Amsterdam Bebankan Pajak Wisatawan Untuk Turis Mulai 2020

Berencana liburan ke Belanda tahun depan? Jika iya, dan berencana menginap di Amsterdam, kamu harus menyiapkan dana lebih karena otoritas pemerintah setempat bakal memberlakukan pajak wisatawan untuk akomodasi mulai 1 Januari 2020.

Wisatawan yang bermalam di Amsterdam, baik itu di hotel, hostel dan bahkan guesthouse, akan dikenai pajak 3 euro per orang, per malam, selain pajak 7% dari harga kamar yang disewakan. Wisatawan yang tinggal di Airbnb sewaan juga harus membayar biaya sewa yang juga naik 10% per malamnya. Adapun pajak yang harus dibayarkan untuk berada di tempat camp adalah 1 euro per malamnya.

Kewajiban membayar pajak untuk wisatawan di Amsterdam ini menjadikan Amsterdam sebagai salah satu kota di Eropa dengan beban pajak wisatawan paling tinggi per malamnya.

Dengan diterapkannya pajak wisatawan ini, turis bisa mengeluarkan uang hampir dua kali lipat jika memilih menginap di Amsterdam. Contohnya, pasangan yang tinggal di hotel dengan harga 120 euro per malam selama seminggu bisa mengeluarkan biaya total tambahan untuk pajak wisatawan hingga 117,60 euro pada 2020 nanti.

Diungkapkan Vera Al, jurubicara dari wakil walikota Amsterdam Groot Wassink, kepada CNN, bahwa dibebankannya tambahan pajak ini bukan untuk mengurangi jumlah turis di Amsterdam, melainkan untuk membantu kota bisa tetap bersih, aman dan terjaga, terutama untuk infrastruktur bangunan.

Namun Amsterdam bukanlah satu-satunya kota di Eropa yang menerapkan pajak untuk akomodasi. Di Paris, wisatawan bisa dikenai pajak mulai dari 20 sen hingga 1,50 euro per orang per malam, tergantung pada lokasi dan standar bintang hotel tersebut. Di Roma, pajak juga berlaku sebesar 7 euro per hari per malam.

Amsterdam sendiri mendapat kunjungan sekitar 20 juta wisatawan per tahunnya. Otoritas setempat juga menerapkan aturan yang melindungi wisatawan, seperti melarang toko souvenir menjual barang dengan harga yang terlalu mahal, termasuk pembatasan toko souvenir di lokasi wisata sejarah.

Baca juga: 10 Destinasi Terbaik Dunia Untuk Backpacker, Sudah Kunjungi Semua?

Nah, setelah tahu hal ini, kamu tidak mengurungkan rencana liburan ke Amsterdam, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru