14 Tempat Wisata Ternate Yang Menakjubkan Dan Harus Kamu Kunjungi

Wisata Ternate yang menakjubkan semakin ramai diperbincangkan di kalangan para pecinta diving. Pantai-pantai yang masih jarang terjamah, dengan perairan laut dalam yang jernih, sangat menggoda para penyelam untuk mengeksplorasi. Tak hanya itu, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah daerah mencoba menggalakkan berbagai program pariwisata, termasuk wisata rempah. Transportasi dan aksesibilitas ke daerah-daerah tujuan wisata juga semakin mudah.

Pada masa lampau, Ternate dan Tidore merupakan lokasi di mana Portugis pertama kali menginjakkan kaki di wilayah Maluku. Melalui penaklukan militer, mereka mendirikan benteng dan bangunan-bangunan untuk menunjang misi perdagangan di Indonesia. Ternate adalah destinasi wisata super lengkap untuk kamu yang ingin berpetualang alam maupun belajar tentang sejarah Indonesia. Berikut 14 tempat wisata Ternate yang harus kamu masukkan ke daftar kunjungmu.

1. Diving Spot yang Tidak Biasa di Taman Nukila

Image credit: @adhysosaleh

Memasuki Ternate dari Pelabuhan Ahmad Yani, kamu akan melihat kapal-kapal feri bersandar, termasuk juga kapal barang dan kontainer. Pelabuhan Ahmad Yani adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia Timur karena jangkauan pelayanannya hingga ke Sulawesi. Luangkan waktu sejenak untuk melihat proses pengiriman komoditas Ternate seperti kayu, rempah-rempah, cokelat, hingga seafood di pelabuhan ini, sambil memulihkan energi untuk menjelajah wisata Ternate. Selamat datang di Ternate!

Image credit: @pritta_damanik (kiri atas), @ariefpattiiha (kanan atas), dan @bubarabiru (bawah)

Sekitar sepuluh menit berjalan kaki dari pelabuhan, kamu akan menemukan Taman Nukila. Ini adalah titik diving pertama yang harus kamu coba. Pemandangan di dalam laut berupa tiang-tiang dermaga setinggi 10-12 meter yang ditutupi koral akan membuatmu berdecak kagum. Yang menarik, terdapat bongkahan motor, bus, dan kapal karam untuk objek berfoto. Saat kamu berada di dalam bus dan serombongan ikan datang menyeruak, timbul perasaan yang tak dapat diungkapkan!

Image credit: @mazniwinata

Taman Nukila sendiri merupakan taman kota tempat warga Ternate berkumpul pada sore hari atau akhir pekan. Terkadang kamu akan menemukan anak-anak berenang di tepian, yang pasti menambah semarak suasana liburanmu.

2. Sahkan Kunjunganmu di Pantai Falajawa dan Landmark Ternate

Image credit: @zhafiribaay

Kunjunganmu ke Ternate belum sah kalau belum berfoto dengan latar belakang tulisan Ternate di Pantai Falajawa. Mencicipi jajanan khas Ternate, seperti nasi jaha, lalampo, dan lain-lain, bisa banget kamu lakukan di sini.

Image credit: @whyusinaga

Pantai Falajawa juga menjadi titik menyelam yang cukup terkenal di seputar Ternate. Jika ingin sekadar berenang di laut, kamu tidak perlu khawatir. Pengelola Landmark Ternate menyediakan pelampung untuk para pengunjung.

 

Image credit: @ariefpattiiha (atas) dan @ayubsetyo (bawah)

Menanti matahari terbenam di wisata Ternate yang menakjubkan ini pasti akan menyenangkan.

3. Segarkan Pikiran dan Mata di Masjid Al Munawwar

Image credit: @elislami

Masjid terbesar di Ternate ini mampu menampung hingga 15,000 jemaah, lho! Selain mampir salat dan menyegarkan diri, kamu bisa memandangi keindahan laut dari anjungan di samping masjid.

Image credit: @andree0426

Di dalam masjid, terdapat empat pilar besar sebagai representasi empat sahabat Rasul. Pilar tersebut juga melambangkan empat Kesultanan di Maluku Utara, yaitu Kesultanan Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo.

4. Jelajah Sejarah Ternate di Fort Oranje

Image credit: @jojo.limatahu

Bangunan ini dulu merupakan pusat pemerintahan tertinggi Hindia Belanda sebelum pindah ke Batavia. Sekitar tahun 2015-2016, diadakan pemugaran besar-besaran agar Fort Oranje dapat difungsikan kembali. Saat ini, Fort Oranje telah digunakan untuk Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate.

Image credit: @pasarmelayuternate

Pemerintah daerah juga sedang merevitalisasi Museum Rempah agar nantinya dapat memberikan pengetahuan menyeluruh tentang komoditas rempah di daerah Indonesia Timur.

Image credit: @rachmat.avian (kiri) & @amatsheva (kanan)

Berbagai acara menarik kerap diadakan di sini, seperti Fort Oranje Cultural Jazz Festival pada bulan Februari 2019. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Ternate yang terletak di pusat kota ini.

5. Menyaksikan Peninggalan Berharga di Kedaton Sultan Ternate

Image credit: @julfiki_asbat

Bangunan bersejarah lainnya di Ternate adalah Kedaton Sultan Ternate yang masih menjadi tempat tinggal keluarga kesultanan. Untuk bisa mengunjungi wisata Ternate satu ini, kamu harus rajin bertanya kepada masyarakat setempat. Pasalnya, ada waktu-waktu khusus kunjungan untuk umum, serta aturan saat berada di dalam gedung.

Image credit: TripAdvisor

Menguak sejarah dan tradisi yang berhubungan dengan barang-barang peninggalan keluarga Sultan Ternate, bisa jadi ‘oleh-oleh’ seru buat pecinta misteri. Sebagai contoh, ada ritual Istampa yang diadakan setiap Idul Adha, dalam rangka memotong rambut yang tumbuh di dalam mahkota raja. Mistis dan unik, kan?

6. Menikmati Pemandangan Kota Ternate dari Benteng Tolukko

Image credit: @riantography

Benteng yang dulu dikenal dengan nama Benteng Hollandia ini instagrammable banget! Selain itu, kamu bisa melihat sekeliling kota dari puncak benteng. Wajib masuk ke dalam daftar kunjungan wisata Ternate, nih!

Image credit: @ilhamarch

Kalau kamu perhatikan dengan seksama, bentuk benteng ini tidak simetris, lho! Meskipun masih kokoh berdiri sejak didirikan pada tahun 1540, tetapi benteng ini mengikuti kontur bukit tempatnya berdiri. Namun hal ini tidak mengurangi keindahan Benteng Tolukko, apalagi pemerintah daerah melengkapi benteng dengan taman nan cantik.

7. Taklukkan Gunung Gamalama yang Masih Aktif

Image credit: @mexesscreamo

Sudah tiba di Ternate, luangkan untuk mendaki Gunung Gamalama. Keindahan gunung setinggi 1,715 mdpl ini harus kamu buktikan dengan mata sendiri. Melewati hutan yang semakin rimbun saat kamu mendekati puncak, lalu memandang sekeliling Pulau Ternate dari pucuk gunung. Wah, sungguh pengalaman yang luar biasa!

Image credit: @ukiwardoyo

Menurut keyakinan warga setempat, jumlah pendaki harus genap. Jika ganjil, akan terjadi kecelakaan.Di samping mendoakan para pendaki, para tetua juga mengadakan ritual Kololi Kie, yaitu mengitari Gunung Gamalama dan mengunjungi tempat-tempat keramat di sekitarnya untuk memohon keselamatan Pulau Ternate. Tradisi ini digelar setiap April, waktu yang tepat untuk mengunjungi Ternate, nih!

8. Sejuta Misteri di Danau Tolire

Image credit: @adriyansyahphotography

Danau yang bernuansa magis di kaki Gunung Gamalama ini menyimpan beberapa mitos. Sebagai contoh, Portugis menenggelamkan harta rampasan dari kesultanan dan rakyat Ternate di danau ini. Sayangnya, kalau kamu tertarik untuk mencarinya, konon ada buaya putih yang berdiam di dasar danau. Percaya?

Image credit: @naim1218

Danau Tolire terdiri dari Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil yang letaknya berdekatan. Memiliki pemandangan yang sama-sama indah, tapi dengan pesonanya masing-masing. Maka dari itu, kamu harus pandai mencari angle berfoto agar dapat mengabadikan setiap sudut Danau Tolire.

9. Bercermin di Atas Permukaan Air di Pantai Sulamadaha

Image credit: @rvanmy

Tak sabar ingin bermain air selepas memandangi Danau Tolire? Berkunjunglah ke Pantai dan Hol Sulamadaha. Jika kamu ingin menjelajah laut dengan perahu, termasuk untuk menyeberang ke Pulau Hiri, kamu bisa menuju Pantai Sulamadaha. Kalau kamu hendak menyelam, maka entry point berada di Hol Sulamadaha.

Image credit: @lensaawe

Air laut yang jernih memungkinkan kamu melihat ke dasar laut, dan membuat kapal tampak mengawang di permukaan air. Yakin deh, kamu tak akan mampu menahan diri untuk terjun dan merasakan langsung kesegaran laut Ternate.

10. Temukan Pantai Rahasia di Pulau Hiri

Image credit: @ariarahman_

Apa yang terlintas di benakmu saat melihat foto Pantai Tomajiko? Ya, bongkahan batu yang disebut ‘Gurabala’ ini mungkin mengingatkanmu dengan Pulau Nusa Penida, Bali. Namun begitu, Pulau Hiri yang bisa kamu kelilingi dengan berjalan kaki tak kalah indah dengan Nusa Penida, bahkan menyimpan permata tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan! Penasaran?

Image credit: @fihim_k

Berenang di Pantai Tomajiko memang kurang disarankan karena pantainya berbatu dan arus lautnya kencang.

Image credit: @nanchoachilles

Akan tetapi, cukup banyak tempat yang aman untuk berfoto, sehingga kamu bisa menghiasi feeds Instagram-mu dengan post yang akan membuat iri teman-temanmu.

11. Tantangan Night Diving di Talaga Nita

Image credit: @donnyaudi

Belum puas diving di Ternate? Bagaimana jika mencoba menyelam pada malam hari? Ya, banyak wisatawan mancanegara melakukan ‘uji nyali’ dengan night diving dari titik masuk Talaga Nita. Maklum, airnya sangat jernih dan sekeliling pantai diterangi dengan lampu dari kota.

Image credit: @tukang.baronda

Wisata Ternate yang menakjubkan ini diramaikan oleh terumbu karang padat dan makhluk laut yang unik seperti kuda laut kerdil (pygmy seahorse). Benar-benar pengalaman yang tiada duanya!

Image credit: @travendom

Mau sekadar duduk-duduk di pinggir pantai juga tidak salah, kok! Ombak yang tenang (dan kamu bisa menemukan ‘danau’ yang dangkal seperti pada foto di atas) dijamin bisa mendinginkan pikiranmu.

12. Perjuangan yang Membuahkan Hasil di Pantai Jikomalamo

Image credit: @agamsatria_

Jangan heran jika kamu mengunjungi pantai ini dan suasananya sangat sepi! Pantai Jikomalamo masih belum bisa dijangkau dari darat. Satu-satunya cara untuk mencapai pantai ini adalah dengan menggunakan perahu dari Pantai Sulamadaha. Akan tetapi, untuk penggila diving maupun snorkeling, titik ini tidak boleh dilewatkan.

Image credit: @elislami

Karena aksesnya yang cukup sulit, tidak ada penjual makanan atau fasilitas publik apapun. Namun begitu, jerih payahmu akan terbayar saat memandangi terumbu karang yang masih asli dan alami. Dengan panjang garis pantai yang hanya 100 meter, mengunjungi wisata Ternate ini akan membuatmu merasa seperti berada di kolam renang terbuka.

13. Abadikan Pemandangan Uang Seribuan di Danau Ngade/Laguna

Image credit: @lynnhalianto

Kalau kamu termasuk turis yang ingin mengunjungi Ternate karena gambar Pulau Maitara dan Tidore yang diabadikan pada uang pecahan seribuan, inilah tempat yang tepat untuk melihat kedua hal tersebut. Walaupun Danau Ngade atau Danau Laguna berdekatan dengan laut, tetapi warna airnya selalu kehijauan. Istimewa, kan?

Image credit: @ilhamarch (kiri atas), @pangestu.polii (kiri bawah), dan @aan_rahman0107 (kanan)

Wisata Ternate yang menakjubkan ini sudah lumayan terawat dan dilengkapi dengan anjungan untuk berfoto, termasuk ayunan yang menggantung di atas danau. Kamu juga bisa menikmati santapan khas Ternate di restoran apung yang berada di pinggir danau.

14. Benteng Kalamata yang Memanjakan Mata

Image credit: @udisetiawan_

Rasanya tidak berlebihan jika Ternate dijuluki pulau seribu benteng. Menutup jalan-jalanmu di Ternate, kunjungi peninggalan Portugis lainnya, yaitu Benteng Kalamata. Benteng yang sempat rusak karena abrasi laut ini, sudah dipugar oleh pemerintah daerah sehingga kembali tampak gagah dan kokoh. Untuk bisa memasuki benteng ini, tidak dipungut biaya, lho!

Image credit: @azwar.aslam

Mampir ke benteng yang berjarak 750 meter dari Pelabuhan Bastiong ini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang Pulau Maitara dan Tidore. Tentunya sayang untuk dilewatkan!

Baca Juga: 15 Destinasi Wisata Di Ambon Dan Sekitarnya Yang Sangat Fenomenal

Siapa sangka Ternate memiliki begitu banyak destinasi wisata yang memesona? Segera rancang itinerary atau ikuti open trip untuk memenuhi hasrat traveling-mu. Ternate, I am coming!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru