Visa Digital Nomad Thailand, Ini Biaya Dan Cara Mengajukannya

Seperti apa rasanya bekerja sambil liburan di Phuket, Pataya atau bahkan Bangkok, Chiang Mai maupun Chiang Rai? Jika kamu tertarik mendapatkan pengalaman tersebut, pemerintah Thailand baru-baru ini membuka kesempatan kepada warga negara lain mewujudkannya. Otoritas setempat telah mengeluarkan visa digital nomad Thailand, dengan durasi tinggal hingga lima tahun.

Visa digital nomad Thailand, atau yang resminya dinamai ‘Destination Thailand Visa’ (DTV), diluncurkan pada tanggal 1 Juni. Dengan visa ini, pekerja jarak jauh memiliki kesempatan untuk tinggal dan bekerja secara remote di negara tersebut hingga lima tahun.

Hingga saat ini, para nomaden digital hanya dapat tinggal di Thailand dengan visa turis hingga 60 hari, jadi ini merupakan langkah yang sangat besar. Satu-satunya alternatif adalah Visa Tinggal Jangka Panjang, yang terkenal sulit didapatkan, yang disertai dengan persyaratan keuangan yang cukup tinggi.

Visa baru ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan menghidupkan kembali ekonomi Thailand. Visa ini juga merupakan salah satu tawaran paling dermawan bagi para nomaden digital di seluruh dunia.

visa digital nomad thailandImage credit: Pexels | Andrea P

Tertarik mengajukan visa digital nomad Thailand ini, untuk bisa bekerja sambil liburan di salah satu kawasan paling keren di Asia Tenggara selain Bali? Berikut semua yang perlu kamu ketahui tentang visa baru Thailand ini.

Siapa saja yang dapat mengajukan visa digital nomad Thailand?

Pelamar harus bekerja secara mandiri atau bekerja untuk perusahaan di luar Thailand, dan harus berusia minimal 20 tahun. Destination Thailand Visa bisa diperoleh tidak hanya untuk pekerja lepas atau pekerja jarak jauh, tetapi siapa pun yang menekuni kegiatan budaya di Thailand.

Seperti apa bentuknya? Apa saja mulai dari mengikuti kursus memasak hingga belajar muay Thai.

Berapa lama visa akan berlaku?

Kamu bisa tinggal dan bekerja secara digital di Thailand hingga lima tahun. Tetapi perlu diingat bahwa pemohon visa harus meninggalkan dan masuk kembali ke negara tersebut setiap 180 hari, dan membayar tambahan 10.000 Baht Thailand setiap kali melakukan perjalanan keluar masuk Thailand.

Berapa pendapatan minimum untuk visa digital nomad Thailand?

Visa baru tersebut belum menentukan pendapatan minimum. Hingga saat ini, pekerja jarak jauh yang ingin tinggal dan bekerja sembari liburan di Thailand dalam jangka panjang harus memenuhi pendapatan tahunan minimum sebesar $80.000.

Skema baru tersebut akan membuka visa bagi mereka yang dapat membuktikan bahwa mereka memiliki tabungan sebesar 500.000 baht Thailand.

Ada persyaratan lainnya?

Pelamar tidak dapat bekerja untuk perusahaan yang berbasis di Thailand dan harus membayar biaya pendaftaran sebesar 10.000 baht Thailand.

Cara mengajukan permohonan menjadi pekerja nomaden digital di Thailand

Tergantung pada paspor dan lokasi di mana kamu berada saat ini, kamu mungkin dapat mengajukan permohonan melalui situs web e-visa resmi. Negara-negara yang memenuhi syarat untuk permohonan daring meliputi Inggris Raya, Amerika Serikat, Brasil, Australia, dan sebagian besar negara Eropa.

Negara-negara yang tidak termasuk harus mengunjungi kedutaan Thailand setempat untuk mengajukan permohonan. Kamu bisa memeriksa status negara kamu dan detail lainnya di situs web e-visa Thailand.

Baca juga: 32 Wisata Thailand, Ide Liburan Untuk Kunjungan Pertama Kamu

Tertarik mengajukan permohonan mendapatkan visa digital nomad Thailand?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru