Hasil Studi: Virus Covid-19 Bisa Menyebar Lewat Buah Dan Sayuran

Kabar mengejutkan dirilis Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) Kementerian Kesehatan Singapura. Dari penelitian dan riset yang dilakukan belum lama ini, diketahui buah dan sayuran bisa menjadi media yang menularkan virus Corona penyebab Covid-19. Nah, lho!

Penelitian tersebut dilakukan dengan mengambil sampel dan melihat kasus penyebaran Covid-19 yang terjadi di Pasar Bukit Merah View dan Hawker Center, dengan total kasus mencapai 94 jiwa. Akibat dari kasus ini, kawasan pusat perdagangan ini ditutup hingga dua pekan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan NCID, diketahui ada kesamaan pada pasien dari klaster terbesar di Singapura itu, yaitu pasien tidak divaksinasi, tidak menggunakan masker dengan benar dan menyentuh buah dan sayuran secara sembarangan.

Diungkapkan Direktur Kesehatan Masyarakat dan Epidemiologi Nasional Singapura, Profesor Matthias Toh, NCID mendapati fakta bahwa pedagang, pemilik lapak dan pembeli, yang rata-rata sudah masuk kategori lansia dan kelompok rentan, memiliki kecenderungan mengemas barang dagangan sebelum dijual ke pembeli dan tidak melakukan tahapan cuci tangan sebelum dan setelahnya.

buah sayuran covid-19
Image credit: Cagin Kargi – Unsplash

Abainya langkah memenuhi salah satu protokol kesehatan tersebut, tidak mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan tidak mengenakan masker dengan benar, yang diduga kuat menjadi salah satu alasan mengapa terjadi klaster Covid-19 yang cukup besar di kawasan Pasar Bukit Merah View dan Hawker Center.

“Barang-barang yang berpotensi disentuh banyak orang sebelum membuat keputusan, barang itulah yang harus diperhatikan secara khusus karena bisa menjadi sumber penularan,” jelas Matthias Toh seperti dikutip The Strait Times.

Pentingnya cuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan mencuci buah serta sayuran untuk menghindari Covid-19

Hasil penelitian ini diharapkan bisa diambil sebagai pelajaran oleh semua masyarakat untuk meminimalkan penyebaran virus corona. Selain itu, hasil penelitian tersebut juga menegaskan pentingnya masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan secara ketat dan dengan disiplin tinggi.

Diungkapkan Konsultan Penyakit Menular di National University Hospital, Profesor Dale Fisher, rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer dengan benar menjadi langkah yang paling tepat untuk meminimalkan perpindahan virus corona dibanding dengan menggunakan sarung tangan, yang menurutnya malah berakibat pencemaran dan penyebaran di tempat lain.

“Jauh lebih baik untuk sering mencuci tangan. Membawa botol kecil yang berisi pembersih tangan berbahan dasar alkohol dan sering menggunakannya akan jauh lebih baik,” tandasnya.

Ditambahkannya, pembeli juga tidak boleh lupa untuk mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Jangan sampai buah dan sayuran, yang seharusnya bisa meningkatkan imun tubuh dan sumber nutrisi, malah menjadi media penularan virus Covid-19.

Baca juga: Vaksin Influenza Bantu Minimalkan Risiko Efek Berat Covid-19

Nah, sekali lagi, tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan dengan disiplin tinggi, ya? Selain itu, segera ikuti program vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah untuk segera mencapai herd-immunity di masyarakat.

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru