5 Aktivitas Seru Saat Nyepi Di Bali Untuk Liburan Berkesan Dan Menyenangkan

Pernah membayangkan seperti apa suasana dan kondisi saat Hari Raya Nyepi di Bali? Atau malahan kamu malah memiliki ketertarikan untuk bisa berlibur ke Pulau Dewata saat umat Hindu Bali melakukan empat pantangan, atau yang biasa dikenal dengan brata penyepian?

Well, jika kamu memiliki sikap toleran, rasa hormat terhadap sesama dan empati yang tinggi, liburan ke Bali saat Nyepi bisa menjadi pengalaman wisata dan religi yang menarik untuk diikuti, bahkan bisa menjadi momen yang sangat berkesan. Bayangkan, selama 24 jam, mulai dari satu momentum terbit fajar hingga momentum terbit berikutnya, kamu bisa menikmati Bali dengan nuansa yang sepenuhnya berbeda, suasana yang khusyuk dan syahdu serta kualitas udara dan pesona alam yang jauh lebih istimewa.

Para wisatawan yang berada di Bali saat Nyepi juga wajib menghormati pantangan yang ada, antara lain amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Jika melanggar, polisi adat atau pecalang yang mengawasi ketertiban saat pelaksanaan Nyepi bisa mengambil tindakan.

Namun demikian, bukan berarti kamu bakal mati gaya selama 24 jam saat Nyepi di Bali. Faktanya, banyak aktivitas seru saat Nyepi di Bali yang bisa kamu lakukan, tanpa harus meninggalkan hotel kamu, tentunya dengan tetap menghormati umat Hindu menjalankan hari rayanya. Apa saja aktivitas seru tersebut, cek daftarnya di sini!

1. Mendengarkan alam, menikmati udara yang menyegarkan

Image credit: @e.lights

Well, saat Nyepi di Bali, kamu akan bisa menikmati suasana alam yang sepenuhnya, meskipun kamu bakal ‘terkurung’ di lingkungan hotel. Jika kamu memilih akomodasi berkonsep alam sebagai tempat menginap, dijamin kamu akan mendapatkan sensasi yang istimewa, termasuk nuansa menyatu dengan alam. Tidak ada keramaian, tidak ada pula hingar bingar suara kendaraan. Yang terdengar murni nyanyian alam, dari tiupan angin hingga nyanyian hewan seperti serangga dan burung.

Di saat yang sama, saat Hari Raya Nyepi, kamu bisa menghirup udara yang segar. Tidak adanya aktivitas berarti tidak ada pula lalu lalang kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi di jalanan. Alhasil, udara yang ada di sekitar kamu menjadi lebih segar. Jika sudah begini, Bali akan menjadi semakin menarik untuk didatangi dan dinikmati.

Fakta unik: Hari Raya Nyepi berhasil mereduksi emisi dari gas Karbon Dioksida (CO2) sebanyak 20,000 ton dalam sehari. Wow!

2. Dari yoga hingga spa, memaksimalkan fasilitas hotel

Image credit: @taramichellebrose

Jika ingin merasakan liburan saat momentum Nyepi di Bali, usahakan bisa mendapatkan akomodasi yang memiliki fasilitas lengkap. Pasalnya, selama berada di akomodasi tersebut, sepanjang momentum Nyepi, kamu memiliki pilihan aktivitas seru untuk dilakukan di lingkungan hotel, resort atau tipe akomodasi apapun yang kamu pilih.

Dengan tetap menunjukkan toleransi dan rasa hormat kepada mereka yang merayakan Nyepi, kamu bisa memaksimalkan setiap fasilitas yang dimiliki hotel untuk mengisi waktu. Mulai dari aktivitas yoga, bersauna, massage hingga spa, aktivitas ini menjadi salah satu aktivitas ngehits yang dilakukan wisatawan selama berada di Bali saat Nyepi. Tidak sedikit pula yang memaksimalkan kolam renang yang menjadi fasilitas hotel untuk beraktivitas.

3. Membuka jendela dunia lewat buku

Suasana yang tenang, udara yang segar dan atmosfer keseluruhan yang mendukung dijamin akan membuat waktu bersantai kamu semakin berkualitas. Namun, ketimbang bersantai sambil melamun, mengapa tidak sekaligus menambah wawasan dengan membaca buku?

Aktivitas ini mungkin terlihat membosankan, tapi membaca buku menjadi salah satu kegiatan paling produktif untuk menambah pengetahuan. Bagi yang gemar travelling, mengapa tidak membaca buku yang semakin menginspirasi sekaligus menjadi bekal kamu untuk menjelajah dunia?

4. Menikmati stargazing yang mengesankan

Image credit: @amrazing

Tidak ada aktivitas yang paling seru saat Nyepi di Bali selain menikmati pemandangan langit di waktu malam. Bayangkan, dengan tidak adanya cahaya yang menerangi Bali selama semalaman, kamu mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk ber-stargazing.

Momen ini juga bisa menjadi aktivitas yang tepat mengenalkan si kecil pada dunia astronomi yang keren. Melihat bintang jatuh, menatap galaksi hingga mencari rasi bintang yang asyik bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk liburan di Bali saat Nyepi. Kamu tertarik?

5. Maraton film dengan nyaman, atau mobile gaming

Bagi movigoers dan mobile gamers, momen Nyepi di Bali bisa menjadi momen yang tepat untuk sejenak melupakan liburan dan kembali ke hobi kamu. Ya, seharian tanpa bisa keluar kamar hotel, atau keluar dari lingkungan hotel, bisa kamu maksimalkan dengan menyaksikan film-film indie atau film box office, atau bahkan drama korea kesukaan kamu.

Untuk para mobile gamers, tidak ada salahnya juga seru-seruan bertarung dengan lawan di seberang sana, baik lewat game PUBG hingga Mobile Legends atau apapun yang menarik perhatian kamu. Tapi awas, jangan sampai bikin ribut dan teriak-teriak tidak jelas dan penuh emosi, ya!

Baca juga: 15 Tempat Wisata Di Karangasem, Bali Yang Mengesankan Dan Tidak Boleh Dilewatkan

Apakah kamu punya rekomendasi aktivitas seru saat Nyepi di Bali lainnya? Mengapa tidak berbagi dengan kami di sini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru