10 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dan Tanpa Bekas Yang Bisa Kamu Coba

Munculnya jerawat memang menyebalkan. Selain membuat penampilan menjadi lebih kurang menyenangkan, kepercayaan diri pun ikut berkurang. Lalu, adakah cara menghilangkan jerawat secara cepat dan tanpa meninggalkan bekas, yang bisa membuat penampilan kamu kembali prima?

Namun, sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu apa itu jerawat. Jerawat merupakan kondisi yang terjadi ketika folikel kulit kamu tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ada banyak penyebab munculnya jerawat, seperti kondisi genetik, asupan makanan, tingkat stres, perubahan hormon dan infeksi.

Lalu, apakah jerawat bisa dihilangkan, atau setidaknya dikendalikan kemunculannya? Berbahagialah kamu karena ada banyak cara menghilangkan jerawat yang bisa dipilih. Tidak perlu menggunakan produk perawatan atau skincare yang mahal, langkah, tips dan cara membuat jerawat hilang dari wajah kamu ini terbilang murah dan relatif cepat. Penasaran dengan cara-caranya? TripZilla Indonesia merangkum sejumlah tips dan cara menghilangkan jerawat dari berbagai sumber dan jurnal di bawah ini.

1. Gunakan es batu pada jerawat kamu

Salah satu tahapan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengompres jerawat dengan es. Menurut dermatologis asal Amerika Serikat, Candace Marino, mengompres jerawat dengan es bisa membantu mengurangi pembengkakan, mengurangi besar jerawat dan mengurangi penampakan jerawat itu sendiri. Kamu bisa menempatkan es batu pada kain tipis dan mengompresnya di jerawat yang membandel selama beberapa menit. Opsi lain, kamu juga bisa menggunakan roller es. Lakukan beberapa kali dalam satu hari untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak.

2. Memencet adalah cara menghilangkan jerawat yang salah

Punya jerawat yang sudah berwarna merah, atau bahkan memutih, memang bikin gemes. Jari ini rasanya ingin segera membuatnya meletus dengan memencetnya. Namun, seperti yang kamu tahu, langkah tersebut adalah langkah memuaskan, tapi bukan langkah yang tepat untuk dilakukan.

Direktur kosmetik dan riset klinis dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City, Josh Zeichner, MD, mengungkapkan memencet jerawat bisa membuat kulit lebih rusak. Efeknya bisa menyebabkan pembengkakan, infeksi dan bahkan kerusakan jaringan. Alih-alih memencet, kamu bisa menutupnya dengan plester penutup jerawat.

3. Mengganti sarung bantal juga efektif, lho!

Munculnya jerawat juga terjadi karena sarung bantal yang tidak higienis. Pastikan bantal kamu tetap dalam kondisi bersih dengan mengganti sarungnya seminggu sekali. Jika ingin mengambil langkah yang lebih berani, ganti sarung bantal kamu ke bahan sutra karena bahan ini bisa mengurangi iritasi.

4. Jangan percaya 100% tahapan DIY terkait cara menghilangkan jerawat

Banyak informasi bohong dan hoaks yang tersebar di media sosial. Salah satu di antara informasi tidak bertanggung jawab itu biasanya terkait langkah DIY menghilangkan jerawat. Lakukan cek dan ricek atau setiap informasi karena jika kamu langsung mempercayai informasi tersebut, bisa jadi kulit wajah kamu semakin rusak.

Banyak efek negatif yang mungkin muncul atas pengaplikasian bahan-bahan atau produk skincare tertentu. Pastikan menggunakan produk skincare yang sesuai rekomendasi ahli dermatologi.

5. Tidak stress adalah cara menghilangkan jerawat terbaik

Dengan banyak tekanan pekerjaan, kuliah dan tuntutan hidup yang harus dipenuhi, lumrah jika kita dihadapkan pada situasi pikiran yang tertekan alias stres.

Secara medis, seperti diungkapkan Smita Ramanadham, MD, ahli bedah plastik tersertifikasi, stres dan kurang tidur bisa meningkatkan hormon kortisol, yang bisa membuat kulit meningkatkan produksi sebum atau minyak. Jumlah sebum dan minyak yang tinggi bisa menyumbat pori-pori atau bahkan menyebabkan situasi yang lebih buruk lagi.

“Penting sekali untuk bisa bersantai, mendapatkan me-time, meski hanya untuk beberapa menit untuk menurunkan tingkat stress,” jelasnya.

Cara menghilangkan jerawat di atas bisa dikatakan merupakan cara yang bisa dilakukan secara alami. Sementara di bawah ini adalah cara yang diambil dengan pendekatan lainnya.

6. Mengkonsumsi suplemen zinc

Zinc merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan sel, produksi hormon, metabolisme tubuh dan fungsi imun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawatan alami dengan menggunakan zinc hasilnya jauh lebih baik jika dibandingkan perawatan tanpa bantuan nutrisi ini.

7. Mengonsumsi minyak ikan

Hasil penelitian menunjukkan kandungan Omega 3 pada minyak ikan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan sendiri memiliki dua tipe asam lemak Omega 3, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) and docosahexaenoic acid (DHA). Menurut penelitian yang dirilis pada 2019, kandungan EPA dan DHA tinggi pada tubuh bisa membantu mengurangi faktor pembengkakan, yang bisa mengurangi risiko jerawat.

Omega 3 sendiri bisa didapat dari mengkonsumsi salmon, ikan sarden, teri, kenari, biji chia, biji rami tanah dan suplemen minyak ikan.

8. Berolahraga secara teratur

Ada hasil penelitian yang menunjukkan pengaruh positif antara olahraga dan munculnya jerawat. Seperti diketahui, kondisi metabolisme tubuh yang tidak stabil, produksi hormon berlebih dan diet yang salah bisa menyebabkan munculnya jerawat. Olahraga yang teratur bisa membantu menyeimbangkan kondisi tersebut, yang pada akhirnya mengakibatkan potensi munculnya jerawat mengecil.

Olahraga bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruang. Bagi yang beraktivitas di luar ruang, penting untuk menggunakan sunscreen setidaknya dengan kandungan SPF 30. Selain itu, pastikan untuk mencuci wajah setelah berolahraga.

9. Menggunakan skincare anti-jerawat jadi salah satu cara menghilangkan jerawat terbaik

Skincare dengan kandungan salicylic acid, seperti cleanser, krim jerawat, pelembab, toner, atau produk lainnya bisa membantu kamu untuk mengurangi efek jerawat. Perhatikan kandungan setiap skincare yang kamu punya agar perawatan bisa maksimal. Sesuaikan juga penggunaan skincare dengan kondisi kulit kamu.

10. Menemui dermatologis bisa sangat membantu

Pada akhirnya, saran dari dermatologis dan langkah yang harus dilakukan menjadi hal terpenting terkait cara menghilangkan jerawat. Dokter ahli kulit ini bisa memberikan saran dan produk terbaik untuk mengatasi masalah jerawat ini, termasuk pemberian obat maupun krim antibiotik.

Baca juga: Worth To Buy! 8 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Dari semua langkah di atas, kesabaran menjadi hal terpenting dalam upaya menghilangkan masalah di wajah kamu. Jadi, lakukan yang terbaik, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru