Wisata Di Chengdu, Dari Yang Imut Sampai Mempesona

Apa yang menjadikan Chengdu tempat wisata yang menarik? Bukan hanya menjadi rumah dari panda, kota ini pun menyimpan kekayaan tradisi yang luar biasa. Bila ingin merasakan kebudayaan Tiongkok yang kental, maka Chengdu wajib kamu kunjungi. Menikmati kuliner khas Sichuan yang pedas sambil berkeliling kota dijamin menjadi agenda liburan yang mengesankan. TripZilla Indonesia memberikan pilihan objek wisata di Chengdu yang cocok untuk liburanmu, cek di bawah ini!

Baca Juga: Apply Visa China Online, Ini Ketentuan Dan Tips Yang Harus Kamu Tahu

1. Mengunjungi si hitam putih yang menggemaskan di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding

Image credit: @giantpandachannel

Hewan endemik dari Tiongkok ini memang tidak hanya berwarna hitam putih, ada juga panda merah yang berwarna coklat kemerahan dan putih. Tapi di Chengdu, kamu bisa berkunjung ke penangkaran panda raksasa yang bertubuh bulat menggemaskan. Bila sudah besar, panda raksasa berwarna hitam dan putih namun tingkahnya tetap menarik untuk dilihat.

Image credit: @giantpandachannel

Pada waktu-waktu tertentu semisal tahun baru, berbagai ornamen khas bertema panda akan menghiasi Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding. Kamu pun bisa melihat kemunculan bayi-bayi panda yang diperlihatkan ke publik. Tentunya karena panda ini hewan yang dilindungi, kamu tidak diizinkan untuk memegangnya langsung ya!

Lokasi: 1375 Xiongmao Blvd, Chenghua District, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 - 17.00

2. Huanglongxi Ancient Town, pesona kota tua yang akan memikat matamu

Image credit: @visit_sichuan

Dibangun sejak 1,700 tahun yang lalu, Huanglongxi Ancient Town menawarkan hal yang berbeda. Menjadi tempat wisata di Chengdu yang populer, kunjungi kota yang sering menjadi lokasi latar pemotretan dan syuting film ini. Kamu perlu mempersiapkan kamera dan pakaian yang nyaman agar puas menjelajah serta berfoto di sini.

Image credit: @anthony.andu

Di dalam kota tua Huanglongxi, terdapat tiga kuil bersejarah, pohon banyan berusia lebih dari 300 tahun serta banyak bangunan yang dibangun pada dinasti Qing dan Ming. Di waktu-waktu tertentu, kamu dapat menyaksikan pertunjukan perahu naga, opera Sichuan dan tarian naga di Huanglongxi.

Lokasi: Shuangliu, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

3. Wisata di Chengdu yang menghibur mata dan telinga di Jinjiang Theater

Image credit: @wanderlustmike

Kalau kamu belum pernah menonton opera khas Tiongkok, coba saja di Jinjiang Theater. Seluruh percakapan disampaikan hanya dalam Bahasa Mandarin, namun bila tidak paham, kamu tetap bisa menikmatinya. Ada seni tari dan kostum dengan warna-warni cantik yang bikin terpesona. Ada pula kesenian bian lian yang menakjubkan. Sebelum menonton, sebaiknya kamu memesan tiket terlebih dulu agar tidak kehabisan.

Lokasi: Jinjiang District, Luomashi, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari pukul 20.00

4. Wenshu Yuan Monastery, menikmati keseharian warga lokal dan suasana tenang

Image credit: Fangoufang | Wikimedia Commons

Salah satu tempat wisata religi di Chengdu adalah Wenshu Yuan Monastery. Biara Buddha ini menciptakan atmosfer tenang dan damai. Selain karena memang digunakan untuk beribadah, kamu pun bisa melihat tamannya dan mencium harum dupanya. Biara ini merupakan yang terbesar dan paling terawat di Chengdu. Di dalamnya terdapat lebih dari 300 patung Buddha, rumah teh dimana kamu bisa menikmati prosesi minum the ala Tiongkok dan banyak ruangan seperti ruang meditasi, ruang makan dan lain-lain. Bila berkunjung, ingatlah untuk tetap menghormati warga yang sedang beribadah ya!

Lokasi: 66 Wenshuyuan St, Qingyang District, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 17.00

5. People's Park, wisata di Chengdu untuk jalan santai dan belanja

Image credit: @thelovelyescapist

Disebut juga sebagai Chengdu Renmin Park, People's Park merupakan taman kota. Taman ini sangat kaya dengan beragam jenis flora dan juga danau buatan. Ada ratusan jenis bonsai, anggrek hingga pameran bunga lotus dan krisantemum di waktu tertentu. Danau buatannya tidak hanya untuk dilihat karena kamu dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau. Untuk menambah suasana zen, nikmati juga secangkir teh Gaiwan di rumah teh yang ada. Segar dan menyehatkan!

Lokasi: 9 Citang St, Qingyang District, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

6. Awas tergoda dan lapar mata di Kuanzhai Alley

Image credit: @cctv

Disebut juga Wide and Narrow Alley, Kuanzhai Alley akan membuat matamu melirik melihat toko-tokonya. Bangunan yang berdiri banyak yang merupakan bangunan tua, dan ini membuat jalanan terlihat semakin estetik.

Image credit: @cctv

Segala hal yang berbau tradisional khas Chengdu akan terlihat di jalan ini, demikian juga tempat makan es krim, kafe hingga kelab malam. Mengunyah jajanan sambil menikmati arsitektur khas Dinasti Qing, dimana lagi yang bisa begini?

Lokasi: Qingyang District, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

7. Melihat karya seni dengan beragam rupa di Sanxingdui Art Museum

Image credit: @sanxingduiculture

Namanya juga museum seni, setiap sudut dari Sanxingdui Art Museum digarap dengan penuh gaya. Kalau mengaku pencinta karya seni, datang saja ke museum ini. Kamu bisa memuaskan diri untuk melihat beragam pajangan karya seni yang menawan.

Image credit: @sanxingduiculture

Namun bukan hanya berbentuk patung, karya-karya yang ditampilkan juga kekinian. Ada yang tampil dalam bentuk imersif dan audiovisual. Pastinya, berkeliling museum ini tidak akan membosankan karena banyak hal yang unik dan berbeda.

Lokasi: 238 Wuhouci Ave, Wuhou District, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 18.00

8. Wisata di Chengdu yang alami indahnya di Dujiangyan Irrigation System

Image credit: @chengdu_china

Jangan meremehkan kalau kamu mendengar namanya. Dujiangyan Irrigation System akan membuatmu kagum dengan keindahan alamnya. Meski sudah berusia tua, namun tempat ini tetap nyaman untuk dikunjungi karena terawat. Membelah Sungai Yongjiang, kamu bisa melihat lanskapnya dari atas dengan mendaki Gunung Yulei. Datanglah ketika cuaca cerah agar pemandangannya maksimal dan bebas dari kabut. Seru!

Lokasi: Dujiangyan City, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 18.00

9. Wu Hou Shrine, kuil yang artistik dan bikin ingin selfie terus

Image credit: @darllon.richard

Salah satu kuil yang ternama di Chengdu adalah Wu Hou Shrine. Mengunjungi kuil ini tidak hanya bisa menjadi wisata religi namun juga menyegarkan mata. Desainnya menarik perhatian apalagi dengan dominasi warna merah.

Image credit: @wangstin

Kuil ini termasuk salah satu cagar budaya yang dilindungi pemerintah dan menyimpan banyak relik. Kamu bisa berkeliling dan melihat banyak area seperti Huiling Mausoleum, Han Zhaolie Temple, Wuhou Temple dan Sanyi Temple. Pulang dari sini kamu akan kenyang dengan banyak pengetahuan baru!

Lokasi: Wuhouci Ave, Wuhou District, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 19.00

10. Mount Qingcheng, wisata di Chengdu yang anti capek

Image credit: @chengdu_china

Mendaki gunung tapi terasa tidak capek, bisa jika kamu lakukan di Mount Qingcheng. Hal ini karena berjalan sambil menatap setiap kilometernya sangat menyenangkan. Gunung ini mempunyai dataran yang selalu hijau karena pepohonan, seperti namanya sendiri yang bermakna gunung hijau. Terdapat dua area yaitu sisi depan dan belakang. Di sisi depan, kamu bisa menemukan banyak situs sejarah seperti Tianshi Celestial Cave dan Shangqing Palace. Menuju sisi belakang, kamu dapat melihat pemandangan alam yang memikat. Bikin malas turun kan?

Lokasi: Dujiangyan City, Chengdu, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 17.00

11. Leshan Giant Buddha, bukan wisata di Chengdu tapi wajib dikunjungi

Image credit: @visit_sichuan

Sudah jauh-jauh pergi ke negeri China, rugi jika kamu tidak mampir ke Leshan Giant Buddha. Memang letaknya bukan di dalam kota Chengdu, namun kamu bisa menyewa jasa tur untuk membawamu ke lokasinya. Patung ini menggambarkan Buddha Maitreya dalam posisi duduk dan ukurannya benar-benar raksasa. Bukan hanya berukuran besar, patung ini pun mempunyai sistem pengairan yang baik sehingga patungnya tetap terawat meski diguyur hujan. Tapi tentunya jangan tunggu musim hujan untuk datang, berkunjunglah saat musim panas agar lebih mengasyikkan!

Lokasi: 2345 Lingyun Rd, Shizhong District, Leshan, Leshan, Sichuan, China
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 16.50

Baca Juga: Restoran Hot Pot di Jakarta, Nikmat di Segala Suasana

Apakah kecantikan Chengdu sudah mulai menggodamu untuk segera datang?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru