Aplikasi Jogjabike Mudahkan Wisatawan Berkeliling Malioboro

Bersepeda keliling Yogyakarta, mengapa tidak? Kini wisatawan punya kesempatan untuk melakukannya setelah dirilisnya aplikasi Jogjabike.

Jogjabike merupakan fasilitas sepeda daring dengan skema bikesharing, yang hadir berkat kerja sama startup lokal dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. Diklaim salah satu penggagas Jogjabike, Muhammad Aditya, fasilitas ini menggunakan sumber daya lokal Indonesia, mulai dari produk sepeda itu sendiri, perangkat smartlock hingga aplikasinya.

Image credit: @andriyadi

Sebagai tahap awal, pengelola Jogjabike dan Pemkot Jogja menyediakan 20 sepeda yang tersebar di sejumlah titik penyimpanan, seperti di pangkal jalan Malioboro, depan hotel Inna Garuda Malioboro, Kepatihan, Pasar Beringharjo dan Titik Nol Jogja. Ke depannya, diharapkan jumlah sepeda yang tersedia bisa mencapai 1,000 sepeda yang bisa disebar di berbagai fasilitas publik dan destinasi wisata yang ada di Jogja.

Diungkapkan Komisaris Jogjabike Triyanto, seperti dikutip Tempo, aplikasi ini bisa memberikan pilihan baru bagi wisatawan untuk menikmati kota Jogja, terutama dengan sepeda.

“Wisatawan tinggal mengunduh aplikasinya dan bisa menggunakannya,” ujarnya.

Ada pun sepeda yang digunakan adalah sepeda yang identik dengan Jogja, yaitu menyerupai ontel Jawa.

“Untuk ontelan matic, tidak berat dan ringan, pas dengan kontur Kota Jogja yang mayoritas jalannya rata,” ungkap Triyanto.

Penggunaan sepeda juga tidak dipungut biaya, setidaknya hingga akhir tahun 2018 ini. Untuk saat ini, sepeda hanya bisa dipakai dari pukul 09.00 hingga 21.00.

Image credit: @anunggra

Bagi yang tertarik menggunakan fasilitas ini, kamu tinggal mengunduh aplikasi Jogjabike di App Store dan melakukan registrasi. Setelahnya, kamu tinggal mengetuk device pada stang sepeda yang tersedia hingga menyala, tunggu hingga muncul keterangan ‘saya siap pindai QR’. Setelahnya pindai QR Code untuk unlock perangkat sepeda dari ShelterPit untuk bisa digunakan berkeliling jalan Malioboro. Setelah selesai berkeliling, kamu diharapkan bisa mengembalikan ke ShelterPit terdekat, memasang sepeda di dock yang kosong dan menguncinya.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Kuliner Di Malioboro Yang Menggoyang Lidah Dan Murah

Tertarik mencoba?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru