Wisata Kuliner Di Sleman, Itinerary Akhir Pekan Yang Harus Kamu Ikuti Untuk Pengalaman Rasa Mengesankan

Bagi kamu yang gemar melancong ke Yogyakarta, pasti pernah berkunjung ke Sleman. Banyak lokasi wisata terkenal di Sleman seperti Candi Prambanan atau Gunung Merapi yang selalu dibanjiri pengunjung. Tidak kalah dengan wisata alam dan sejarah, di Sleman, ada banyak deretan pilihan wisata kuliner yang asyik, lho!

Kalau kamu berakhir pekan ke Sleman, wajib untuk menjajal tempat-tempat makan yang khas di sana. Berikut ini adalah rekomendasi itinerary akhir pekan untuk wisata kuliner di Sleman ala TripZilla Indonesia, cek dulu supaya nggak ada yang terlewat ya!

Hari pertama: Makan malam serba belut di Pusat Kuliner Belut Godean

Image credit: hyfoodventure

Bayangkan kalau kamu tiba di hari Jumat malam dan langsung meluncur ke Pusat Kuliner Belut Godean, tempatnya aneka hidangan belut. Terdapat puluhan pedagang hidangan belut mulai dari cemilan hingga makanan utama.

wisata kuliner di sleman
Image credit: djayabaya, muhammadharis3879

Kamu dapat menjumpai keripik belut yang menggoda untuk dicoba dan bisa dibeli per kilogram untuk oleh-oleh. Puas dengan kerenyahan di mulut, kamu bisa beranjak untuk makan rica-rica belut, gulai belut hingga mangut belut. Menu yang unik-unik ini pas banget untuk mengawali wisata kulinermu di Sleman!

Hari kedua: Sabtu yang makin indah dengan makanan enak

wisata kuliner di sleman
Image credit: Bang Doel

Saat pagi tiba, kamu bisa langsung bergegas mengunjungi Kupat Gule Bang Doel. Kantuk yang masih tersisa akan langsung hilang saat kamu melihat bahan-bahan kupat yang berderet dan kuah gulainya yang sedap.

Image credit: jogjacarimakan, jogjafood

Berlokasi di Jalan Kaliurang, Kupat Gule Bang Doel ini menyediakan berbagai jenis gulai seperti gulai ayam, sapi atau kambing. Daging gulai lalu ditambah dengan telur, ketupat, suwiran ayam dan disiram dengan kuah berwarna kuning yang gurih. Hidangan yang menggiurkan ini banyak penggemarnya, jadi siap-siap antre kalau kesiangan ya!

Image credit: Jejamuran

Untuk makan siang, kamu bisa langsung menuju ke Jejamuran. Restoran yang berada di Jl. Pendowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Sleman ini punya desain yang menarik dan nyaman, selain tentunya menu yang otentik. Seperti namanya, beragam hidangan yang dijual berbahan dasar jamur. Tapi jangan khawatir, kamu pasti tidak bosan karena jamur-jamur di sini diolah dengan kreatif.

wisata kuliner di sleman
Image credit: Jejamuran

Untuk menu pembuka, kamu dapat mencoba risoles jamur atau lumpia jamur. Sambil mengunyah, menu Semur Edan Jamur atau Rendang Jamur bisa kamu pesan untuk mengenyangkan perutmu. Minuman carica squash atau Wedang Jejamuran dijamin dapat membuat acara makan siangmu semakin semarak. Nyam!

Setelah puas berkeliling Jogja dan waktunya mengisi perut saat malam, menikmati bumbu yang pedas di Entok Slenget Kang Tanir sepertinya menjadi hal yang harus dilakukan.

Image credit: andriyasprasetyowati6, rainbowtripid

Hidangan entok dan tengkleng yang tersedia di kedai yang berada di Jln Pakem – Turi sini punya bumbu dengan beragam tingkat kepedasan. Nongkrong malam-malam sambil menyantap makanan pedas seperti ini dapat membuatmu lupa waktu lho!

wisata kuliner di sleman
Image credit: merekammakan, voilajogja

Daging entok alias itik yang digunakan dapat diolah menjadi tengkleng atau entok slenget dan dimasak menggunakan anglo. Potongan daging yang besar dihidangkan panas-panas bersama nasi putih sangat cocok untuk menghangatkan perutmu. Bagi kamu yang penasaran tapi tidak suka pedas, kamu dapat memesan untuk dibuatkan masakan yang tidak pedas. Jadi nggak ada halangan untuk merasakan nikmatnya olahan entok ini!

Hari ketiga: Akhiri wisata kulinermu di hari Minggu dengan menu mengesankan

Image credit: mustika_arm

Pagi-pagi makan soto itu sudah biasa. Tapi menyantapnya di restoran Saoto Bathok Mbah Katro ini akan menimbulkan kesan berbeda. Lihat saja namanya maka kamu akan mengerti karena soto di kedai yang berada di Sambisari, Purwomartani ini disajikan dalam mangkok dari batok kelapa. Penasaran dengan rasanya?

wisata kuliner di sleman
Image credit: foody_hunters, velishaa.tan

Kehangatan kuah sotonya pas banget untuk dinikmati sebagai menu sarapan. Lauk pendamping seperti sate usus, sate telur puyuh dan tempe garit akan membuatmu menyuap tanpa henti. Awas, tahu-tahu satu mangkuk sudah habis dan kamu ingin menambah porsi kedua!

Image credit: Sate Kuda Denggung

Jika ingin mencoba kuliner yang sedikit ekstrim, kamu bisa mencoba menutup wisata kuliner di Sleman dengan menikmati Sate Kuda Denggung ketika tiba waktunya makan siang. Selain disate, daging kuda juga diolah dengan bumbu rica-rica dan tongseng di kedai yang ada di Jalan Denggung, Sumberadi, Mlati, Sleman ini.

wisata kuliner di sleman
Image credit: Sate Kuda Denggung

Daging yang dipotong besar dan dijadikan sate ini sudah dibakar sempurna sehingga tidak alot. Selain dagingnya yang enak, bumbu kecap yang digunakan pun menambah kesedapan rasanya. Dipadukan dengan nasi putih, menu sate kuda ini bisa bikin ketagihan dan yang pasti mengenyangkan.

Baca juga: 24 Destinasi Wisata Di Sleman Yang Akan Membuatmu Terpesona

Pilihan tempat-tempat wisata kuliner yang unik akan membuat akhir pekanmu di Sleman jadi tidak terlupakan. Jadi, menu apa yang ingin kamu cicipi?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru