7 Alasan Mengapa Kami Selalu Menantikan Liburan Ke Austria Dan Mengapa Kamu Juga Harus Melakukannya

Artikel mengenai alasan mengapa kami selalu menantikan liburan ke Austria ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Tanyakan kepada siapapun yang pernah liburan ke Austria dan mereka pastinya akan berkata bahwa suasananya beda dengan yang lainnya. Oke, mungkin kata-katanya terlalu sering digunakan untuk menggambarkan banyak kebanyakan wisata dan liburan, tapi jika berbicara terkait permata kecil Eropa ini, pernyataan tersebut sepertinya benar adanya.

Salah satu di antaranya, ketika jalan-jalan berkeliling kota-kota besar dan kecil, kamu akan merasa berada di daerah yang ajaib, jauh dari segalanya. Pastinya ada alasan tersendiri mengapa semua itu tidak pernah gagal membuat imajinasi traveler terpesona selama berabad-abad! Dan, itu hanya sebagian kecil saja, lho! Jadi, tanpa harus berpanjang-panjang lagi, ini adalah alasan utama mengapa kami bakal senang bisa liburan ke Austria dalam waktu dekat !

Tapi sebelumnya, kamu mungkin ingin melihat video di bawah ini! Dijamin deh, menurut kami, kamu bakal semakin terinspirasi untuk jalan-jalan!

1. Istana dan kastil yang ada di Austria merupakan wujud sesungguhnya dari yang ada di dongeng

liburan ke austria
Hochosterwitz Castle di wilayah Carinthia.

Jika kamu tidak mengunjungi setidaknya satu istana atau kastil di Austria, sebenarnya apakah kamu sungguh sudah pernah liburan ke Austria, nggak sih?

Legenda mengatakan Schloss Ort dibangun oleh raksasa yang ingin membuktikan cintanya pada putri duyung yang tinggal di danau ini.

Pergilah ke daerah pedesaan untuk melihat kastil, yang akan membawa kamu ke abad pertengahan. Yang pertama bisa dikunjungi adalah Burg Kreuzenstein, yang tidak diragukan lagi sebagai kastil paling fotogenik di seluruh Austria, yang tampil dengan menara abad pertengahan, jembatan besar yang bisa diangkat dan lokasinya di kaki bukit dengan pemandangan lembah yang hijau. Kastil lainnya adalah Schloss Ort, benteng pulau di Danau Traunsee. Lalu ada juga Kastil Hochosterwitz, salah satu kastil tertua di Eropa, yang berdiri di puncak bukit batu dan dibentengi oleh 14 gerbang!

liburan ke austria
Tahukah kamu bahwa ‘Schönbrunn’ di Schönbrunn Palace diterjemahkan menjadi ‘musim semi yang indah’?

Sementara itu, istana kerajaan merupakan definisi sebenarnya dari keagungan. Mulai dari interior mewah, arsitektur ala barok yang luar biasa dan taman yang tertata rapi, semuanya menunjukkan kekayaan budaya negara dan sejarahnya yang luar biasa! Ketika berada di Vienna, kamu tidak bisa melewatkan Schönbrunn Palace, alias destinasi liburan Austria yang paling sering dikunjungi. Komplek barok dengan 1,440 kamar tersebut menjadi rumah musim panas dari keluarga kerajaan Habsburg.

Kompleks The Hofburg Palace berada di pusat kota Vienna. | Image credit: Österreich Werbung / Andreas Tischler

Istana lain yang juga harus dilihat adalah  Hofburg Palace, yang bisa kamu temukan di jantung ibukota. Sebelumnya digunakan sebagai pusat kekuasaan Kerajaan Habsburg, istana ini sekarang menjadi rumah dinas dan kantor Presiden Austria. Istana ini juga beberapa kali dikembangkan sejak abad 13. Saat ini istana ini memiliki 18 sayap bangunan, 19 halaman dan lebih dari 2,600 kamar! Wow!

Image credit: Schloss-Schoenbrunn-Kultur-und-Betriebsges-m-b-H, Severin Wurnig

Yang tidak boleh dilewatkan,  Schloss Hof memiliki pemandangan luar ruang yang luar biasa, yang menggambarkan sentuhan aristokrasi dari pemilik sebelumnya, Pangeran Eugene of Savoy dan Maria Theresa. Berada di lahan seluas 70 hektar, istana ini menjadi estat pedesaan terbesar di seluruh Austria! Oh iya, kamu bisa menyewa tempat ini untuk acara khusus, lho, seperti venue pernikahan misalnya? (Jika tertarik, kamu bisa menabung mulai dari sekarang untuk nuansa pernikahan bergaya kerajaan)

Baca juga: 5 Istana Kerajaan di Austria Seperti Dongeng Impianmu

2. Pemandangan keren dan luar biasa yang tidak ada habisnya

Daerah pedesaan Austria dipenuhi dengan pemandangan yang keren.

Selain memiliki istana dan kastil yang istimewa, lanskap spektakuler juga menjadi salah satu alasan untuk liburan ke Austria. Bayangkan lembah yang hijau, danau biru yang jernih dan pegunungan Alpen yang selalu menjadi latar ke mana matamu melihat!

liburan ke austria
Desa abad pertengahan Hallstatt.

Mari mulai dengan Dachstein Salzkammergut, wilayah liburan yang bisa ditempuh selama dua jam perjalanan menggunakan kereta api dari Salzburg! Di sini, kamu akan menemukan kota pinggir danau paling indah di Austria, Hallstatt. Di sana terdapat rumah bergaya abad pertengahan yang dikelilingi gunung garam yang hijau, membuatnya terlihat seperti yang ada mimpi! Dan apabila itu semua belum cukup, ada gua es dan garam yang bisa kamu jelajahi di wilayah itu.

The Dachstein Mountains dan pemandangan di sekitarnya.

Satu hal lain yang wajib dilihat adalah Hoher Dachstein, yang merupakan tempat terbaik untuk puncak glasial, olahraga musim dingin dan pemandangan apik dari ketinggian. Di bawahnya, ada Danau Gosau yang ngehits, yang perairannya tetap jernih dan bisa diminum sampai saat ini! Wilayah ini juga memiliki trek alami untuk mereka yang ingin menikmati mendaki gunung dan bersepeda gunung, terutama saat musim panas. Banyak alasan mengapa Dachstein Salzkammergut menjadi destinasi populer, kapanpun di sepanjang tahun!

liburan ke austria
Lech am Arlberg saat malam.

Wilayah Alberg merupakan surga alami lainnya yang kami sangat nantikan untuk bisa dikunjungi saat liburan ke Austria lagi! Memiliki desa-desa di pegunungan dengan pondok-pondok kecil yang cantik, banyak ragam aktivitas luar ruang yang bisa dilakukan, dari ski hingga kereta salju, dari arung jeram hingga mendaki gunung.

Saat sedang tidak berkegiatan, kamu bisa menikmati sejumlah sajian di restoran tertinggi di benua ini, seperti Valluga View di St Anton dan Hotel Bergkristall di Lech. Pemandangan Alpen yang tidak ada duanya dan makanan yang luar biasa? Jangan sampai tidak mengajak saya, ya!

3. Kuliner tradisional yang tak pernah gagal membuat kagum siapa saja

Wiener Schnitzel dengan pemandangan Alpen Austria.

Kuliner akan selalu menjadi bagian penting dalam setiap perjalanan, tak diragukan lagi! Bonus tambahan, jika kamu mencoba makanan yang kurang familier, kamu bisa berakhir dengan menyukainya! Jadi, merupakan hal yang bagus Austria memiliki banyak makanan penuh citarasa, yang membuat kamu bakal selalu ingin lebih. Dari makanan berbahan dasar daging yang khas hingga makanan pencuci mulut yang istimewa, kamu mungkin bakal menemukan kuliner favorit kamu di sini.

liburan ke austria
Wiener Würstel dan Tiroler Gröstl | Image credit (kiri-kanan): WienTourismus/Peter Rigaud; Österreich Werbung / Grégory Rohart

Untuk makanan ikonik Austria yang harus kamu coba untuk pertama kali adalah Wiener Würstel (atau sosis Vienna). Kuliner lain yang tak kalah ikoniknya adalah Wiener Schnitzel, daging babi tanpa tulang yang digoreng kering hingga sempurna dan paling pas dipadupadankan dengan kentang goreng, krim tawar dan bawang putih. Orang lokal biasa menyantapnya saat makan siang, dan kamu bisa dengan mudah menemukannya di manapun, dari pedagang kaki lima hingga resto mewah! Ingin mencari yang lebih mengenyangkan? Kami menyarankan Tiroler Gröstl, kuliner favorit dari Alpen Austria! Hash kentang bacon ini kaya butter dan bawang putih dan memiliki telur goreng di atasnya.

Sachertorte | Image credit: Astrid Bartl

Untuk pencuci mulut, kami akui kami tidak pernah bisa mengesampingkan Kaiserschmarrn, panekuk orak-arik yang empuk dengan selai dan saus manis yang melimpah, dan juga tambahan buah kering yang dijadikan karamel. Nama sajian ini juga berarti “kekacauan kerajaan”, yang menggambarkan Kaiser Franz Joseph I! Pastri lain yang wajib dicoba adalah Apfelstrudel (strudel apel), Sachertorte (kue coklat dengan selai aprikot), dan Powidltascherl (selai buah plum). Dan bila kamu membayangkan apa yang bisa diminum sambil menikmati ini semua, kami menawarkan ini…

4. Rumah kopi Viennese yang akan membuat kamu merasa seperti memiliki semua waktu di dunia

liburan ke austria
Dengan sejarah panjang berusia 140 tahun, Café Central telah menyajikan tempat terbaik untuk menenangkan pikiran orang-orang kenamaan Austria. | Image credit: WienTourismus, Christian Stemper

Jika kamu pernah merasakan budaya kopi terbaik dari seluruh dunia, tunggu sampai kamu mencoba yang ada di Vienna! Tentunya, kota lain bisa membanggakan kualitas kopi yang mereka miliki, dan atau pemandangan cafe-nya, tapi warga Vienna yang menyempurnakan sebagai bentuk seni dan cara hidup. Dalam satu hal, rumah kopi dan cafe mereka merupakan sebuah institusi, dan semua itu masuk dalam daftar Warisan Budaya Bukan Benda Austria oleh UNESCO pada 2011!

Café Frauenhuber merupakan rumah kopi tertua di Vienna. | Image credit: Österreich Werbung, Harald Eisenberger

Banyak rumah kopi Viennese menawarkan atmosfer yang santai, tidak terburu-buru, yang membuat kamu bisa relaks di jam istirahat. Beberapa di antara rumah kopi tersebut adalah Café Central, Café Landtmann dan Café Frauenhuber, yang sudah ada sejak berabad-abad lampau, dan memiliki nuansa dunia lama-nya sendiri. Memiliki karakter interior vintage yang elegan, langit-langit yang tinggi, furnitur dari marmer dan musik klasik yang dimainkan sebagai latar, mungkin ada yang menggambarkannya sebagai ruang tamu publik kota ini. Di sini, kamu juga akan menemukan orang yang menghabiskan waktunya dengan membaca, menulis atau berbincang dengan rekannya dengan cuppa dan pastri di depannya.

Baca juga: Panduan Budaya Ke Vienna: Sejarah, Musik Dan Kuliner

5. Musik klasik dan sejarahnya yang tidak tertandingi

Konser di Wiener Konzerthaus. | Image credit: Wien Tourismus, Peter Rigaud

Negara ini berperan menghasilkan orang-orang berbakat di bidang musik yang sudah terkenal di seluruh dunia! Kita berbicara mengenai Wolfgang Amadeus Mozart, Johann Strauss I, Franz Schuber dan banyak lagi lainnya. Dan seperti yang kalian tahu, Austria juga menjadi rumah kedua bagi komposer asing seperti Johannes Brahms dan Ludwig van Beethoven.

liburan ke austria
The Vienna State Opera saat matahari terbit.

Selain itu, Vienna juga sejak lama dikenal sebagai “Ibukotanya Musik Klasik”, dengan keberadaan gedung opera dan tempat konser yang menampilkan banyak acara hampir di setiap tahun. Meski banyak musisi terkenal yang dikaitkan dengan Vienna bukan berasal dari sana, tidak butuh waktu lama bagi kota ini bisa menarik banyak bakat dari Austria dan luar negeri. Berkat perlindungan dari dinasti Habsburg, kota ini menjadi tempat bagi komposer untuk berkunjung, tinggal dan menciptakan karya yang luar biasa.

The Mozart Monument di Salzburg. | Image credit: Tourismus Salzburg GmbH

Satu tempat lain yang tidak boleh dilewatkan, Salzburg juga menawarkan destinasi yang berkaitan dengan musik. Semua hal di sini terkait Mozart, mengingat kota ini menjadi tempatnya dilahirkan dan dibesarkan. Faktanya, kamu bisa mengikuti Mozart City Tour untuk mengetahui lebih banyak mengenai kelahiran komposer ternama dunia itu, mengunjungi rumah tinggalnya dan bahkan melihat alat musik yang digunakan!

Luar biasanya, Vienna dan Salzburg memiliki budaya konser yang mengesankan. Bahkan ketika kamu tidak mengharapkannya, konsernya bisa muncul di depan kamu. Dan bila kamu bukan penggemar musik klasik, ada genre lain yang bisa kamu temukan, karena banyaknya konser gratis yang digelar di kota ini.

6. Kami akan senang bisa melihat lokasi film terkenal

Mirabell Palace and Gardens merupakan salah satu dari mansion keluarga Von Trapp di The Sound of Music. | Image credit: Tourismus Salzburg GmbH, Günter Breitegger

Bukannya kami tidak mempunya banyak alasan untuk liburan ke Austria, tapi pastinya sangat membantu ada sejumlah lokasi pengambilan film yang ada di negara ini, yang sisi historisnya bertahan sampai sekarang. Jadi, ketika kamu menunggu jadwal liburan berikutnya, mengapa tidak memasukkan dalam daftar yang bakal kamu lakukan saat ke Austria?

liburan ke austria
Dalam Before Sunrise, turis Amerika dan mahasiswa Prancis berkeliling jalanan kota Vienna bersama-sama. | Image credit: Wien Tourismus / Christian Stemper

Meski bukan lokasi populer sebagai tempat pengambilan film seperti Paris dan New York, Vienna membuktikan dengan sendirinya sebagai lokasi yang diremehkan di film klasik 1995, Before Sunrise. Berfokus pada pasangan, yang turun dari kereta bersama dan menjelajah Vienna hingga petang. Scene tersebut menggambarkan secara nyata bagaimana indahnya ibukota Austria ini!

Saat menjelajah Gschwandtanger Meadow, kamu juga bisa melihat High Werfen Castle dan juga puncak Alpen.

Sementara itu, Salzburg dan sekitarnya menjadi latar dari film adaptasi tahun 1965, The Sound of Music. Faktanya, sebelum masa pandemi, ada sekitar 300,000 turis per tahun yang liburan ke kota ini untuk mengikuti tur ke lokasi film tersebut, mulai dari landmark historis seperti Mirabell Palace and Gardens, dan Schloss Hellbrunn hingga Gschwandtanger Meadow di Werfen.

liburan ke austria
Dari ketinggian Sölden, kamu bisa menikmati kembali sebagian besar aksi yang terjadi di Spectre.

Untuk film yang baru tayang dalam beberapa tahun terakhir, ada franchise James Bond tahun 2015, Spectre, yang mengambil sejumlah scene di Alpen Austria! Jika kami bisa lebih spesifik, pengambilan film dilakukan di kota resor ski Sölden di Tyrol. Kota lain yang tidak kalah indah adalah di Altaussee, dengan Danau Altaussee mencuri perhatian.

Tentunya, spot wisata Austria yang berkaitan dengan film ini hanya sedikit dari banyak tempat yang ada. Dan, maafkan kami, mungkin kami akan mengambil popcorn dan menonton lagi film-film itu lagi!

7. Merupakan destinasi yang sering diremehkan, yang sukses menjaga keotentikannya

Pusat Kota Vienna pastinya menjadi salah satu distrik kota tua tercantik di seluruh dunia.

Ada yang bilang bahwa Austria tidak sepopuler negara lain di Eropa Tengah. Padahal faktanya negara ini merupakan salah satu negara yang paling sering dikunjungi di dunia. Terlepas dari itu, Austria memiliki banyak destinasi, jadi pariwisata kerap tersebar di seluruh negeri ketimbang hanya satu kota atau wilayah yang menjadi fokus perhatian.

Dengan begitu, Austria memegang reputasinya sebagai destinasi yang istimewa dengan kualitas yang tiada duanya. Bagi pemula, pengunjungnya tidak terlalu ramai, mengunjungi kebanyakan destinasi wisata Austria tetap asyik! Kami tak tahu pendapat kamu, tapi karena jaga jarak menjadi bagian dari normal baru, daya tarik kota yang minim dikunjungi turis meningkat secara tajam.

liburan ke austria
Pasar Hallstatt berada di tempat yang sama dengan deretan rumah dari abad pertengahan dengan warna-warna yang vibran

Terlepas dari itu, negara ini selalu dipuji sebagai negara yang bisa menjaga keotentikannya, di mana kamu bisa tetap bersantai dan berjemur dengan mudah dalam nuansa yang tenang! Tapi di waktu yang sama, Austria memiliki pemandangan keren yang tiada habisnya, yang unik dan mengesankan, dan rasanya tidak akan pernah cukup dan puas. Entah bagaimana, semakin banyak destinasi wisata di Austria yang dikunjungi, yang berikutnya selalu menjadi lebih impresif, entah apakah itu landmark terkenal atau destinasi tersembunyi yang hanya diketahui orang lokal!

Baca juga: Petualangan Hebat Austria: 7 Pengalaman Terbaik di Wina untuk Kamu & Keluargamu

Ya, bukan hal yang mengherankan apabila kita cukup antusias bisa liburan ke Austria lagi! Dengan semua alasan yang sudah kita bicarakan di atas, siapa yang tidak tertarik bisa ke sana? Seperti lagu terkenal Billy Joel, “Vienna waits for you”.

Oh, dan apabila kamu ingin segera menyusun rencana perjalanan liburan kamu ke Austria (lagian, mengapa juga tidak melakukannya?), kamu bisa menemukan rekomendasi terbaik kami dan panduan perjalanan di sini. Dan yang utama, sampai jumpa di sana, dalam waktu dekat?

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website resmi Austrian National Tourist Office dan laman Facebook.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Office (ANTO)

Featured image credit: WienTourismus/Gregor Hofbauer

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru