Traveler Sudah Divaksin Tetap Disarankan Untuk Tidak Bepergian

CDC, atau Pusat Pengendalian Dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, memberikan rekomendasi terbaru untuk traveler yang ingin kembali bepergian setelah divaksin Covid-19. Menurut CDC, traveler yang telah divaksin tetap tidak direkomendasikan untuk bisa bepergian ke semua destinasi wisata dunia.

Dijelaskan CDC dalam pernyataan yang diwartakan USA TODAY, Selasa (9/3), traveler yang sudah divaksin tetap harus mengikuti rekomendasi CDC terkait pencegahan, mulai dari persiapan sebelum, selama hingga setelah perjalanan dilakukan.

“Di saat kami berusaha memberikan vaksin untuk lebih banyak orang, langkah pencegahan, seperti melakukan sebelum dan setelah perjalanan dan melakukan karantina mandiri setelah melakukan perjalanan, termasuk mengenakan masker wajah dengan benar, akan membantu kami mengurangi penyebaran Covid-19,” demikian pernyataan CDC.

Pihak CDC sendiri sudah mengeluarkan rekomendasi pada bulan Februari lalu untuk tidak melakukan perjalanan dan berada di rumah saja. Namun demikian, CDC juga memberikan panduan apabila terpaksa melakukan perjalanan, yaitu:

  • Melakukan vaksinasi jika memungkinkan, kemudian menunggu hingga dua minggu setelah vaksinasi secara komplet untuk bepergian.
  • Melakukan tes antara satu dan tiga haris sebelum dan setelah melakukan perjalanan
  • Mencari informasi mengenai pembatasan perjalanan di suatu wilayah
  • Mengenakan masker wajah yang menutupi mulut dan hidung
  • Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer
  • Berusaha sebisa mungkin menghindari kontak dengan siapapun yang mungkin sakit
  • Tidak menyentuh mata, mulut dan hidung

“Traveling meningkatkan peluang Anda tertular atau menyebarkan Covid-19. CDC merekomendasikan Anda tidak melakukan perjalanan saat ini. Tunda bepergian dan bertahan di rumah untuk melindungi diri Anda sendiri dan orang lain dari Covid-19,” demikian pernyataan CDC di situs resminya.

CDC juga menyatakan akan mengeluarkan pengumuman terbaru mengenai rekomendasi perjalanan untuk traveler yang sudah divaksin karena jumlahnya saat ini terus bertambah dan pihaknya bisa lebih mendapatkan informasi bagaimana efektivitas vaksin bekerja.

Baca juga: CDC Pangkas Masa Karantina Bagi Traveler Yang Ke Amerika Serikat

Dengan rekomendasi yang dikeluarkan CDC tersebut, kamu yang sudah divaksin mungkin masih harus bersabar lebih banyak lagi untuk bisa bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain, ya! Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru