Destinasi Wisata Alam Di Kepulauan Selayar Yang Mengesankan Dan Wajib Dikunjungi!

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang Kepulauan Selayar, terutama saat salah satu pulaunya yaitu Pulau Lantigiang, diberitakan telah dijual. Selain itu, Kepulauan Selayar telah lama dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Bahkan hingga saat ini, berbagai tempat di Kepulauan Selayar, yang didominasi pantai masih terlihat alami sehingga menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Sudah banyak juga biro perjalanan yang menyediakan paket wisata ke Kepulauan Selayar. Namun jika ingin mengeksplorasinya sendiri, cek dulu spot-spot rekomendasi TripZilla Indonesia agar wisatamu semakin memuaskan!


Cara menuju ke Kepulauan Selayar
Kepulauan Selayar yang terletak di Sulawesi Selatan ini dapat kamu masuki lewat kota Makassar. Dari Makassar, kamu  dapat menaiki mobil atau bus ke Tanjung Bira yang kemudian dilanjutkan dengan kapal feri hingga tiba ke Selayar. Kalau mau lebih nyaman dan cepat, kamu dapat memilih penerbangan lanjutan dari Makassar ke Selayar.

1. Pantai Batu Karapu, Durdle Door-nya Indonesia

Image credit: @muhammadfahrullanwar

Jika kamu membandingkan, Pantai Batu Karapu ini memang mirip dengan Durdle Door yang ada di Inggris. Tebing yang menghadap laut dengan lubang serupa pintu di bawahnya ini sangat cantik dan instagramable, apalagi saat matahari terbenam.

Image credit: @iamirfanation

Untuk mencapai Pantai Batu Karapu, kamu perlu berkendara sekitar satu jam dari kota Benteng di Kepulauan Selayar. Pantai ini masih minim fasilitas jadi kamu bisa membawa perbekalan sendiri jika ingin berlama-lama di sini. Jangan khawatir, pemandangan yang menunggumu akan setimpal dengan jerih payahmu kok!

Alamat: Dusun Tongke-Tongke, Desa Lowa, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

2. Berjalan di bawah deretan pohon kelapa di Pulau Tambolongan

Image credit: @rfsnjanii

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat nyiur melambai di Pulau Tambolongan ini. Pemandangan dari atas yang sangat cantik akan benar-benar terbukti saat kamu menapakkan kaki di pantainya. Kalau sudah melihat panorama seperti ini, matahari terik yang membuat kulit gosong pun tidak akan jadi masalah!

wisata kepulauan selayar
Image credit: @akbar_bebeto

Selain pantai, di Pulau Tambolongan ini juga terdapat bukit yang dapat kamu daki dan lazim dijuluki Bukit Teletubbies-nya Selayar. Dari atas bukit sabana ini, kamu bisa melihat pantai yang fantastis dari kejauhan. Siapkan alas kaki yang nyaman dan outfit yang kece karena tempat ini tidak boleh disia-siakan untuk ber-selfie-ria!

Alamat: Dusun Menyeppe, Desa Tambolongan, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Mengapung sambil menatap keindahan Goa Balo Jaha

wisata kepulauan selayar
Image credit: @alamchirathifhat

Kalau mendengar kata goa, bisa jadi situasi yang kamu bayangkan adalah berjalan kaki dengan senter di tanganmu. Tapi di Goa Balo Jaha, kamu bisa sekalian berenang karena ada danau yang cukup luas dan dalam di sini.

Disebut juga sebagai Liang Balo Jaha, kamu dapat mengunjungi obyek wisata di Kepulauan Selayar ini dengan perjalanan darat selama sekitar 90 menit dari kota Benteng, yang kemudian disambung dengan perahu menuju pantai dan berjalan kaki hingga tiba di goa nan eksotis ini. Tentu saja sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang nggak kalah menariknya lho!

Alamat: Pulau Pasi, Desa Kahu-Kahu, Kec. Bontoharu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Bukit Nane yang membuat kakimu tidak bisa berhenti melangkah

Image credit: @aidilhidayat16

Mau dari jarak jauh atau dekat, Bukit Nane memang mempesona. Pendakian dapat berlangsung selama sekitar 30 menit dan bisa jadi lebih lama kalau perhatianmu tersita dengan pemandangan di kiri dan kananmu. Lihat saja kaki bukitnya yang memiliki pantai berpasir putih ini!

Image credit: @uttanng_

Kamu dapat memilih di musim apa ingin mengunjungi Bukit Nane. Saat musim penghujan, pendakianmu akan lebih sulit namun kamu dapat melihat hamparan bukit yang berwarna hijau. Ketika musim kemarau, memang akan terasa lebih mudah tetapi warna bukit menjadi coklat. Tapi mau coklat atau hijau, semua sama menariknya, bukan?

Alamat: Pulau Polassi, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Pemandangan di permukaan dan bawah air yang menawan di Pantai Ngapalohe

Image credit: @anakrumahan98

Pantai ini tampak cantik di foto, kan? Jangan puas hanya dengan berperahu saat berada di Pantai Ngapalohe, sebab panorama bawah lautnya juga tidak kalah memukau. Hal ini membuat Pantai Ngapalohe menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kepulauan Selayar. Bagi kamu yang belum bisa menyelam, cukup dengan snorkeling saja kamu sudah bisa menikmati keindahan biota laut. Jadi tidak perlu ragu untuk menceburkan dirimu di laut birunya!

Alamat: Desa Bonea Timur, Kec. Bontomanai, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Merasakan jejak sejarah di Pantai Pa’badillang

Image credit: @muhammadfahrullanwar

Konon, pantai ini adalah tempat tinggal para perompak di masa lampau, sehingga disebut juga dengan Bone Pakukka. Saat ini kamu dapat menjumpai sebuah situs di pantai ini yaitu makam keramat yang disebut makam Opu Ujung oleh warga. Meski demikian jangan sampai niatmu untuk berwisata surut karena keindahan Pantai Pa’badillang sayang untuk dilewatkan!

Alamat: Desa Bungaiya, Dusun Je’ne Kikki, Kec. Bontomantene, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Mengamati keindahan karang di Pantai Makam Karang Bahuluang

wisata kepulauan selayar
Image credit: @uttanng_

Destinasi wisata di Kepulauan Selayar ini terletak di Pulau Makam Karang yang punya banyak karang mati. Saking banyaknya tumpukan karang mati, nama aslinya yaitu Pulau Bungin Kecil menjadi kurang populer. Dunia bawah laut di Pantai Makam Karang sangat indah karena kamu juga bisa menemukan karang-karang besar yang tentunya masih hidup. Namun pada sore hari arusnya cukup kuat sehingga bagi kamu yang belum berpengalaman, usahakan untuk menyelam sebelum sore tiba!

Alamat: Pulau Bahuluang, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

8. Berenang bersama anak ikan pari di Liang Lipang

wisata kepulauan selayar
Image credit: @cicasyakur

Masih terletak di Pulau Bahuluang, Liang Lipang punya sebuah goa karang yang megah. Kamu juga bisa berenang di sini dan menemukan banyak spot yang indah. Asal mula nama Liang Lipan adalah karena konon pernah ditemukan lipan besar di dalam goa. Namun saat ini yang akan kamu temukan di Liang Lipan adalah ikan berwarna-warni nan cantik dan mungkin saja anak ikan pari jika kamu beruntung!

Alamat: Pulau Bahuluang, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Menikmati waktu berjalan di Pantai Sunari

Image credit: @i.mutmainnah

Ada juga lho pantai yang sudah dilengkapi fasilitas yang kece di Selayar, yaitu Pantai Sunari! Pantai ini masih mempertahankan keindahan alaminya yang dipadukan dengan kafe mungil dan penginapan Sunari Beach Resort.

Image credit: @embafals

Selain itu juga banyak spot luar ruang yang instagramable yang dapat membuatmu betah nongkrong di pinggir pantainya. Pantai ini pun mudah dijangkau karena jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dari Bandara H. Aroeppala.

Alamat: Dusun Tile-Tile, Desa Patikarya, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Menutup hari dengan berkemah di Pantai Liang Kareta

wisata kepulauan selayar
Image credit: @agung_gandi23

Tidak jauh dari kota, ada pula Pantai Liang Kareta yang menggoda untuk dikunjungi. Pantai ini punya goa-goa yang bisa kamu gunakan untuk berteduh di tengah aktivitas berenang dan snorkeling. Pantai yang tidak berpenghuni ini sudah dikelilingi oleh beberapa penginapan yang cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu. Kamu juga bisa berkemah di pinggir pantai ini. Bayangkan, hanya berjarak sekitar lima kilometer dari kota Benteng, kamu sudah bisa menemukan pantai seindah ini!

Alamat: Desa Bontorobusu, Kec.Bontoharu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

11. Uniknya rumah adat di Kampung Tua Bitombang

Image credit: @nadiyatulkhayrah

Jika berkunjung ke Selayar, jangan lupa mengunjungi wisata budaya Kampung Tua Bitombang, ya! Di sini ada sebuah rumah yang diperkirakan berusia 400 tahun yang unik. Tiang-tiang penyangga yang sangat tinggi dipercaya memiliki hubungan dengan panjangnya usia warga di perkampungan ini.

Image credit: @iamirfanation

Lokasi rumah yang berdiri di atas batu karang semakin membuatnya terlihat berbeda. Kamu bisa menyimak sejarahnya sambil menikmati juga pemandangan kampung yang indah dan berliku-liku ini.

Alamat: Kelurahan Bontobangun, Kec. Bontoharu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

12. Batu berukir di Batu Lohe yang luar biasa

wisata kepulauan selayar
Image credit: @srisumarnis

Pantai Batu Lohe ini lebih mudah diakses apabila kamu mengendarai sepeda motor. Jalanan berliku dengan pemandangan indah akan membuaimu. Namun atraksi yang sesungguhnya ada di batuan yang tampak berukir dan dipercaya merupakan ukiran huruf Mandarin. Ada tanah lapang yang menurut sejarah menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal saudagar dari Tiongkok. Kalau tiba di sini, tentu saja kamu harus mengabadikan latar batu yang belum tentu kamu jumpai di tempat lain ini!

Alamat: Desa Balang Butung, Kec. Buki, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

13. Melihat ragam kebudayaan di Museum Tanadoang

Image credit: @tourmakassartoraja

Museum yang dulunya bernama Museum Nekara ini berisikan beragam peninggalan sejarah di Kepulauan Selayar. Bangunannya berbentuk rumah adat dan terdiri dari serambi, ruangan utama dan beberapa ruangan lainnya. Kamu dapat menemukan peninggalan uang kuno, keramik, baju adat dan benda-benda lainnya.

Alamat: Kelurahan Bontobangun, Kec. Bontoharu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.00 WITA – 14.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

14. Taman Nasional Taka Bonerate dengan atol yang fantastis

wisata kepulauan selayar
Image credit: @meniksuyani

Taman Nasional Taka Bonerate meliputi beberapa pulau dan salah satu yang digemari adalah Pulau Tinabo. Bagaimana tidak, di sini kamu dapat berenang dengan bayi-bayi hiu yang menggemaskan dan tidak berbahaya.

Image credit: @saleh.rahman.904

Selain itu, bagi kamu yang bisa menyelam, Taman Nasional Taka Bonerate akan terasa bagai sekeping surga di bumi. Di dalam lautnya, tersimpan kawasan terumbu karang atau atol terbesar ketiga di dunia. Selain itu, ada ratusan biota laut seperti moluska, nudibranch dan penyu yang masih hidup di sini. Terdapat sekitar 43 spot penyelaman yang bisa kamu jajal di taman nasional ini dan salah satunya yang tersohor adalah Jinato Wall Paradise. Sudahkah kamu mencobanya?

Alamat: Jl. S. Parman No. 40, Pulau Tinabo Besar, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 2,500 IDR

15. Merasakan segar dan sejuknya air di Air Terjun Punagaang

wisata kepulauan selayar
Image credit: @agusgammar

Kangen dengan air terjun? Jangan khawatir, Kepulauan Selayar juga punya air terjun dan salah satu yang terkenal adalah Air Terjun Punagaang. Berketinggian sekitar 15 meter, akses menuju salah satu destinasi wisata ngehits di Kepulauan Selayar ini dapat dilalui dengan kendaraan bermotor dan hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari kota Benteng. Kamu pun bisa bersantai karena sudah ada fasilitas seperti tempat duduk dan kamar mandi. Bebatuan di balik tirai air terjun ini terlihat eksotis karena seperti diukir dan alam yang masih asri menimbulkan suasana yang nyaman banget.

Alamat: Dusun Lalemang, Desa Patilereng, Kec. Bontosikuyu, Kab. Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

16. Melihat pertemuan langit dan lautan di Puncak Pusera

wisata kepulauan selayar
Image credit: @guntur.30

Puncak Pusera alias Bukit Pusera ini akan memanjakan matamu berkat udara yang sejuk dan pemandangan yang keren. Setelah kamu sedikit mendaki, pilih spot yang kamu sukai lalu duduk dengan posisi yang paling nyaman. Dijamin waktu akan berlalu tanpa terasa di sini! Kamu pun pasti tidak akan lupa untuk selfie karena siapa yang rela melewatkan kesempatan ini begitu saja? Menghadap ke pantai di sisi timur, fenomena terbitnya matahari akan semakin cantik ketika kamu saksikan di Puncak Pusera.

Alamat: Dusun Taipadada, Desa Bonea Makmur, Kec. Bontomanai, Kab. Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

17. Hirup kesegaran udara yang melimpah di Hutan Mangrove Matalalang

wisata kepulauan selayar
Image credit: @dian.apriliana.dewi

Ingin melihat yang hijau-hijau tapi belum ada waktu untuk bepergian jauh dari pusat kota? Kamu bisa datang ke Hutan Mangrove Matalalang yang hanya berjarak 4 kilometer dari kota Benteng. Rasa rileks akan langsung kamu rasakan di sini berkat rimbunnya pepohonan mangrove yang menyejukkan mata dan paru-parumu.

Image credit: @muhtaufiqhidayat_

Tidak hanya baik untuk pelestarian alam, hutan mangrove ini juga punya sudut-sudut yang cantik untuk berfoto.  Pada sore hari, lampu-lampu yang menyala membuat suasana Hutan Mangrove Matalalang jadi semakin apik dan romantis lho!

Alamat: Jl. Poros Bandara H. Aroeppala, Dusun Bontotangnga, Kec. Bontoharu, Kab. Selayar, Sulawesi Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 12 Tempat Wisata Tana Toraja Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kepulauan Selayar menyediakan sangat banyak alternatif wisata alam yang bisa kamu kunjungi, dengan jarak yang dekat hingga yang jauh dari Benteng, ibu kota di Kabupaten Selayar. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan agar kawasan wisata ini tetap indah dan lestari!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru