Awug Bandung Enak Dan 5 Tempat Terbaik Mendapatkan Kue Khas Ini

Pernah menikmati awug, jajanan khas Sunda yang bisa ditemukan di Bandung dan sekitarnya? Jika belum, masukkan kuliner ini sebagai salah satu penganan yang harus dicoba saat berkunjung ke Bandung.

Awug sendiri merupakan camilan khas yang dibuat dari tepung beras, gula merah, kelapa parut dan daun pandan sebagai pewangi. Cara memasaknya dengan cara dikukus, di mana tepung dan gula merah yang dipotong kecil-kecil, ditata sedemikian rupa secara berselang-seling dengan bentuk kerucut.

Awug paling pas dinikmati sesaat setelah dikukus, alias ketika masih hangat, cocok untuk menemani momen minum teh panas di sore hari.

Untuk membuatnya terbilang mudah. Namun, jika tak ingin repot, kamu bisa menemukan jajan pasar khas Sunda itu di sejumlah tempat di Bandung. Penasaran dengan rasa awug, kamu bisa mengunjungi sejumlah lokasi di Bandung ini untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Cekidot, ya!

1. Awug beras Cibeunying

awug bandung
Image credit: Awug Cibeunying

Bisa dikatakan awug Cibeunying ini menjadi salah satu yang paling melegenda di Kota Bandung. Sudah ada sejak 1975, toko yang menjual awug ini selalu ramai pembeli. Tidak hanya menjual awug, toko ini juga menjual sejumlah kue tradisional khas Sunda dan nusantara, seperti ongol-ongol, kelepon, naga sari, getuk dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jalan Jendral Ahmad Yani Nomor 361, Kacapiring, Cibeunying Kidul, Kota Bandung
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per kotak

2. Awug Ibu Siti Ujungberung, Bandung

Image credit: Awug Bu Siti

Berjualan di depan alun-alun Ujungberung, awug Ibu Siti termasuk salah satu yang melegenda di Kota Kembang. Awug yang dijual juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu gula arennya yang dibentuk seperti kerikil. Selain itu, kelapa parut yang jadi topping direbus sehingga tidak mudah basi. Soal rasa jangan ditanya, dijamin T.O.P.B.G.T.

Lokasi: Jl. A.H. Nasution No.148, Sukamulya, Cinambo, Bandung
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per kotak

3. Awug Metro

Buka di beberapa tempat, awug Metro menjadi salah satu penjaja yang mudah ditemukan di seantero Bandung. Di sini, kamu bisa memilih cara penyajian awug, dari satu dus awug, satu dus awug campur, satu seupan dan satu nampan komplet. Awug Metro terkenal karena lebih kenyal dan manis.

Lokasi: Jl. Venus Barat, Manjahlega, Rancasari, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per kotak

4. Awug Wa Ucuy

Image credit: Awug Wa Ucuy

Wa Ucuy lebih dikenal di Bandung karena kuliner colenaknya. Padahal, awug yang disajikan pun tidak kalah nikmat. Terkenal karena lembut dan manis, awug Wa Ucuy juga bisa dipesan melalui ojek online. Kualitasnya juga dijaga, lho!

Lokasi: Jalan Raya Cinunuk (Dekat Griya Cinunuk), Bandung
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per kotak

5. Awug Kabita Bandung

Salah satu penjaja awug di Bandung yang terkenal adalah Awug Kabita. Selain menjual awug, warung ini juga menjual makanan khas Sunda atau Bandung lainnya. Selain itu, berbagai jajanan khas nusantara juga bisa ditemukan di sini. Jangan sampai melewatkannya, ya!

Lokasi: Jalan Gempol Asri No.104 Kulon Kota Bandung,, Gempolsari, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per kotak

Baca juga: Minuman Khas Bandung Yang Wajib Dicoba Saat Wisata Kuliner

Tertarik menikmati awug Bandung yang enak, manis dan lembut di mulut ini?

 

Preview image credit: @kulinerbandung (kiri), Theresia Mariani (kanan)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru