Aturan Masuk Ke Filipina Dipermudah, Traveler Indonesia Boleh Masuk Mulai 10 Februari

Sudah divaksin dan siap jalan-jalan ke luar negeri? Well, Filipina bisa menjadi destinasi menarik yang dikunjungi karena negara tetangga Indonesia ini siap membuka perbatasan mereka mulai 10 Februari 2022 tanpa aturan masuk yang ribet ke wilayahnya.

Rencana pembukaan tersebut merupakan rencana terbaru setelah rencana awal membuka perbatasan pada Desember tahun lalu harus ditunda karena kekhawatiran atas perkembangan virus Covid-19 varian Omicron di seluruh dunia. Namun, tidak ada perubahan signifikan terkait aturan masuk ke Filipina.

Dalam keterangan yang dirilis beberapa waktu lalu, Filipina akan mengizinkan traveler dari negara lain dengan fasilitas bebas visa dari 150 negara untuk masuk ke wilayah mereka tanpa aturan yang terlalu ribet. Namun demikian, tetap ada syarat yang harus dipenuhi, antara lain harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan menunjukkan hasil tes negatif Covid-19, yang sampel tes diambil 48 jam sebelum keberangkatan.

Adapun aturan karantina selama 14 hari di fasilitas pemerintah hanya akan diberlakukan kepada traveler yang tidak mengikuti program vaksinasi Covid-19. Sedangkan anak-anak berusia 18 tahun ke bawah tidak terikat dengan aturan ini.

Dalam keterangannya, Sekretaris Pariwisata Filipina Berna Romulo-Puyat menerangkan, kebijakan pemerintah membuka kembali perbatasan untuk wisata diharapkan bisa membangkitkan lagi sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat, yang terkena imbas pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

“Hal ini akan memberikan kontribusi secara signifikan untuk pembukaan kembali lapangan pekerjaan, terutama di sektor pariwisata, dan kembali dibukanya bisnis , yang sebelumnya harus tutup,” jelasnya seperti dikutip CNN.

Pemerintah Filipina melalui lembaga terkait juga menekankan pentingnya traveler untuk mematuhi ketentuan dan protokol kesehatan yang diberlakukan di seluruh wilayah, termasuk di antaranya penggunaan masker di setiap aktivitas di luar ruang.

“Kami juga menyadari bahwa tidak ada ruang untuk lengah dengan melihat situasi virus yang tidak bisa diprediksi. Kami akan terus memonitor situasi dan memastikan protokol keamanan dan kesehatan tetap diterapkan di seluruh fasilitas pariwisata,” ungkap Romulo-Puyat lagi.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Filipina Yang Tersembunyi Dan Instagrammable Yang Harus Kamu Kunjungi

Karena Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang mendapatkan fasilitas bebas visa dari Filipina, terbuka kesempatan untuk setiap pemegang paspor Indonesia untuk jalan-jalan ke negara kepulauan ini. Tapi ingat untuk mematuhi  protokol kesehatan yang ditetapkan, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru