AirAsia Buka Kembali Penerbangan Rute Domestik Secara Terbatas

AirAsia sempat menghentikan sementara layanan penerbangannya pada 1 April 2020 untuk mendukung upaya pemerintah mengatasi penyebaran virus corona Covid-19. Namun penghentian operasional tersebut akan segera berakhir setelah AirAsia menyatakan akan membuka kembali layanan penerbangan rute domestik secara terbatas di sejumlah negara di Asia.

AirAsia akan membuka layanan penerbangan dengan rute domestik secara bertahap dengan terus memantau situasi dan kebijakan pembatasan wilayah setiap daerah. Ada pun negara di mana AirAsia akan membuka kembali layanan penerbangan rute domestiknya adalah Malaysia, Thailand, Filipina, India dan Indonesia.

Di Indonesia, AirAsia akan membuka kembali layanan penerbangan rute domestik secara terbatas mulai 7 Mei 2020, tergantung pada persetujuan otoritas penerbangan Indonesia. Sementara di Malaysia, layanan penerbangan rute domestik secara terbatas dimulai pada 29 April 2020, sedangkan Thailand dan Filipina pada 1 Mei 2020, dan India pada 4 Mei 2020.

Rute penerbangan ini telah tersedia dan bisa dipesan di situs resmi dan aplikasi maskapai asal Malaysia tersebut. Tiket juga bisa didapatkan dengan menggunakan saldo akun kredit yang dimiliki calon penumpang.

Dalam siaran persnya, AirAsia mengungkapkan rasa senang mereka bisa segera terbang kembali melayani pelanggan, dan berharap bisa beroperasi penuh sesegera mungkin. Diungkapkan President (Airlines) AirAsia Group Bo Lingam, pihaknya telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap Covid-19, bekerja sama dengan otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan guna menjamin perjalanan yang aman dan nyaman bagi semuanya.

Untuk mewujudkan kenyamanan dan keamanan penumpang, AirAsia melengkapi setiap pesawat mereka dengan penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit dan akan melakukan proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai penerbangan. Sementara untuk calon penumpang, AirAsia menyarankan untuk menerapkan langkah pencegahan umum seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan menjaga higienitas diri selama penerbangan.

Sebelumnya, AirAsia menyatakan menghentikan sementara layanan penerbangan mulai 1 April 2020 untuk semua penerbangan di rute domestik maupun internasional. Kebijakan tersebut diambil untuk mendukung upaya pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19.

Baca juga: Penerbangan AirAsia Indonesia Dihentikan Sementara Mulai 1 April 2020

Meski sudah ada pilihan untuk terbang ke rute-rute domestik dari AirAsia, pertimbangkan kembali untuk urgensi bepergian ke tempat lain di tengah pandemi Covid-19, guys!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru