15 Tempat Wisata Di Tawangmangu Untuk Liburan Yang Tidak Terlupakan

Capek dengan deadline menumpuk? Ingin mencari udara yang lebih bersih dan sejuk? Mengunjungi tempat wisata di Tawangmangu saat akhir pekan bisa menjadi alternatif liburan yang menarik untuk dipilih.

Daerah yang cantik di Karanganyar ini punya tempat-tempat wisata yang akan membuai matamu dengan panoramanya. Tidak hanya itu, perasaan sumpek juga akan hilang karena suhu udaranya yang sejuk dan cenderung dingin. Jadi siapkan pakaian yang nyaman untuk menjelajahi berbagai tempat wisata di Tawangmangu.

Penasaran dengan destinasi wisata di Tawangmangu yang menarik untuk dikunjungi? Cek dulu rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Beria-ria bersama seluruh keluarga di Taman Wisata Balekambang Tawangmangu

Image credit: Taman Wisata Balekambang

Taman Wisata Balekambang menyediakan hiburan yang lengkap untuk semua kalangan. Mau berkunjung dengan orangtua, anak-anak atau sahabatmu, semuanya akan terasa mengasyikkan! Taman yang dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegaran VII ini telah direvitalisasi dan punya banyak fasilitas.

Image credit: Taman Wisata Balekambang

Sambangi Taman Selfie, 3D Studio atau Miniatur Dunia yang keren untuk diabadikan. Kamu juga bisa berenang di waterpark, bermain wahana outbound dan belanja buah tangan di toko cenderamata. Berbagai aktivitas ini dapat kamu lakukan di tengah asrinya pepohonan di dalam taman. Tiket masuknya pun gratis, kamu baru akan membayar jika ingin menjajal wahana yang ada.

Lokasi: Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

2. Tarik napas dalam-dalam untuk menghirup udara segar di Kedung Sriti

Image credit: @ambardewati

Kedung Sriti punya panorama kece yang sayang untuk dilewatkan. Perjalanan untuk tiba di air terjun yang menjadi daya tarik Kedung Sriti ini cukup menghabiskan waktu. Kamu perlu berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh, namun pemandangan di kiri dan kanan jalan pasti dapat membuatmu terus bersemangat.

wisata tawangmangu
Image credit: @faizzanireza_

Memiliki ketinggian sekitar 10 meter, kamu bisa puas menikmati dinginnya aliran air di air terjunnya. Apalagi jika datang di musim hujan, siap-siap saja melihat debit air yang deras dan pastinya suhu yang terasa semakin dingin di kulit!

Lokasi: Kalisoro, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

3. Cuci mata dengan warna-warni bunga di Agrowisata Desa Nglurah

Image credit: @dwiprakosow

Kalau mengaku penggemar tanaman, kamu wajib mengunjungi Agrowisata Desa Nglurah. Desa ini menjadi pusat penjualan tanaman hias dengan jenis yang sangat beragam. Lihat saja warna-warninya yang menggemaskan, bisa bikin kalap, lho!

Image credit: @dwiprakosow

Deretan tanaman anggrek dengan rona warnanya yang anggun juga akan menggodamu untuk menghampiri. Tanaman-tanaman yang dihasilkan berkualitas ekspor, jadi kamu bisa mendapatkan koleksi baru yang bagus di sini. Mana yang paling kamu sukai?

Lokasi: Jl. Candi Menggung Nglurah, Nglurah, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

4. Wisata dan menikmati keindahan yang sederhana di Air Terjun Jurang Sundo Tawangmangu

Image credit: @ryanferryhandoko

Tidak jauh dari Grojogan Sewu yang kondang, kamu bisa menemukan air terjun yang lebih kecil yaitu Air Terjun Jurang Sundo. Air terjun yang bersebelahan dengan kolam ini memang tidak tinggi dan cocok untuk kamu yang ingin berjalan santai sambil menikmati alam sekitar. Selain tidak sulit untuk diakses, di sekelilingnya juga sudah banyak dibuka warung dan saung untuk beristirahat. Cocok juga untuk dikunjungi sebelum kamu mengakhiri hari dan pulang ke penginapan.

Lokasi: Desa Nglurah, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Gratis

5. Melihat jejak sejarah di Situs Purbakala Menggung

Image credit: @kesewukembang

Tawangmangu juga punya lokasi bersejarah yaitu Situs Purbakala Menggung. Masih terletak di Desa Nglurah, kamu dapat menemukan arca-arca yang disakralkan oleh masyarakat setempat. Ada juga punden berundak dalam situs yang merupakan peninggalan dari agama Hindu ini. Setiap enam bulan sekali, di hari Selasa Kliwon, diadakan upacara dukutan sebagai sarana mengucap syukur. Kalau kebetulan kamu datang di waktu yang tepat, bisa jadi kamu sekaligus dapat menikmati khidmatnya upacara tradisional ini.

Lokasi: Desa Nglurah, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Mendaki di kaki Gunung Lawu untuk tiba di puncak Gunung Gamping

tempat wisata tawangmangu
Image credit: @iqblhandoko

Kamu akan melihat penampakan Gunung Gamping berupa batu-batu gamping besar yang indah. Lokasinya di kaki Gunung Lawu sehingga pemandangan di sekitar Gunung Gamping juga sangat asri. Nantikan matahari terbit atau tenggelam yang berkesan di sini!

Image credit: @yuyun_sulistyo

Asyiknya, Gunung Gamping sudah cukup tertata, bahkan telah dibangun tangga di titik tertentu untuk memudahkan perjalanan. Pengelola juga menyewakan peralatan berkemah agar kunjunganmu semakin berkesan. Kalau menghabiskan malam di sini, kamu akan bisa melihat kelap-kelip lampu di rumah-rumah penduduk yang tersebar di bawah kakimu. Cantik!

Lokasi: Desa Bandardawung, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

7. Menikmati keindahan yang sulit dilupakan di Air Terjun Pringgodani

tempat wisata tawangmangu
Image credit: @ridwandva_

Air Terjun Pringgodani menjadi spot primadona untuk disambangi di Tawangmangu. Pemandangannya memang eksotis dan masih alami. Kamu juga perlu mengenakan alas kaki yang nyaman karena jalan menuju ke air terjun lumayan terjal. Tapi jangan sampai menyerah di tengah jalan ya! Kalau mendengar suara gemericik air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter ini, pasti kamu akan kembali melangkah dengan bersemangat!

Lokasi: Area Hutan Lindung, Blumbang, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

8. Wisata dan mencicipi segarnya strawberry di Kebun Strawberry Tawangmangu

Image credit: @mersaaprilianie

Suhu udara yang sejuk di Tawangmangu memang cocok untuk bertanam. Salah satu tumbuhan yang bisa kamu nikmati sambil berwisata adalah pohon strawberry di wisata Kebun Strawberry Tawangmangu. Buah berwarna merah yang menyegarkan ini ditanam di lereng Gunung Lawu dan dapat kamu petik.

Image credit: @yunik_kasswari

Terdapat sekitar 13 varian strawberry yang ada dan bisa kamu cicipi. Sebelum mulai memetik buah-buah strawberry, kamu dapat menyegarkan mata terlebih dulu dengan menikmati pemandangan di sekeliling lahan. Serba hijau dan damai, dijamin membuatmu betah berlama-lama di sini!

Lokasi: Desa Kalisoro, Tawangmangu
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: 24 Destinasi Wisata Di Solo Dan Sekitarnya Yang Bisa Membuatmu Melupakan Jogja

9. Grojogan Sewu yang terkenal dengan keindahannya

tempat wisata tawangmangu - Grojogan Sewu
Image credit: @roes.lim

Grojogan atau air terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu. Kamu perlu menengadahkan kepala untuk menikmatinya karena Grojogan Sewu memiliki tinggi sekitar 81 meter. Pemandangan di sekitarnya cantik dengan tumpukan batu-batu besar dan debit air yang deras, bahkan di saat kemarau.

Kamu juga akan menjumpai kera-kera dalam perjalanan menuju air terjun. Setelah tiba, cukup duduk santai sambil menghirup udara segar dari terpaan air, dijamin ampuh untuk mengusir rasa galau!

Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

10. Wisata dan berpose di spot instagramable di The Lawu Park Tawangmangu

The Lawu Park
Image credit: berliandewirs

Berbagai hiburan menantimu di The Lawu Park ini. Kamu dapat memilih ingin melakukan petualangan dengan jip, trail, ATV, bermain aneka wahana outbound atau menonton 3D Cinema. Bayangkan asyiknya bermain di tengah udara sejuk dan Gunung Lawu sebagai latar belakang. Tidak perlu khawatir kalau sudah lelah bermain tapi malas pulang karena The Lawu Park juga menyediakan penginapan, mulai dari kemah hingga glamping. Lengkap banget, kan?

Alamat: Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 – 22.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

11. Mendaki dan melihat pemandangan dari ketinggian Gunung Lawu

Gunung Lawu
Image credit: Wikimedia

Gunung berketinggian 3,265 mdpl ini terkenal indah banget. Ada empat jalur pendakian yang dibuka yaitu lewat Cemoro Kandang, Candi Cetho di Jawa Tengah atau Cemoro Sewu dan Singolangu di Jawa Timur. Dalam perjalanan ke puncaknya, kamu dapat menemukan Warung Mbok Yem yang kondang karena dianggap sebagai warung tertinggi di Indonesia. Unik kan?

Setelah mengisi perut di Warung Mbok Yem, kamu bisa melanjutkan perjalanan hingga tiba di tiga puncaknya yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan yang tertinggi adalah Hargo Dumilah. Sepanjang perjalanan naik atau turun gunung, kamu akan dibuat terpesona dengan kecantikan lereng-lereng gunung yang asri. Nggak akan terlupakan, deh!

Alamat: Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

12. Gunung Mongkrang yang bikin kamu mendaki tipis-tipis

Gunung Mongkrang | tempat wisata karanganyar
Image credit: dvandii_

Ingin melihat perbukitan hijau dan suasana dari ketinggian tapi nggak mau terlalu capek? Atau belum pernah mendaki jadi takut gagal muncak? Kalau ini yang kamu pikirkan, maka kamu perlu mencoba datang ke Gunung Mongkrang. Berketinggian 2,194 mdpl ini, Gunung Mongkrang ramah bagi pendaki karena medannya yang jelas dan mudah. Jika ingin mendaki sedikit saja, kamu dapat menemukan puncak pertama yaitu Bukit Candi I dan II. Tetapi ini bukan puncak sesungguhnya. Untuk tiba di puncak Gunung Mongkrang, kamu perlu mendaki lebih jauh dan butuh waktu antara 2-3 jam dari titik awal pendakian. Pilih yang mana nih?

Alamat:  Desa Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

13. Bukit Sekipan, wisata asyik dan meriah dengan aneka miniatur di Tawangmangu

Bukit Sekipan | tempat wisata karanganyar tawangmangu
Image credit: Bukit Sekipan

Bagi penggemar spot foto-foto miniatur, Bukit Sekipan ini menanti untuk dikunjungi. Banyak miniatur-miniatur di dalamnya dan bakal membuatmu bingung memilih. Ada kapal pesiar yang bisa kamu naiki, miniatur rumah ala Belanda, menara Pisa, menara Eiffel dan masih banyak lagi. Beragam permainan yang dapat kamu coba di antaranya mini coaster, kora-kora, kursi terbang dan lain-lain. Tersedia juga penginapan mulai dari tipe small room hingga villa kalau kamu ingin bersenang-senang bersama keluarga besarmu.

Alamat:  Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR

14. Menambah pengetahuan di Rumah Atsiri yang menarik

Image credit: Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia ini menawarkan wisata edukatif yang unik seputar essential oil. Wisata yang tersedia misalnya tur aromatic garden, melihat museum essential oil, mengikuti workshop ilmiah dan makan di restoran dengan citarasa atsiri. Tempat seluas 23,660 meter persegi ini nyaman banget dan sudah tertata rapi sehingga kamu dijamin betah berlama-lama menghirup wewangian di sini. Kalau ingin membawa wewangian sebagai buah tangan, kamu juga bisa mengunjungi merchandise shop yang ada sebelum pulang.

Alamat:  Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR

15. Wisata di bukit penuh sakura di Sakura Hills, Tawangmangu

tempat wisata tawangmangu
Image credit: Sakura Hills Tawangmangu

Satu lagi tempat wisata ala Jepang di Indonesia yang bisa kamu kunjungi, yaitu Sakura Hills di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Destinasi ini baru diresmikan pada Desember 2019 dengan menghadirkan wana wisata Japan-themed. Mengusung konsep ala Jepang, pengunjung bakal melihat banyak bangunan khas Negeri Matahari Terbit ditampilkan, pun demikian dengan pohon sakura dan bunganya, serta penyewaan baju kimono. Kamu juga bisa beraksi layaknya ninja di Ninja Squad Outbound. Cosplay dengan baju samurai Jepang juga ada. Dijamin keren, lho!

Lokasi: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam operasional: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 30,000 IDR per orang

Baca juga: Satu Jam Dari Solo, Tempat Wisata Di Karanganyar Ini Keren Dan Wajib Dikunjungi

Semua pilihan tempatnya menarik dan indah bukan? Harga tiketnya pun kebanyakan masih digratiskan, tetapi akan lebih baik jika kamu menyumbang uang sukarela untuk biaya perawatan tempat wisata. Masukkan Tawangmangu ke dalam agenda liburanmu ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru