10 Aktivitas Wisata Di Hokkaido Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk liburan Berkesan

Jika Anda memiliki rencana berlibur di Jepang, tidak ada salahnya mempertimbangkan wisata di Hokkaido. Pasalnya, pulau utama paling utara di Jepang ini menawarkan beragam hal spesial yang menarik untuk dinikmati bagi wisatawan mancanegara.

Pesona alam yang ditawarkan di Hokkaido bisa dikatakan sangat lengkap, mulai dari pegunungan, dataran tinggi, sungai, danau, laut dan bahkan langitnya yang biru. Banyak juga aktivitas seru yang bisa Anda lakukan untuk aktivitas liburan, mulai dari bermain ski saat musim dingin, melihat lumba-lumba dan paus, aktivitas arung jeram, menunggang kuda atau sekadar trekking di daerah berhutan hingga menaiki balon udara, yang pastinya akan membuat liburan Anda di Hokkaido berakhir dengan mengesankan.

Untuk menikmati keseruan wisata di Hokkaido, daftar kegiatan dan destinasi di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi Anda beraktivitas. Selamat wisata di Hokkaido!

1. Menikmati dunia penuh warna di Furano dan Biei

Hokkaido terkenal dengan festival salju, resort ski serta pemandangan khas pedesaan yang indah dan luar biasa. Baik di musim dingin maupun musim panas, kawasan ini menyajikan pesona yang istimewa, terutama di Furano dan Biei, yang menawarkan panorama cantik biru dan hijau.

Taman bunga lavender menjadi destinasi yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Furano dan Biei. Hamparan lavender di Farm Tomita, yang merupakan destinasi nomor satu di Furano menurut TripAdvisor, dijamin akan membuat siapapun yang datang bakal tersihir karena keindahannya.

Image credit: Tony_Wu

Farm Tomita sejatinya memiliki beragam taman dan perkebunan dengan berbagai jenis bunga. Namun bunga lavender-lah yang membuat lokasi ini mendunia. Pada awal hingga pertengahan Juli menjadi momen yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini guna menyaksikan kebun lavender yang bermekaran indah.

Shikisai-no-oka di Biei juga harus masuk dalam itinerary Anda untuk wisata di Hokkaido. Tidak hanya menyajikan padang buka seperti di Farm Tomita, ada juga peternakan alpaka, yang pastinya akan menjadi destinasi yang asyik untuk anak-anak karena kesempatan berinteraksi dan memberi makanan langsung hewan lucu ini.

Image credit: dSLRartist

Destinasi wisata lain di Furano dan Biei yang juga tidak boleh dilewatkan adalah mengunjungi Shirogane Blue Pond. Kolam yang juga merupakan bagian dari sistem penanganan erosi untuk melindungi Kota Biei jika Gunung Tokachidake erupsi tersebut memiliki keistimewaan dalam hal pemandangan yang ditawarkan. Warna biru pada air di kolam membuat danau kecil ini menawarkan pesona yang cantik sekaligus Instagenik.

Image credit: basti_m28

Bukan hal yang sulit untuk bisa sampai ke Furano dan Biei. Dengan menaiki Kereta Furano-Biei Norokko, Anda akan mendapatkan momen terbaik karena pemandangan istimewa yang disajikan sepanjang perjalanan, mulai dari lanskap pegunungan di satu dan padang bunga lavender di sisi lain. Kesan dan pemandangan terbaik kala menaiki kereta ini adalah di bulan Juli hingga Agustus, saat bunga bermekaran. Anda bisa menggunakan JR Pass untuk menaiki kereta ini.

Image credit: We Are Tomodachi

2. Masuk ke dunia penuh keajaiban di Doraemon Waku Waku Sky Park

Tertarik melihat seperti apa Pintu Ajaib? Penasaran dengan yang namanya Baling-Baling Bambu? Ingin bertemu dengan Nobita, Shizuka, Suneo, Giant dan pastinya Doraemon? Langsung datang aja ke dunia penuh keajaiban Doraemon Waku Waku Sky Park di Bandara New Chitose.

Image credit: MIKI Yoshihito

Berada di lantai tiga bandara di Hokkaido ini, destinasi wisata untuk keluarga ini memiliki beragam zona, yang tidak hanya pas untuk dijadikan destinasi bersenang-senang, tapi juga untuk menambah pengetahuan dan mengasah kreativitas.

Image credit: New Chitose Airport Terminal

Di zona Taman, Anak-Anak dan Permainan misalnya, di mana Anda dan buah hati bisa bermain sepuas hati memainkan beragam permainan yang menarik. Anda juga bisa masuk ke dunia kreatif bersama si kecil dan mengembangkan imajinasi di zona workshop dan perpustakaan.

Image credit: New Chitose Airport Terminal

Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan karena di Doraemon Waku Waku Sky Park juga memiliki kafe untuk menikmati beragam sajian yang asyik, mulai dari kue hingga pizza dengan tema karakter buatan Fujiko F. Fujio ini. Tertarik membeli oleh-oleh yang identik dengan Doraemon, Anda bisa langsung menuju ke gift shop yang tersedia.

3. Berwisata kuliner di Hokkaido

Bukan hanya panorama dan kekayaan sejarah serta budaya yang membuat Hokkaido begitu ikonik, kuliner yang ditawarkan juga menjadikan pulau yang dulunya bernama Ezo ini sangat terkenal. Menikmati makanan lokal wajib dimasukkan dalam itinerary wisata di Hokkaido Anda. Lima kuliner lokal ini menjadi sajian yang harus Anda coba.

  • Butter Corn Ramen

Image credit: ianbaecht

Menikmati sajian yang hangat di Hokkaido yang dingin adalah keharusan. Kuliner yang paling tepat untuk itu adalah Butter Corn Ramen. Kuah ramen yang hangat dengan tambahan mentega dan jagung di dalamnya dijamin akan memberikan sensasi rasa yang istimewa di lidah Anda.

  • Genghis Khan (Jingisukan)
Image credit: John Chandratat

Nama kuliner ini memang mirip dengan pendiri Kerajaan Mongolia. Terlepas dari itu, makanan sejenis yakiniku atau daging panggang ala Jepang, memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Lumrah saja karena daging yang digunakan sebagai bahan utama kuliner ini adalah berasal dari daging domba, bukan daging sapi.

  • Kepiting Hokkaido
Image credit: Shayne Hill

Jika ingin menikmati seafood yang istimewa, Anda harus menyempatkan diri mendatangi salah satu pasar ikan yang ada di Hokkaido dan memesan sashimi kepiting. Anda juga bisa memesan beragam masakan dengan bahan dasar kepiting karena Hokkaido menjadi salah satu penyuplai kepiting berkualitas di Jepang.

  • Produk olahan Susu Hokkaido
Image credit: awee_19

Hokkaido termasuk salah satu penghasil susu terbaik di Jepang. Banyak juga olahan susu yang diproduksi di Hokkaido dengan kualitas terbaik. Jika ingin menikmati beragam produk olahan dari susu berkualitas, termasuk di antaranya keju terbaik, Anda bisa mendapatkannya di sini.

  • Uni Ikura Donburi
Image credit: Eiji Kodaka

Selain kepiting, seafood lain yang harus Anda coba saat liburan dan wisata di Hokkaido adalah dengan menikmati uni (sea urchin) dan juga ikura (telur ikan salmon). Kuliner yang paling pas untuk mendapatkan cita rasa terbaik dari dua bahan tersebut adalah dengan gaya Donburi, yaitu hidangan nasi yang di atasnya ditaruh lauk di atasnya, dalam hal ini uni dan ikura.

4. Memanjakan lidah dengan kuliner khas Jepang yang halal di Sapporo

Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir saat wisata di Hokkaido, Jepang, terutama jika berkaitan dengan makanan. Faktanya, ada banyak tempat makan yang menyajikan menu halal di Sapporo dengan tetap menjaga cita rasa khas lokal, yang pastinya akan memberikan kesan tersendiri yang tidak terlupakan. Lima restoran ramah Muslim ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin berburu masakan halal di Hokkaido.

  • Kirin Beer Garden
Image credit: Kirin Beer

Nama restoran ini memang memiliki kata ‘Beer’ di dalamnya, namun bukan berarti masakan yang disajikan tidak memenuhi kategori halal. Di sini, Anda bisa menikmati kuliner khas Hokkaido yang aman dan halal, termasuk di antaranya Genghis Khan (Jingisukan).

  • Horyu Ramen
Image credit: Halal Japan

Pecinta ramen bisa mengunjungi restoran yang sudah menyajikan ramen nikmat khas Sapporo sejak 1957 itu. Pengelola restoran juga memberikan layanan khusus bagi pengunjung muslim, mulai dari menu halal hingga peralatan makan khusus. Sajian yang paling favorit di restoran ini adalah Miso Ramen, dan Anda harus datang awal untuk menghindari antrian panjang untuk menikmati kuliner ini.

  • Warung Jawa
Image credit: Halal Trip

Ke Hokkaido, Jepang tapi merindukan nasi rames, rawon atau bahkan nasi campur? Tidak usah bingung, Anda bisa langsung menuju ke Warung Jawa di Sapporo. Ya, warga muslim Indonesia yang berdomisili di Sapporo membuka restoran khas masakan Jawa dengan cita rasa yang lezat dan dijamin halal.

  • Farm to Table TERRA
Image credit: Farm to Table TERRA

Yang tertarik menikmati makanan sehat dengan semangat vegetarian, Farm to Table TERRA bisa menjadi destinasi kuliner yang pas untuk dikunjungi di Sapporo. Selain menawarkan makanan ramah untuk Muslim, cita rasa lezat juga bisa dijaga. Selain itu, desain interior yang cantik menambah daya tarik untuk berkunjung ke restoran dengan Japanese Cheeseburger sebagai salah satu menu paling favorit ini.

  • Fugetsu Sapporo
Image credit: Halal Food Blog

Ingin menikmati okonomiyaki dan yaki soba, Fugetsu Sapporo bisa menjadi restoran yang dituju. Selain karena menawarkan menu halal dan enak, lokasinya juga berada di tempat yang strategis, dekat dengan Stasiun Sapporo. Harga setiap menunya juga sangat terjangkau, lho!

5. Memanjakan mata dan hati di Danau Toya

Yang ingin memberikan vitamin untuk mata dan ketenangan pada hati Anda, mengunjungi Danau Toya bisa menjadi alternatif yang diambil. Bukan hanya karena keindahan pemandangan yang memberikan hiburan tersendiri untuk mata Anda, nuansa tenang dan asri juga akan membantu menurunkan tingkat stres Anda.

Image credit: Jesper Rautell Balle

Perpaduan danau yang jernih dengan gunung dan pepohonan sebagai latar belakangnya memberikan sensasi tersendiri yang tidak bisa diabaikan. Belum lagi keunikan yang ditawarkan, di mana airnya tidak membeku meski sudah memasuki musim dingin.

Image credit: AdrienG

Untuk mendapatkan kesan terbaik menikmati panorama alam dan lanskap di sekitar Danau Toya, Anda bisa menuju ke puncak Gunung Usu dengan menggunakan kereta gantung. Anda juga akan mendapati pesona kawah Gunung Usu yang terbentuk oleh letusan terdahsyat pada 1977.

6. Noboribetsu Date Jidaimura, merasakan kehidupan Jepang di masa lampau

Pernah membayangkan seperti apa kehidupan warga Jepang di masa lampau? Ingin juga merasakan kehidupan warga Jepang di era samurai? Jika tertarik untuk melihat hal semacam itu, mengunjungi Noboribetsu Date Jidaimura bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dimasukkan dalam itinerary wisata di Hokkaido.

Image credit: Shao Hua

Destinasi wisata ini merupakan taman hiburan, yang akan membawa pengunjungnya kembali ke era Edo, salah satu zaman paling menarik dalam sejarah Jepang. Ada banyak pertunjukan seni dan kebudayaan tradisional ditampilkan di sini, mulai dari pertunjukan ninja, penampilan tari-tarian khas Jepang di Oiran show, atraksi komedi dari maskot mereka di Nyan Mage Show hingga pertarungan samurai di Samurai Show.

Image credit: Shao Hua

Tidak hanya itu saja, taman hiburan ini juga memberikan Anda kesempatan untuk melihat perkampungan Jepang di era Edo. Anda juga bisa mencicipi kuliner khas daerah setempat sembari berkeliling taman. Sejumlah tempat juga memiliki pemandangan yang asri dan Instagrammworthy, pas untuk dijadikan latar berfoto.

7. Menikmati pesona bunga matahari di Festival Bunga Hokuryu

Berada di hamparan bunga yang bermekaran selalu menjadi momen yang mengesankan. Anda bisa mengunjungi Festival Bunga Matahari Hokuryu untuk mendapatkan sensasi berada di hamparan bunga matahari berwarna kuning yang bermekaran.

Image credit: @jinglevart

Berlokasi di antara Asahikawa dan Sapporo, perbukitan di Desa Hokuryu menawarkan pesona jutaan bunga matahari yang mekar di setiap musim panas, antara Juli akhir hingga pertengahan Agustus. Pemandangan kuning cerah yang terhampar di lahan yang luas membuat Anda tidak bisa mengatakan tidak untuk berfoto di sini.

Image credit: @hokkaido_life_travel

Selain panorama yang memanjakan mata, Anda juga bisa menikmati camilan bibit bunga matahari atau es krim dengan rasa bunga matahari. Yang suka dengan tantangan, Anda bisa menjelajahi labirin dari bunga matahari raksasa yang ada di kebun ini. Yang paling seru adalah berkeliling kebun dengan menggunakan traktor atau dengan bersepeda.

8. One stop entertainment di Hakodate

Hakodate merupakan salah satu kota terbesar di Hokkaido. Pemandangan yang indah, gedung-gedung bersejarah, kuliner yang lezat dan beragam acara dan festival menjadikan kota ini wajib masuk dalam itinerary wisata di Hokkaido Anda.

Salah satu sudut di Taman Nasional Onuma Quasi

Gabungan nuansa perkotaan dan pesona alam menjadi keistimewaan tersendiri. Di kotanya, Anda bisa menjelajah nuansa urban dengan banyak gedung-gedung bersejarah yang mengundang untuk masuk. Memanjakan lidah di Hakodate juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Apalagi Hakodate dikenal sebagai ‘kotanya makanan gourmet’. Dikelilingi lautan, Hakodate menawarkan beragam sajian seafood segar. Yang paling terkenal dan menjadi favorit adalah Hakodate Ramen, sup seafood yang gurih. Jangan lupa juga untuk membeli buah tangan di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di Hakodate, mulai yang ada di bandara hingga stasiun kereta.

Yunokawa onsen | Image credit: @kravelist

Yang ingin berkegiatan di luar ruang, Taman Nasional Onuma Quasi bisa menjadi destinasi yang dituju. Hanya berjarak 30 menit dari kota dengan menggunakan kereta api, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan dan pesona alam yang menakjubkan. Jangan juga melewatkan kesempatan menikmati pemandian air panas dengan nuansa dan pemandangan yang asyik untuk bersantai. Yunokawa Hot Spring menjadi salah satu rekomendasi onsen yang bisa Anda kunjungi.

Image credit: Wikimedia Commons

Menikmati pesona kota Hakodate dari puncak Gunung Hakodate, terutama saat malam hari, menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan. Paginya, Anda bisa mengunjungi pasar pagi Hakodate untuk melihat aktivitas belanja yang seru dan bahan-bahan makanan yang segar.

Image credit: @ohtani_tani25

Benteng Goryokaku juga menjadi salah satu destinasi di Hakodate yang harus masuk dalam itinerary wisata di Hokkaido. Bentuk benteng yang unik dan sejarah di dalamnya menjadi hal yang menarik untuk dijelajahi.

9. Menikmati sajian kuliner istimewa di Hakodate

Selalu menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menikmati kuliner khas lokal saat mengunjungi daerah yang baru, tidak terkecuali saat berkunjung ke Hakodate. Luar biasanya, ada banyak pilihan kuliner yang bisa Anda coba dengan rasa yang istimewa. Lima kuliner di bawah ini bisa menjadi rekomendasi untuk dinikmati saat mengunjungi Hakodate.

  • Jusshunen Kinen Don di Pasar Donburi Yokocho
Image credit: Bela Round The World

Jika menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Pagi Hakodate, Anda bisa mampi di Pasar Donburi Yokocho untuk menikmati beragam kuliner seafood donburi. Dari sekian banyak pilihan yang ada, Jusshunen Kinen Don dari Ebisu Sushi Shokudo menjadi sajian yang harus Anda coba. Donburi dengan lauk spesial di atasnya menawarkan kelezatan tersendiri. Kuliner ini juga merupakan sajian khusus, yang awalnya diciptakan untuk merayakan ulang tahun Donburi Yokocho ke-10 pada 2002.

  • Catch Cheese Cake di Snaffles
Image credit: @m1ki_

Bila Anda tertarik ‘menangkap’ kebahagiaan saat menikmati kuliner khas suatu daerah, Catch Cheese Cake di Snaffles menjadi sajian yang tepat untuk itu. Tekstur yang lembut dan rasa yang manis dengan beberapa pilihan rasa, termasuk di antaranya keju dan coklat, membuat penikmatnya bisa merasakan kebahagiaan tersendiri. Anda juga menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

  • Chinese Chicken Burger di Lucky Peirot
Image credit: Hsuanya Tsai

Burger-pun bisa menjadi sajian yang khas dan menarik di Hakodate. Camilan berat ternama yang bisa Anda pilih adalah Chinese Chicken Burger yang disajikan oleh restoran cepat saji Lucky Peirot, yang sudah buka sejak 1987. Dengan rasa yang gurih, burger ini menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan.

  • Shio Ramen Hakodate
Image credit: Archisticks

Ramen dari setiap daerah di Jepang memiliki kekhasan tersendiri dan hal ini juga berlaku di Hakodate. Perbedaan khas yang bisa Anda rasakan adalah dari rasanya. Shio Ramen, yang khas dari Hakodate, memiliki kuah asin dan gurih karena berbahan dasar garam. Namun demikian, ramen ini tetap bisa dinikmati karena memberikan cita rasa yang luar biasa. Restoran Seiryuken atau Ajisai yang berada di dekat Stasiun Hakodate menjadi rekomendasi tempat untuk menikmati Shio Ramen ini.

  • Kepiting Hakodate
Image credit: Jonathan Dunn

Seafood menjadi salah satu bahan utama untuk sajian kuliner di Hakodate dan Anda tidak bisa melewatkan kesempatan menikmati masakan dari hasil laut kota ini. Menikmati kepiting Hakodate yang berukuran ekstra besar bisa menjadi seafood yang harus dicoba.

10. Menjelajahi destinasi wisata unik di Kota Abashiri

Abashiri merupakan kota di pantai timur Hokkaido, tidak jauh dari Shiretoko dan Taman Nasional Akan. Dengan jumlah penduduk mencapai 40.000 orang, banyak destinasi wisata menarik dan unik, yang mungkin tidak Anda jumpai di kota lain yang ada di Hokkaido, atau bahkan Jepang secara keseluruhan.

Museum Penjara Abashiri menjadi salah satu destinasi yang harus masuk dalam itinerary wisata di Hokkaido Anda, terutama saat berkunjung ke Kota Abashiri. Selain menjadi destinasi wisata dengan tema edukasi, ada cerita sejarah di balik kehidupan para tahanan di Jepang pada masa lampau, yang akan membuat wisatawan terpukau.

Image credit: Atsuhiroyoshinaka

Danau Tofutsu juga bisa alternatif berikutnya untuk dikunjungi di Kota Abashiri. Danau dengan nuansa yang tenang dan pemandangan yang asri menjadikan spot wisata ini menarik untuk dijadikan tempat bersantai.

Museum Okhotsk Ryuhyo | Image credit: 663highland

Museum Okhotsk Ryuhyo merupakan destinasi wisata lain di Kota Abashiri yang layak untuk dikunjungi. Di sini, Anda bisa mendapatkan pengalaman menyentuh es apung yang sangat terkenal dari kota ini. Anda juga bisa melihat bongkahan es yang merapat di pesisir pantai Abashiri pada akhir Januari hingga akhir Februari. Momen paling mengesankan menikmati nuansa tersebut adalah dengan menaiki kapal Aurora Sightseeing Boats, yang berlayar langsung ke Laut Okhotsk, yang penuh dengan bongkahan es.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Jepang Unik untuk Liburan Tak Terlupakan

Sudah punya cukup informasi untuk wisata di Hokkaido? Tidak ada salahnya mulai membuat itinerary dan melakukan persiapan untuk liburan ke Hokkaido dalam waktu dekat. Berangkat!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru