yang wajib dibereskan tiap bulannya, misalnya membayar cicilan rumah, kartu kredit, listrik, air hingga biaya hidup selama sebulan dan untuk tabungan.

Pun demikian jika kamu ingin berbelanja online. Idealnya, ada anggaran khusus yang harus disisihkan dari pendapatan yang kamu dapatkan tiap bulannya. Jika harus mengorbankan pos lain untuk memenuhi hasrat kamu belanja online, sepertinya lupakan saja tips hemat ini!

2. Cari waktu terbaik untuk belanja online

Ya, ada waktu-waktu tertentu yang bisa dikatakan terbaik untuk belanja online. Situs e-commerce di Indonesia biasanya menawarkan promo khusus di tanggal-tanggal tertentu, yang pastinya bisa kamu manfaatkan.

Tidak hanya situs belanja online saja, penyedia dompet digital juga biasanya memiliki promo khusus di tanggal-tanggal tertentu yang sayang untuk dilewatkan. Karena itulah penting sekali untuk mencari waktu yang tepat berbelanja online untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga hemat.

3. Maksimalkan program promo, diskon, cashback dan hal lainnya!

Meski ada embel-embel “Syarat dan Ketentuan Berlaku”, program promo, diskon, cashback atau penawaran gratis ongkir, apapun bentuknya, wajib dimanfaatkan bagi yang doyan belanja online dengan misi tetap berhemat. Karena itu, sebelum berbelanja, kamu harus jeli dan menyisihkan waktu untuk melakukan riset agar aktivitas belanja tidak berakhir boros.

4. Rajin membandingkan harga

Percaya atau tidak, untuk barang yang sama, setiap situs e-commerce menjual dengan harga yang berbeda. Karena itu, tips hemat belanja online yang bisa diterapkan untuk mengatasi hal ini adalah rajin membandingkan harga di setiap situs belanja yang ada untuk mendapatkan harga paling menguntungkan buat kamu.

5. Pilih brand hingga store terpercaya

Terkadang, memilih situs e-commerce, brand dan store terpercaya bisa menjadi salah satu langkah hemat dalam berbelanja. Bayangkan kamu berbelanja di store yang sepenuhnya baru, dengan reputasi yang meragukan, dan barang yang kamu beli tidak sesuai dengan harapan, pada akhirnya yang ada hanya pemborosan, bukan?

6. Pilih metode pembayaran yang menguntungkan

Image credit: David Dvořáček

Memilih metode pembayaran yang tepat juga bisa membantu kamu berhemat. Pasalnya, situs e-commerce menggunakan metode pembayaran dengan menggunakan dompet digital dan memaksimalkannya bisa membuat kamu mendapat keuntungan lebih, seperti layanan gratis ongkir hingga cashback.

Baca juga: Dompet Digital Terbaik Di Indonesia Yang Wajib Digunakan Traveler Keren

Selain itu, kamu juga harus melakukan persiapan khusus untuk mengisi dompet digital kamu dengan dana yang cukup sebelum aktivitas belanja dilakukan. Jangan sampai aktivitas belanja kamu terganggu karena dompet digital ternyata kosong, sementara bank lagi offline. Benar-benar mimpi buruk!

7. Pilih layanan pengiriman termurah tips hemat belanja online

tips hemat belanja online

Ada sejumlah situs e-commerce yang menawarkan gratis ongkir. Namun jika harus membayar untuk pengiriman barang, kamu harus jeli memilih jasa pengiriman yang menawarkan harga termurah. Hal ini juga bisa membantu kamu berhemat, lho!

8. Tips hemat belanja online terakhir, hapus aplikasi e-commerce kamu!

Yups, jika misi utama kamu adalah berhemat, maka langkah paling tepat adalah menghapus aplikasi e-commerce yang ada di telepon pintar kamu. Hasil studi menunjukkan mereka yang memiliki aplikasi tersebut di ponselnya kerap melakukan belanja online di waktu senggang, dan hal ini tentunya membuat rekening bank jadi lebih terkuras. Karena itu, menghapus aplikasi e-commerce di ponsel bisa menjadi langkah yang berani untuk mulai berhemat.

Baca juga: Situs Belanja Online Alternatif Yang Bisa Dijelajahi Saat #Dirumahaja

Mungkin, tips dan cara terbaik untuk bisa hemat saat belanja online adalah dengan memisahkan mana yang merupakan “keinginan” dan yang mana merupakan “kebutuhan”. Jika hal itu cukup sulit, semoga delapan tips di atas bisa membantu kamu untuk lebih sangkil dan mangkus dalam mengatur keuangan. Selamat mencoba!

 

Preview image credit: Preis King – Pixabay

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru