Cabut Larangan Perjalanan, Traveler Indonesia Bisa Ke Arab Saudi Mulai 1 Desember

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Dalam Negeri mengumumkan telah buka perbatasan dan mencabut larangan perjalanan untuk traveler dari enam negara, termasuk di antaranya dari Indonesia. Atas kebijakan tersebut, pemegang paspor Indonesia bisa masuk ke Arab Saudi mulai 1 Desember 2021.

Dalam keterangannya, Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi menyatakan akan membolehkan warga negara asing dari Indonesia, India, Pakistan, Brasil, Vietnam dan Mesir masuk tanpa harus menjalani karantina selama 14 hari. Namun, perlu dicatat bahwa aturan Arab Saudi buka perbatasan dan tanpa karantina 14 hari hanya akan diberlakukan jika tidak melakukan transit dalam perjalanan mereka tersebut.

Meski begitu, warga dari enam negara tersebut masih harus menjalani karantina dengan durasi yang lebih pendek, yaitu selama lima hari. Selain itu, warga negara asing tersebut juga harus menunjukkan bukti telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

Pemerintah juga menegaskan semua warga negara asing yang memiliki izin tinggal, yang ingin kembali ke Arab Saudi, harus menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan mereka terbebas dari infeksi. Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi juga menegaskan otoritas terkait akan menjalankan semua prosedur dan penindakan untuk mengevaluasi kebijakan ini.

Sebelumnya, pada awal tahun ini, Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan larangan perjalanan dari luar negeri untuk bisa meminimalkan masuknya virus Covid-19 ke wilayahnya. Larangan perjalanan tersebut ditetapkan untuk traveler dari Lebanon, Uni Emirat Arab, Mesir, Turki, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Irlandia, Portugal, Swiss, Swedia, Brasil, Argentina, Pakistan, Afrika Selatan, India, Indonesia dan Jepang. Namun, ada pengecualian untuk mereka yang berstatus sebagai diplomat, staf medis dan keluarga mereka untuk bisa masuk ke Arab Saudi.

Larangan perjalanan juga diberlakukan untuk traveler yang melakukan perjalanan dengan transit di salah satu dari 20 negara di atas dalam kurun waktu 14 hari sebelum melakukan kunjungan ke Arab Saudi.

Baca juga: Penerbangan Internasional Ke Arab Saudi Kembali Dibuka Pada 17 Mei

Sudah siap bepergian ke Arab Saudi?

 

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru