Wisata Banda Neira, Surga Di Timur Indonesia Yang Harus Dijelajahi

Bali memang istimewa, Yogyakarta juga luar biasa, Lombok pun tidak kalah memesona, tapi pernahkah kamu menjejakkan kaki dan menjelajahi destinasi wisata di Banda Neira?

Bagi yang doyan jalan-jalan, mungkin tidak banyak yang mengetahui salah satu pulau di Kepulauan Banda, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Maklum saja, dibutuhkan sedikit usaha dan dana yang tidak sedikit untuk bisa sampai di salah satu surga yang terserak di timur Indonesia itu. Dari Jakarta saja, lama penerbangan yang dibutuhkan kurang lebih 10 jam perjalanan dengan biaya tiket untuk sekali jalan di atas lima juta rupiah. Namun, bagi yang pernah menjelajah Banda Neira pasti setuju destinasi wisata yang ada di sini sangat luar biasa.

Bagi kamu yang penasaran dengan Banda Neira, daerah di Maluku dan bukan grup band indie yang sudah bubar itu, tempat ini menampilkan keindahan, yang mungkin bisa membujuk kamu menjelajah setiap destinasi wisata di sana. Lihat daftarnya di sini, ya!

1. Pulau Rhun yang indah dan pernah ditukar dengan Manhattan, New York

wisata banda neira pulau rhu
Image credit: Anoo (kiri), SMI (kanan)

Apakah kamu bisa membayangkan Indonesia memiliki secuil lahan di Amerika Serikat? Ya, kesempatan itu ada ketika Belanda dan Inggris membuat kesepakatan (Traktat Breda) untuk saling bertukar daerah jajahan di abad ke-16, di mana Nieuw Amsterdam di Amerika Utara (yang kini menjadi Manhattan, New York) ditukar dengan Pulau Rhun sebagai solusi damai.

Melihat kekayaan dan sumber daya alam yang dimiliki Pulau Rhun, lumrah jika pulau ini menjadi alat barter. Pala dan cengkeh menjadi komoditi utama yang dimiliki pulau ini, sementara keindahan alamnya, terutama alam bawah lautnya, sangat luar biasa. Banyak spot snorkeling yang bisa dikunjungi di pulau ini.

2. Mengunjungi pulau tropis tanpa berpenghuni, Pulau Nailaka

Pulau Nailaka | wisata banda neira
Image credit: Anoo (kiri), Wisata Banda Neira (kanan)

Pulau Nailaka berada di utara Pulau Rhun dan menawarkan keindahan yang sedikit berbeda. Jika Pulau Rhun dihuni setidaknya 2,000 jiwa, Pulau Nailaka menjadi destinasi wisata di Banda Neira yang tanpa penghuni.

Sebagaimana pulau tropis indah di timur Indonesia, Pulau Nailaka menawarkan pantai dengan pasir putih yang lembut serta atmosfer yang tenang. Ombak laut yang ayem, pulau yang hijau dan laut yang biru menawarkan pesona tersendiri yang istimewa untuk dinikmati.

3. Island hopping di Pulau Hatta dan Pulau Syahrir

Pulau Hatta | wisata banda neira
Pulau Hatta | Image credit: Drone Ambon

Baik Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir dikenal sebagai pahlawan besar Indonesia dan keduanya diabadikan sebagai nama destinasi wisata di Banda Neira, Pulau Hatta dan Pulau Syahrir.

Pulau Syahrir wisata banda neira
Pulau Syahrir | Image credit: Dodon Ramadhan

Bagi pemerhati sejarah, dua pulau ini memang memiliki nilai historis tinggi. Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir pernah diasingkan di Banda setelah dikucilkan di Boven Digoel, Papua. Untuk menghormati keduanya, dua pulau di Banda diubah namanya, dari Pulau Rozengain menjadi Pulau Hatta, dan Pulau Pisang menjadi Pulau Syahrir. Terkait keindahan alamnya, baik yang ada di atas air atau di bawahnya sama-sama luar biasa. Menjelajahi kedua pulau ini saat wisata ke Banda Neira menjadi hal yang wajib dilakukan.

4. Menikmati Gunung Api Banda dari Desa Lonthoir

Desa Lonthoir
Image credit: Khairunnisah Nasution (kiri), Lilita (kanan)

Desa Lonthoir berada di Pulau Banda Besar, sekitar 15 menit perjalanan menggunakan perahu kayu dari Neira. Dari Desa Lonthoir, pemandangan yang disajikan adalah pesona Gunung Api Banda yang megah dengan lanskap rumah penduduk di bawah bukit.

Lonthoir juga menjadi salah satu kawasan perkebunan pala di Banda. Sampai saat ini perkebunan tersebut masih produktif dan kamu bisa berwisata di wilayah ini untuk melihat langsung rempah seperti apa yang diburu masyarakat Eropa di masa lalu.

5. Mengagumi benteng segi lima yang mendunia, Benteng Belgica

Benteng Belgica | wisata banda naira
Image credit: @kapitannasela41

Benteng Belgica merupakan peninggalan sejarah lain yang terletak di wilayah Ambon, tepatnya di Banda Neira. Tidak hanya megah, benteng dengan lokasi yang strategis ini juga menghadirkan nuansa alam yang sangat indah dengan pemandangan gunung dan lautnya.

Salah satu daya tarik dari benteng ini adalah bentuk persegi limanya yang yang unik; belum lagi cerita sejarah yang melatarbelakangi berdirinya benteng ini. Pecinta wisata sejarah pasti tidak akan menyesal mengunjungi tempat bersejarah ini, deh!

6. Menjelajahi langsung Gunung Api Banda

Image credit: Anoo (kiri), pesonaid_travel (kanan)

Gunung Api Banda menjadi satu landmark alami yang membuat Banda Neira menjadi terkenal dan mendunia. Bahkan bisa dikatakan gunung yang terakhir kali meletus pada Mei 1988 tersebut menjadi ikon wisata dari Banda Neira.

Kamu bisa menjelajahi langsung gunung ini dan menyaksikan lanskap Banda Neira dari puncaknya. Untuk sampai ke gunung ini, kamu harus menyewa perahu kecil dan melakukan perjalanan laut selama sepuluh menit dari pulau Neira. Dijamin terpesona, deh!

7. Mengagumi lanskap laut Banda di Lava Flow

Image credit: Susanti Padli Bahar

Bagi penggemar diving dan snorkeling, Lava Flow di Banda Neira menjadi satu diving point yang tidak boleh dilewatkan. Bisa dikatakan spot ini menjadi spot menyelam terbaik di kawasan ini karena terumbu karang yang masih alami dan terjaga.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Di Ambon Dan Sekitarnya Yang Sangat Fenomenal

Wisata Banda Neira sangat menarik, bukan? Jika memang ada kesempatan untuk bisa ke surga tersembunyi di timur Indonesia ini, tidak ada salahnya untuk berkunjung, lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru