13 Tempat Wisata Kuliner Di Malioboro Yang Menggoyang Lidah Dan Murah

Sudah tahu akan kemana jika ingin belanja oleh-oleh dengan harga murah di Yogyakarta, kan? Yup, kawasan Malioboro adalah jawabannya. Jalan sepanjang kurang lebih dua setengah kilometer tersebut, yang menurut sejarahnya dimulai dari perempatan Tugu Jogja hingga perempatan kantor pos, seakan menawarkan segudang pilihan barang dan cinderamata unik yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah.

Namun, Malioboro bukan hanya soal belanja oleh-oleh. Wisata kuliner di Malioboro juga harus masuk dalam agenda wisata kamu bila ke Jogja. Seperti halnya souvenir dan cenderamata yang ditawarkan, ragam kuliner di Malioboro juga sangat variatif. Mau yang pedas, manis, asin, gurih, hampir semua jenis makanan tersedia dan bisa menjadi pilihan untuk memanjakan perut dan lidah kamu.

Bagi yang tertarik wisata kuliner di Malioboro, tanpa khawatir dijebak dengan harga yang melangit, 13 tempat di bawah ini bisa menjadi rekomendasi untuk dipilih. Dijamin kenyang dan puas, lho!

1. Mie Ayam Grabyas, Kuliner Laziz Tengah Malam

Image credit: @nongkrongasikjogja

Ingin wisata kuliner di Malioboro saat malam hari, Mie Ayam Grabyas bisa menjadi salah satu destinasi yang layak dikunjungi. Meski baru buka pada tengah malam, kamu harus bersusah payah dan antri untuk bisa merasakan seporsi mie ayam yang terkenal ini.

Image credit: @voilajogja

Dalam satu porsi mie ayam, selain suwiran ayam sebagai isian, juga disertakan kulit ayam goreng untuk menambah cita rasa. Kuahnya yang gurih memberikan keistimewaan tersendiri dalam hal rasa, yang membuat kenikmatan menikmati seporsi kuliner ini pada tengah malam menjadi semakin bertambah.

Lokasi: Jl. Malioboro No.60, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 23.30 hingga 03.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

2. Gudeg Mbah Lindu Yang Tidak Lekang Oleh Waktu

Image credit: @gilangbraja

Hampir semua penjual gudeg ternama di Jogja sudah mewariskan usahanya ke generasi berikutnya. Namun tidak demikian dengan Mbah Lindu. Berjualan sejak masa penjajahan Jepang, Gudeg Mbah Lindu memiliki ketenarannya sendiri. Sang penjual, Mbah Lindu, yang nyaris berusia satu abad, juga masih setia memberikan layanan terbaiknya secara langsung kepada pelanggannya.

Image credit: @peresthu

Mbah Lindu juga terkenal ramah dan bersedia bercerita mengenai perjalanan sejarah yang dijalaninya, termasuk bertransaksi dengan mata uang benggol dan sen. Dia juga menjadi saksi sejarah kedatangan Jepang ke Indonesia. Saat makan di warung gudeg Mbah Lindu, kamu juga bisa merasakan kesederhanaan khas Jogja. Tapi jangan pertanyakan cita rasa yang ditawarkan, karena konon kabarnya, rasa gudegnya masih sama dengan era penjajahan di masa silam. Sehat dan panjang umur ya, mbah!

Lokasi: Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

3. Sarapan asyik di depan stasiun, Soto Lenthok Pak Gareng

Kawasan Malioboro selalu asyik untuk dinikmati wisatawan, termasuk di waktu pagi. Menambah keseruan, kamu bisa menikmati Soto Lenthok Pak Gareng yang berada di depan Stasiun Kereta Api Tugu, sembari menikmati keriuhan pagi di kawasan Malioboro.

Image credit: @merekammakan

Dengan menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya, soto ayam ini banyak menarik minat wisatawan karena rasanya yang gurih dan sedap. Belum lagi beragam tambahan yang bisa kamu ambil untuk menambah keseruan menikmati soto. Sayangnya, porsinya terbilang sedikit dan tidak cukup mengenyangkan, setidaknya untuk saya pribadi. 😀

Lokasi: Jl. P. Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 06.00 hingga 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR untuk seporsi soto campur, dengan lauk memiliki harga tersendiri, mulai dari 500 IDR untuk lenthok dan kerupuk, hingga 9,000 IDR untuk paha ayam

4. Sarapan sehat di Pecel Madiun Berkat

Yang tertarik menikmati pecel, salah satu warung yang bisa kamu datangi adalah Pecel Madiun Berkat. Dengan menggunakan gerobak sebagai lapak, warung ini hanya buka di pagi hari hingga pukul 09.00 dengan menempati pelataran parkir motor tepat di depan Mall Malioboro.

Image credit: @jajanyogya

Satu porsi nasi pecel bisa dikatakan memanjakan lidah penikmatnya. Saus kacang yang sedikit pedas dan gurih, mengguyur sayuran rebus seperti bayam dan kacang panjang memberikan kelezatan tersendiri. Lauk tambahan, seperti tempe, telur ceplok ataupun dadar, dan rempeyek, bisa kamu sertakan untuk memberikan kenikmatan ekstra menyantap makanan sehat ini. Pas kan untuk menu sarapan di itinerary wisata kuliner di Malioboro kamu?

Lokasi: Depan Mall Malioboro, Jl. Malioboro, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 06.00 hingga 09.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi pecel dengan lauk telur dan teh panas

5. Kuliner wajib coba, Gudeg Yu Narni

Image credit: @jogjataste

Mungkin gudeg yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum, cabangnya juga ada di kawasan Malioboro. Namun jika kamu ingin mencoba sajian yang sedikit berbeda, namun dengan kualitas yang tidak kalah, Gudeg Yu Narni di selatan Tugu Jogja bisa menjadi destinasi yang kamu tuju.

Image credit: @jogjataste

Warung sederhana ini menjadi cikal bakal gudeg Yu Narni, yang kemudian menjadi salah satu penyedia kuliner gudeg terkenal di Jogja. Dengan mengkhususkan diri sebagai penyedia gudeg kering, warung ini memberikan banyak pilihan lauk, serta opsi oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tertarik?

Lokasi: Jalan Margo Utomo, Jl. Kb. Dalem, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 06.00 hingga 22.00 WIB
Harga: Satu porsi gudeg mulai dari 8,000 IDR, sementara satu porsi nasi gudeg mulai dari 12,000 IDR

6. Menikmati kesegaran sekoteng dalam bentuk es, Es Sekoteng Ketandan

Sekoteng biasanya disajikan panas-panas. Namun di Jalan Ketandan, belakang Ramayana, kamu bisa menikmati es sekoteng dengan cita rasa yang tiada duanya. Nikmat banget, lho!

Image credit: @eghy_foodie

Dalam semangkuk es sekoteng ini, kamu akan mendapati beragam isian yang menyegarkan. Kolang kaling, cincau, agar-agar dan tape ketan hijau masuk dalam mangkuk dengan kuah dan tambahan es, yang menjamin siapapun penikmatnya akan mendapatkan rasa dan sensasi menyegarkan. Yummy!

Lokasi: Jl. Ketandan Kulon, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 17.00 hingga 20.30 WIB
Harga: 10,000 IDR per porsi

7. Pelopor Italian Gelato di Jogja, Artemy Italian Gelato

Image credit: @o.ardy.y

Es krim di Jogja yang ini menyuguhkan cita rasa Italian gelato di setiap scoopnya. Penikmatnya dijamin akan merasakan kenikmatan yang tidak biasa.

Image credit: @lucianachristanti

Ada 24 varian rasa gelato yang ditawarkan, yang berarti opsi kamu sangat melimpah untuk menikmati beragam es krim yang asyik. Belum lagi interior ruangan yang dibuat klasik tanpa meninggalkan aspek cozy. Asyik banget, lho!

Lokasi: Jl. Perwakilan No.5, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 11,000 IDR per scoop

8. Lumpia Samijaya, Camilan Asyik Di Emperan Toko

Kalau kamu sedang jajan di kawasan Malioboro, kamu harus mencicipi lumpia Samijaya. Tidak hanya gurih, isian lumpianya juga begitu nikmat. Mulai dari rebung, bengkuang, hingga telur puyuh, lumpia Samijaya memang sudah menjadi buruan sejak dulu, bahkan tidak jarang para wisatawan menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Image credit: @ammamamo

Lokasi: Depan toko Samijaya, Jl. Malioboro No.18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 3.500 IDR hingga 4.000 IDR per biji, tergantung isian

9. Spot Makan Sekaligus Diskusi di Angkringan Pak Jabrik/Angkringan KR

Kamu pasti mengingat Jogja saat mendengar kata ‘angkringan’. Salah satu angkringan terpopuler di Jogja adalah Angkringan KR. Bukan hanya letaknya yang strategis, menu yang disajikan juga lengkap. Kamu juga bisa bebas memilih untuk makan sambil lesehan atau menggunakan dingklik, alias kursi kecil yang terbuat dari kayu.

Image credit: @jogjafood

Lokasi: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari 1.000 IDR untuk setiap menu

10. Menikmati Kopi Joss di Angkringan Lik Man

Image credit: @infojogja.co

Ingin ngopi di Jogja tapi bingung mau ke mana? Langsung saja ke Angkringan Lik Man! Di sini, kamu bisa mencicipi kopi joss; kopi hitam dengan tambahan arang panas yang membara di dalamnya. Popularitas kopi ini juga sudah sangat mendunia, jadi bagi kamu yang belum pernah mencobanya, jangan lupa untuk mengunjungi kedai ini ya! Untuk wisata kuliner di Malioboro yang ini, dijamin mantap!

Image credit: @sazhabusha

Lokasi: Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: 4.000 IDR per gelas

11. Soto Ayam 61, Kuliner Soto Yang Melegenda

Wisata kuliner di Malioboro kamu tidak akan lengkap jika tidak menikmati Soto Ayam 61. Warung yang berdiri sejak 1976 ini menawarkan kuliner yang enak dan mengesankan, juga tidak menyiksa kantong traveler dengan budget minimalis.

Image credit: @sotoayam61

Soto ayam yang disajikan pas dinikmati, baik saat sarapan, brunch atau makan siang. Kuah yang melimpah memberikan kesegaran tersendiri kala menikmatinya. Apalagi rasa soto yang sedap dan nikmat. Lauk yang ditawarkan juga variatif, pas untuk menemani aktivitas makan kamu.

Lokasi:  Jl. Margo Mulyo No.61, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 06.00 hingga 16.30 WIB
Harga: 11,000 IDR per porsi soto ayam

12. Gado-Gado Bu Hadi, salad Jogja yang melegenda

Yang doyan dengan sayuran, tidak ada salahnya mencoba kuliner gado-gado. Salah satu lokasi terbaik untuk menikmati kuliner ini di kawasan Malioboro adalah dengan bertandang ke warung Gado-Gado Bu Hadi.

Image credit: @streetfoodstories

Berada di pasar Beringharjo Lantai 2, gado-gado ini layak masuk dalam daftar itinerary wisata kuliner di Malioboro kamu karena yang disajikan dijamin enak dan berkualitas. Satu porsi gado-gado bermaterikan ketupat, kentang, selada, kecambah, tomat, timun, telur dan kerupuk udang dengan siraman bumbu kacang yang hangat memberikan kemewahan rasa di setiap suapannya. Kamu harus coba!

Lokasi: Pasar Beringharjo lantai 2, Ngupasan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 09.00 hingga 15.30 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR per porsi

13. Kesegaran yang mengesankan di Es Dawet Mbah Hari

Bagi yang sudah lelah dan capek berkeliling kawasan Malioboro, kamu wajib mampir ke warung Es Dawet Mbah Hari di Pasar Beringharjo untuk mengembalikan kesegaran.

Image credit: @jogjakakilima

Berjualan sejak 1965, Mbah Hari menyajikan es dawet dengan cita rasa tradisional. Proses pembuatan bahan-bahan dawet juga tidak menggunakan mesin sama sekali. Alhasil, campuran cendol, cincau, santan, cairan gula jawa, nangka dan es batu menghadirkan es dawet yang menyegarkan. Maknyes!

Lokasi: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, mulai 09,00 hingga 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR per porsi

Baca juga: 6 Hotel Murah Di Malioboro Jogja Dengan Kolam Renang Untuk Liburan Budget Kamu

Dari spot wisata kuliner di Malioboro yang ada di atas, kamu tertarik mencoba yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru