8 Wisata Pantai Di Jawa Ini Yang Mengingatkanmu Akan Bali

Wisata pantai sepertinya tidak bisa dilepaskan dari Bali. Bali memang sudah lama terkenal akan keindahan pantainya yang mengagumkan. Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa pantai di Pulau Jawa yang keindahannya menyerupai pantai di Bali? Kalau belum, kamu harus baca daftar 12 wisata pantai di Jawa berikut ini. Keelokan pantai dan pesona alamnya dijamin akan mengingatkanmu dengan Bali.

1. Pantai Menganti, Kebumen

Image credit: @irfa.senja

Pantai yang satu ini namanya memang sedang naik daun di sosial media. Namanya Pantai Menganti. Berlokasi di Desa Karangduwur, pantai ini memiliki panorama indah perbukitan kapur. Mirip seperti di Uluwatu.

Image credit: @irfa.senja

Pasir yang putih, air pantai yang jernih serta deburan ombaknya akan membuatmu terpana. Jika ingin melihat pemandangan pantainya secara keseluruhan kamu hanya perlu mendaki bukit di sekitar pantai. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

2. Pantai Balekambang, Malang

Image credit: @joe_nanto

Malang bukan hanya dikenal dengan wisata pegunungan tapi juga pantainya yang tidak kalah keren. Nah, uniknya, di sini kamu bisa melihat sebuah pulau kecil di bibir pantai dengan sebuah pura di atasnya. Suasananya akan mengingatkanmu dengan Tanah Lot Bali.

Image credit: @a.f.adhim17

Ketika air laut sedang pasang sebagian pulau kecil tersebut akan terendam air. Sebaliknya, ketika air surut kamu bisa bebas berfoto di bawah pulau kecil mirip batu tersebut. Menarik sekali, bukan?

3. Pantai Karang Bolong, Pacitan

Image credit: @frenchfries_mr

Rindu mengunjungi Broken Beach di Nusa Penida? Jangan terburu-buru ke Bali, karena di Pacitan, Jawa Timur terdapat sebuah pantai dengan batu karang berlubang mirip seperti Broken Beach.

Image credit: @ahmad_anjarwicaksono

Di pantai ini kamu tidak akan menemui pasir putih karena bibir pantainya merupakan deretan tebing yang agak menjorok ke laut. Dari pantai ini kamu bisa melihat ombak Samudera Hindia yang spektakuler. Tidak kalah dengan yang ada di Bali deh!

4. Pantai Ngobaran, Gunung Kidul

Image credit: @dhe_intanp

Di Bali, mungkin kamu sering melihat terdapat tempat sembahyang di sekitar pantai wisata. Hal tersebut ternyata bisa juga kamu temui di Jogja lho. Tepatnya di Pantai Ngobaran, Gunung Kidul terdapat sebuah pantai yang memiliki pura. Dari pura ini kamu bisa melihat dengan jelas panorama alam pantainya yang memesona.

Image credit: @bagusreza

Hingga kini, pura di Pantai Ngobaran masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Kombinasi wisata budaya dengan alam menjadikan Pantai Ngobaran jadi tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan selama di Jogja.

5. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Image credit: @pantaibanyutibo

Kalau sudah pernah ke Tanah Lot pasti pernah berkunjung ke Pantai Melasti. Seperti sudah banyak dikenal, Pantai Melasti memiliki air terjun yang berada di tebing pantai. Di Pacitan, kamu juga bisa menemui pantai serupa yang tidak kalah kerennya. Pantai tersebut bernama Pantai Banyu Tibo.

Image credit: @emyebpj

Banyu Tibo dalam bahasa Jawa artinya air jatuh. Hal tersebut tidak lain adalah air terjun yang berada di pinggir pantai. Kapan lagi bisa menikmati pantai dan air terjun dalam satu waktu yang bersamaan? Yuk, ke Pantai Banyu Tibo!

6. Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung

Image credit: @robbiepoerwanto

Tulungagung mungkin bukan sebuah kawasan yang familiar untuk tujuan wisata. Namun, siapa sangka jika di sini terdapat sebuah pantai unik bernama Pantai Kedung Tumpang. Keunikan ini terlihat dari pantainya yang membentuk cerukan-cerukan.

Image credit: @wkrisp_

Cerukan tersebut terisi oleh air laut sehingga membentuk sebuah kolam alami. Pantai dengan kolam alami ini tentu akan mengingatkanmu pada Angel Billabong Bali. Penasaran bagaimana rasanya berenang di sini?

7. Pantai Pasir Putih, Pangandaran

Image credit: @restiyuli24

Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih jernih. Sebenarnya, pantai ini berada di garis yang sama dengan Pantai Barat, namun terpisahkan oleh batu karang dan menjadi kawasan cagar alam. Sehingga, kondisi alamnya masih sangat asri.

Image credit: @fahrulsperm

Kamu bahkan bisa snorkeling laiknya liburan di Pantai Nusa Lembongan. Selain itu, selama bersantai di pantai ini, kamu juga akan ditemani oleh kawanan kera yang mengingatkanmu dengan Ubud. Seru sekali, kan?

8. Pantai Nirwana, Jepara

Image credit: @asrul_ashadi

Pantai Nirwana berlokasi di sisi timur Pulau Karimun Jawa, Jepara. Dari Pelabuhan Jepara, kamu membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai ke pantai ini. Pantai Nirwana akan memanjakanmu dengan deretan pohon nyiur melambai dan memberikan suasana yang teduh.

Image credit: @anangmaulanamb

Sepintas, pantai ini mirip dengan Pantai Balangan di Bali lho. Pasir putih dan air pantai yang jernih pasti membuatmu tidak tahan untuk tidak berenang.

Baca juga: 26 Pantai Di Pacitan Yang Indah Dan Mengesankan

Nah, kalau masih belum ada waktu dan dana untuk ke Bali, mungkin daftar wisata pantai di Jawa di atas bisa jadi alternatif pengganti liburan ala Bali yang menyenangkan. Jadi, kapan nih liburan ke pantai?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru