Hidden Gem Di Jawa Timur, Destinasi Wisata Bernuansa Alam Dan Instagramable Di Magetan Ini Pantang Dilewatkan!

Berencana untuk liburan di Jawa Timur dengan nuansa alam yang natrual, tapi bukan Malang, Pasuruan, maupun Banyuwangi? Maka Magetan adalah destinasi yang bisa kamu kunjungi. Wisata di Magetan menghadirkan nuansa alam yang istimewa dengan latar Gunung Lawu yang megah dan menjulang tinggi.

Berada di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, Magetan dikaruniai bentang alam yang istimewa. Lokasi kabupaten di ujung barat Jawa Timur ini juga berada di ketinggian, yang tentunya menawarkan atmosfer yang sejuk dan asyik untuk dikunjungi.

Magetan juga memiliki segudang tempat wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, wisata di Magetan bisa dikatakan sebagai hidden gem di Jawa Timur. Bagi kamu yang penasaran dengan destinasi yang bisa dikunjungi di Magetan, TripZilla Indonesia merekomendasikan delapan tempat wisata keren ini. Cek daftarnya di bawah ini!

1. Air Terjun Tirtasari Magetan, keindahan yang tersembunyi

wisata di magetan
Imagecredit: Ryan Ferry Handoko (kiri), @andi__who

Jika dibandingkan dengan Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar, popularitas Air Terjun Tirtasari, Magetan ini memang tidak apa-apanya. Namun bila bicara keindahan, air terjun setinggi kurang lebih 50 meter ini boleh diadu.

Selain bisa menikmati pemandangan air terjun yang megah, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan alam yang natural dengan suasana yang sejuk dan asri. Air yang mengalir di air terjun ini juga sangat dingin. Meski berkesan alami, air terjun ini sudah dilengkapi banyak fasilitas pendukung wisata, termasuk rest area.

Lokasi: Sampe, Ngancar, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 7,000 IDR per orang

2. Puntok Geneng untuk wisata kekinian di Magetan

Image credit: Nashir Alwi

Bagi muda-mudi yang ingin menikmati alam, memandangi lanskap Magetan yang keren dan mengabadikannya dalam gambar yang Instagramable, maka Puntok Geneng bisa menjadi destinasi wisata di Magetan yang dituju.

Bukan hanya menawarkan alam yang sejuk, pemandangan di kawasan Ponccol, yang dijadikan latar juga keren. Lokasi wisata ini juga mudah dijangkau dengan banyak spot berfoto yang menarik.

Lokasi: Gg. Kopen, Kopen, Gonggang, Kec. Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63362
Jam buka: Setiap hari, 4.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: 2,000 IDR untuk parkir kendaraan, masuk gratis

3. Taman Wisata Genilangit, destinasi wisata favorit di Magetan

wisata di magetan
Image credit: @kiranafitri_ (kiri), @dewi_poppy

Salah satu tempat wisata menarik di Magetan adalah taman wisata Genilangit. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berkeliling lokasi wisata dengan kuda hingga yang sedikit ekstrim seperti flying fox.

Taman Wisata Genilangit juga memiliki banyak spot berfoto yang asyik. Lokasi wisata yang berada di ketinggian dan berada di antara pepohonan yang rindang menjadikan tempat ini banyak dijadikan tempat bersantai untuk liburan keluarga.

Lokasi: Taman wisata, Genilangit, Kec. Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63362
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

4. Ujung Kulon Janggan yang tak kalah menawan

Image credit: Trisno Ary Budi

Salah satu lokasi wisata di Magetan yang tak kalah menarik adalah Ujung Kulon Janggan. Ada banyak spot foto menarik di tempat ini. Namun daya tarik utama dari Ujung Kulon Janggan ini adalah pemandangannya yang aduhai. Fasilitas pendukung juga lengkap, yang memudahkan pengunjung untuk bersantai di kawasan ini.

Lokasi: Janggan, Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, 63362

5. Mbah Djoe Resort, dari akomodasi, tempat makan hingga spot wisata

wisata di magetan
Image credit: Fahrudin Achmad Saputera

Mbah Djoe Resort tidak hanya menawarkan akomodasi untuk liburan, tapi juga memiliki banyak spot wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, kawasan ini memiliki fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang menarik.

Warung Mbah Djoe Resort menjadi salah satu spot populer yang dikunjungi banyak orang. Bukan hanya karena menu lezat yang ditawarkan, tapi juga spot foto dengan latar yang istimewa. Ada juga gardu pandang berbentuk panggung, yang dijamin akan membuat foto kamu Instagramable.

Lokasi: Jl. Tawangmangu-Plaosan, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63362
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 21.00 WIB
Harga tiket: Gratis

6. Telaga Sarangan yang ikonik

Image credit: @rumahdroneaerial.id (kiri), @hnfahmi

Bicara wisata di Magetan, maka Telaga Sarangan adalah spot liburan yang pertama kali muncul. Bukan tanpa alasan, Telaga Sarangan memang layak menjadi pusat perhatian karena banyak hal menarik bisa ditemukan di kawasan ini.

Memiliki nama lain sebagai Telaga Pasir, telaga ini berada di ketinggian 1,200 mdpl. Pesona pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Perpaduan kawasan pemukiman di sekitar telaga dan latar Gunung Lawu yang megah memberikan daya tarik tersendiri, yang sayang untuk ditinggalkan.

Lokasi: Desa Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

7. Taman Bunga Refugia, menikmati wisata penuh warna di Magetan

Image credit: @adellasmaraa (kiri), @yp.nadia

Kebun bunga Refugia bisa dikatakan sebagai destinasi wisata di Magetan yang terbilang baru. Daya tarik utamanya adalah lokasi wisata yang penuh warna-warna cerah berkat koleksi bunga yang beraneka ragam.

Kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik di sini. Selain itu, ada juga lokasi untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam dan atmosfer yang sejuk, termasuk di antaranya sejumlah gazebo yang nyaman.

Lokasi: Jl. Raya Sarangan, Plaosan II, Plaosan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

8. Mojosemi Forest Park, kembali ke periode Cretaceous

Image credit: Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park menjadi wahana wisata yang juga baru di Magetan. Taman ini mengusung konsep wisata pra-sejarah, di mana pengunjung dibawa ke periode Cretaceous dan bertemu dengan berbagai jenis dinosaurus.

Taman di tengah hutan pinus ini dibagi menjadi tiga area, Taman Dino, Dino Hunter dan Dino Show. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, termasuk berburu atau diburu dinosaurus. Kamu juga bisa menginap di kawasan campground di sekeliling dinosaurus. Penasaran?

Lokasi: Jl. Raya Sarangan Jl. Cemoro Sewu No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Harga tiket: 10,000 IDR untuk anak-anak dan 20,000 IDR untuk dewasa di tengah pekan, 15,000 IDR untuk anak-anak dan 25,000 IDR untuk dewasa di akhir pekan dan hari libur.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Di Tawangmangu Untuk Liburan Yang Tidak Terlupakan

Wisata di Magetan cukup menarik, bukan? Yuk, berkunjung segera!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru