Alat Sanitasi Pencegah Covid-19 Ini Bisa Membantu Mengamankan Rumah Kamu!

Lagi doyan belanja online? Jika iya, mungkin kamu bisa mengalihkan fokus pencarian dari produk fesyen ke alat-alat kesehatan, termasuk di antaranya alat sanitasi pencegah Covid-19.

Ya, tingginya tingkat penularan Covid-19 di Indonesia, disebabkan adanya varian delta yang lebih mudah menular, membuat semua warga berada dalam ancaman. Penerapan protokol kesehatan ketat menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi untuk meminimalkan risiko tertular Covid-19.

Selain itu, masih ada sejumlah cara lain yang bisa diambil untuk menekan tingkat penularan, di antaranya dengan menggunakan alat sanitasi pencegah Covid-19 di rumah kamu. Apa saja itu? TripZilla Indonesia mengumpulkan sejumlah peralatan sanitasi yang mungkin bisa memberikan rasa aman lebih. Cekidot, ya!

1. UV Disinfektan

Image credit: CSGI Mobile

Salah satu alat sanitasi pencegah Covid-19 yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan adalah UV disinfektan. Sinar UV (ultraviolet) bisa membunuh patogen yang resisten terhadap antimikroba, TBC dan agen infeksi lainnya.

Bahkan, hasil riset dari Boston University menunjukkan adanya efektivitas sinar UV melumpuhkan virus corona dalam hitungan detik. Namun demikian, penting sekali untuk mengikuti petunjuk penggunaan alat ini agar bisa bekerja secara efektif. Harganya mulai dari 100 ribuan hingga 500 ribuan rupiah.

2. Air purifier

alat sanitasi pencegah covid-19

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang kamu “dapatkan” saat bernafas. Apalagi penularan Covid-19 terjadi salah satunya lewat patogen di udara. Nah, di sinilah pentingnya air purifier untuk bisa meningkatkan kualitas udara, sehingga kamu bisa bernafas dengan kualitas udara yang sehat.

Ada sejumlah air purifier yang layak direkomendasikan, yaitu yang memiliki teknologi HEPA (high-efficiency particulate air), seperti yang digunakan di dalam pesawat. Harganya pun variatif, dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung merek, ukuran serta teknologi yang ditawarkan.

3. Dispenser sabun cuci tangan atau cairan disinfektan otomatis

alat sanitasi pencegah covid-19
Image credit: Product Nation

Salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan setiap saat adalah mencuci tangan, setidaknya selama 20 detik dengan sabun dan di bawah air mengalir. Karena itu, penting sekali memiliki alat yang membantu aktivitas tersebut.

Kamu bisa memiliki dispenser sabun cuci tangan otomatis, di mana sabun bisa keluar tanpa adanya sentuhan tangan. Kamu tinggal menyodorkan tangan di bawah dispenser untuk mendapatkan porsi sabun cair yang cukup untuk mencuci tangan. Isi dispenser juga bisa diganti dengan cairan disinfektan. Harganya juga relatif terjangkau, antara 100 dan 500 ribu rupiah.

4. Boks atau tas sterilisasi

alat sanitasi pencegah covid-19
Image credit: Ledvance

Bagi yang sering memainkan gadget, memegang kunci, kartu debit atau kredit untuk pembayaran, memiliki boks sterilisasi menjadi hal yang penting untuk dimiliki.

Dengan alat yang menggunakan teknologi UV ini, kamu bisa meletakkan barang-barang yang biasa kamu gunakan tersebut ke dalamnya untuk disterilisasi sehingga terbebas dari kuman dan bakteri, termasuk virus Covid-19. Harganya juga tidak terbilang mahal, kok, antara 150 dan 300 ribu rupiah.

5. Penyemprot disinfektan

Image credit: naipo.de – Unsplash

Bagi yang sering belanja online dan mendapatkan paket, alat penyemprot disinfektan ini wajib dimiliki. Kamu bisa melakukan sterilisasi barang atau paket yang datang dengan menyemprotnya menggunakan alat ini. Tidak perlu yang mahal, banyak produk yang bisa dipilih, mulai dari 5,000-an, tergantung ukuran tentunya.

6. Masker

Image credit: Anna Shvets – Pexels

Nah, masker menjadi alat pencegah Covid-19 paling penting saat ini, selain alat sanitasi di atas. Selain murah, alat ini juga mudah dibawa dan terbukti paling efektif mencegah penularan Covid-19 jika digunakan dengan baik dan benar.

Penting sekali untuk memahami dan mengetahui penggunaan masker yang tepat, dan jenis masker yang harus digunakan. Saat ini, penggunaan masker juga direkomendasikan hingga dua lapis bagi mereka yang beraktivitas di luar rumah dan berhubungan dengan orang lain.

Baca juga: Bersiap Divaksin? Baca Dulu Panduan Vaksin Covid-19 Di Sini!

Menggunakan alat sanitasi pencegah Covid-19 di atas menjadi salah satu bentuk ikhtiar kita untuk meminimalkan risiko tertular. Selain itu, penting sekali untuk tetap mengikuti protokol kesehatan 5M dengan ketat, yaitu mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Tetap waspada dan jaga kesehatan, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru