Aplikasi Video Conference, 12 Opsi Yang Bisa Kamu Gunakan Saat WFH

Pandemi virus corona Covid-19 memaksa pemerintah untuk “merumahkan” siswa dan para pekerja. Berada di zona merah dan wilayahnya terkena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB, para pekerja harus melakukan work from home, sementara para siswa dan mahasiswa harus belajar di rumah. Agar tetap produktif, koordinasi pekerjaan dan proses pembelajaran dilakukan secara online, menggunakan aplikasi video conference atau aplikasi percakapan lainnya.

Tidak sedikit yang menggunakan aplikasi Zoom untuk koordinasi satu sama lain. Namun, tidak adanya jaminan keamanan privasi dari developer membuat pengguna banyak yang mempertimbangkan ulang menggunakan aplikasi ini. Untungnya, banyak aplikasi alternatif video conference yang bisa digunakan. Di bawah ini adalah sejumlah pilihannya.

1. Aplikasi dengan fitur melimpah – Jitsi Meet

Image credit: Jitsi

Aplikasi video conference gratisan ini jarang dilirik, padahal fitur yang ditawarkan melimpah, mulai dari screen sharing, bertukar pesan selama meeting, mengedit dokumen bersama hingga jumlah peserta yang tidak terbatas. Bahkan jika kamu tertarik melakukan live stream di YouTube saat meeting online, aplikasi ini bisa mewujudkannya.

2. Aplikasi video conference pengganti email – Slack

Image credit: Google

Slack menjanjikan banyak fitur, utamanya surat elektronik. Selain itu, Slack memiliki layanan video call dan video conference dengan kapasitas maksimal 15 user. Lumayan untuk rapat kecil bersama tim kamu, kan?

3. Aplikasi video conference dengan data transfer minimalis – GoToMeeting

aplikasi video conference
Image credit: Google

Penggunaan data yang terlalu besar kerap menjadi masalah bagi sejumlah orang yang melakukan meeting online menggunakan aplikasi video conference. Jika ingin sedikit menghemat, kamu bisa menggunakan aplikasi GoToMeeting dan memaksimalkan Commuter Mode saat melakukan meeting online. Fitur yang dimiliki aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi lainnya, salah satunya memungkinkan kamu membuat ruangan meeting virtual tersendiri. Wow!

4. Cocok untuk pengguna desktop – FreeConference

aplikasi video conference
Image credit: Google

Yang melakukan pembelajaran secara online atau #workfromhome melalui komputer desktop bisa menggunakan FreeConference melalui browser tanpa harus melakukan instalasi aplikasi di perangkat belajar atau kerja. Namun bagi pengguna smartphone atau tablet, instalasi wajib dilakukan.

5. Aplikasi pas untuk Apple Fanboy – FaceTime

Image credit: Apple.com

Aplikasi ini lebih ditujukan bagi pengguna produk Apple, seperti iPhone, iPod Touch, iPad, iMac dan juga Macbook. Namun, aplikasi video conference ini minim fitur yang mendukung kepentingan bisnis karena lebih cocok untuk tatap muka online secara kasual. Asyiknya, banyak filter dan emoji menarik untuk dibagikan.

6. Aplikasi sejuta umat – Whatsapp

Salah satu aplikasi percakapan yang paling sering digunakan adalah WhatsApp dan salah satu fitur yang dipunyai adalah bisa melakukan video conference maksimal hingga 16 orang. Sayangnya aplikasi ini minim fitur untuk kepentingan bisnis, seperti berbagi dokumen dan tidak bisa digunakan menggunakan komputer.

7. Aplikasi untuk semua – Google Duo

Aplikasi video conference
Image credit: Google

Salah satu platform dari Google yang mampu mengundang partisipan maksimal 12 orang. Aplikasi rapat online ini juga tersedia untuk perangkat Androis, iOS, tablet dan website.

8. Aplikasi video conference ngehits – Skype

Aplikasi meeting online ini menjadi salah satu aplikasi paling populer untuk pertemuan jarak jauh. Aplikasi ini bisa digunakan maksimal hingga 25 orang dan bisa diakses menggunakan selular pintar, PC hingga TV pintar.

9. Aplikasi dengan user interface sederhana – Google Hangouts Meet

aplikasi video conference
Image credit: Google

Aplikasi ini terhubung dengan layanan Google lainnya, yang berarti bisa mendukung pembelajaran dan aktivitas bekerja kamu. Selain user interface-nya yang mudah dan sederhana, terdapat juga fitur chat dan bisa digunakan untuk setiap perangkat yang kamu miliki.

10. Cocok untuk pecinta Microsoft – Microsoft Teams

aplikasi video conference
Image credit: Google

Aplikasi ini merupakan pengganti layanan Skype for Business, yang mengedepankan fitur video conference, pesan instan, telepon hingga olah dokumen. Aplikasi ini juga sudah terhubung dengan layanan Microsoft Office 365, tersedia untuk perangkat komputer, smartphone dan tablet. Namun untuk bisa pengalaman terbaik menggunakan aplikasi ini, ada harga yang harus dibayarkan.

11. Pas untuk bisnis skala besar – Cisco Webex

aplikasi video conference
Image credit: Google

Salah satu penyedia layanan video conference terbaik karena menawarkan kualitas gambar yang baik selama “pertemuan” dilakukan. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk bisnis berskala besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak dengan mengedepankan kualitas suara yang baik.

12. Aplikasi video conference yang (sedang) popular – Zoom Cloud Meeting

aplikasi video conference
Image credit: Google

Banyak fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini, dari video conference, audio conference, live chat, meeting recording, hingga webinars.

Baca juga: 3 Aplikasi Penerjemah Untuk Bekal Traveler Liburan Ke Luar Negeri

Aplikasi ini tidak hanya berguna saat #workfromhome dan #studyfromhome, lho, tapi juga bisa menjalin silahturahmi dengan keluarga dan sahabat yang berada jauh di sana secara bersama-sama. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, kamu hanya harus memastikan koneksi internet kamu tersambung dengan baik saat menggunakan aplikasi di atas, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru