Curug Di Karawang, Destinasi Wisata Asyik Yang Harus Dikunjungi

Kalau kamu sedang mencari pilihan lokasi wisata alam yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, maka Karawang dapat kamu jadikan destinasi alternatif. Ada banyak destinasi wisata alam di Karawang dan salah satunya adalah curug.

Curug alias air terjun banyak digemari oleh pelancong karena selain asri dan enak dipandang, udara di sekitar curuh juga segar. Tidak sedikit juga curug di Karawan yang memiliki kolam untuk berenang. Tertarik mengunjungi beragam curug di Karawang, kamu dapat melihat rekomendasi TripZilla di bawah ini supaya tidak ada yang terlewat!

1. Merasakan derasnya air yang segar di Curug Bandung 

Image credit: @nursalimpasha

Curug Bandung ini merupakan salah satu curug yang populer di Karawang. Berada di kaki Pegunungan Sanggabuana, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang memikat saat perjalanan ke curug setinggi kira-kira 25 meter ini. Formasi bebatuan unik yang tersusun di tampak sangat cantik, tapi hati-hati tergelincir saat menaikinya ya! Debit air di Curug Bandung umumnya deras termasuk pada saat musim kemarau. Kolam yang terbentuk di curug ini mempunyai sisi-sisi yang dangkal dan dalam, jadi perhatikan langkahmu kalau kamu ingin berenang di sini.

Untuk sampai ke Curug Bandung, ada setidaknya tiga curug lain yang bisa kamu temui, seperti Curug Lisung yang tersembunyi, Curug Jodo dan Curug Cimata Heula. Meski tidak seberapa tinggi, nuansa alaminya tetap terasa.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Jam Buka: 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket:Mulai dari 10,000 IDR

2. Sejenak bersantai di Curug Peuteuy

Curug Peuteuy di Karawang
Image credit: @idharshidiq

Curug Peuteuy ini masih terletak dalam kawasan yang sama dengan Curug Bandung. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, situasi di curug ini nyaman dengan kolam yang cantik dan asri.

Untuk tiba di Curug Peuteuy, perjalanan mendaki harus kamu tempuh. Tapi jangan khawatir karena setibanya di sini, lelah di kakimu akan segera terobati. Bayangkan kamu bisa merendam kakimu di kolam di tengah pepohonan. Asyik, kan? Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari jalan utama, curug ini cocok untuk dikunjungi bersama keluargamu juga.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian di Curug Cikoleangkak

Image credit: andryan_w

Curug setinggi kurang lebih 30 meter ini dapat menjadi destinasi selanjutnya di penjelajahan wisata Karawang. Medan yang menantimu untuk ke Curug Cikoleangkak cukup menantang sehingga kamu perlu menyiapkan stamina dan atribut yang nyaman. Kamu akan melewati area hutan yang rimbun hingga mendaki bebatuan yang terjal sebelum dapat tiba di curug ini. Kalau kamu menyukai petualangan, wajib banget untuk menjelajah ke sini. Sepanjang jalan ke Curug Cikoleangkak, kamu juga akan menemukan curug-curug kecil yang pastinya dapat menyegarkan mata dan menjadi penambah semangatmu!

Alamat: Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

4. Curug Cigentis yang cantik dan sudah tertata rapi

Curug Cigentis
Image credit: Wikimedia

Curug Cigentis ini juga menjadi tujuan favorit di Karawang dan kawasan curugnya sudah ditata sehingga nyaman dikunjungi. Berada di ketinggian 1,000 mdpl, kamu akan merasakan udara yang sejuk di tengah rimbunnya tanaman. Sepanjang jalan menuju Curug Cigentis, kamu dapat menemukan banyak warung dan saung untuk beristirahat. Curug ini punya kolam yang aman untuk berenang dan kalau ingin lebih lama menikmatinya, kamu bisa berkemah di sini. Pilihan lain untuk menginap juga ada, karena sudah banyak homestay di sekitar Curug Cigentis.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket:Mulai dari 2,000 IDR

5. Jangan menunda untuk datang ke Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan di karawang
Image credit: @relixapip

Cantik, kan, curugnya? Meskipun harus menempuh jalan terjal, keindahan yang dijanjikan Curug Cipanundaan membuat para pelancong mau bersusah payah mengunjunginya. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan airnya tidak terlalu deras. Kalau sudah tiba di sini, kamu bisa juga berenang sambil melepas lelah. Letak Curug Cipanundaan ada di bawah Curug Cikoleangkak sehingga kamu bisa mampir saat melewatinya.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Menikmati tenangnya suasana di Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak
Image credit: andryan_w

Curug Cikarapyak yang masih terletak satu kawasan dengan Curug Cikoleangkak dan Curug Cipanundaan ini juga dapat kamu kunjungi. Trek yang sama menantangnya harus kamu lalui namun kamu akan dihibur dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan. Jika datang saat musim hujan kamu harus lebih berhati-hati karena jalan menuju ke curug ini akan semakin licin. Namun ini juga dapat menambah keseruan kalau kamu menyukai aktivitas wisata alam yang menantang.

Alamat: Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Menghabiskan waktu di Curug Cilalay alias Curug Santri

Curug Lalay di Karawang
Image credit: @rioazasmara04

Curug yang dikenal juga dengan sebutan Curug Lalay ini konon katanya ditemukan oleh lima orang santri sehingga dijuluki sebagai Curug Santri. Curug Cilalay ini letaknya tersembunyi dan belum terlalu ramai sehingga kamu akan merasa seolah-olah menemukan hidden gem. Fasilitas yang ada belum memadai sehingga kamu perlu membawa bekal sendiri jika ingin berekreasi ke sini. Kamu bisa puas berenang di bawah air terjunnya yang bersusun tiga dan bahkan ada area batu cadas yang sering dijadikan seluncuran. Memang seru dan panorama di sini indah banget!

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Menyusuri jalanan curam untuk melihat si kembar Curug Pengantin

curug di karawang
Image credit: @aldikadut22

Curug Pengantin ini terdiri dari dua curug yang saling berdekatan dan melimpahkan air yang dingin jernih ke kolam di bawahnya. Terdiri dari lima tingkat, curug ini mengesankan untuk dinikmati. Keindahan ini memang tidak bisa didapatkan dengan mudah karena akses menuju curug yang masih alami dan didominasi tebing curam. Kamu dapat memanfaatkan tali yang disediakan untuk berpegangan agar lebih aman. Jika sedang musim kemarau, biasanya hanya tiga tingkat curug yang terlihat dan kamu bisa melihat semua tingkat airnya pada saat musim hujan.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Merasakan Green Canyon mini di Curug Ciomas

Curug Ciomas di Karawang
Image credit: khoirul_wa

Satu lagi curug yang tidak boleh dilewatkan di Karawang, yaitu Curug Ciomas. Kini, Curug Ciomas disebut juga sebagai Green Canyon mini yang ramai dikunjungi pelancong untuk berenang. Banyak orang yang gemar terjun dari puncak Curug Ciomas yang punya ketinggian sekitar lima meter ini. Aliran air dari curug ini tampak menghijau dan dikelilingi tebing yang bisa mengingatkanmu dengan Green Canyon di Pangandaran. Meskipun lebih kecil, namun Green Canyon mini ini bisa bikin kamu asyik berenang hingga lupa waktu lho!

Alamat: Cikutamahi, Cariu, Perbatasan Karawang Bogor, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

10. Surga tersembunyi di Karawang, Green Canyon Loji

Image credit: @wisnurushadi

Terbentuk karena erosi Sungai Cijulang, Green Canyon Loji menjadi destinasi wisata alam paling eksotik yang bisa kamu kunjungi di Karawang. Bukan hanya karena pemandangannya yang rupawan, nuansanya juga teduh untuk dikunjungi.

Image credit: @kurdykurniawan11

Dibutuhkan sedikit usaha untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini, mengingat tempatnya yang tersembunyi. Namun, sesampainya di lokasi, kamu akan dibuat terpesona oleh pemandangan ngarai yang apik, plus air terjun setinggi tujuh meter yang Instagram-worthy.

Lokasi: Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Destinasi Wisata Alam Instagenic Karawang Untuk Getaway Singkat Kamu

Bagaimana, sudah tergoda untuk menjajal tantangan di curug-curug ini? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan saat datang untuk melestarikan keindahan alam dan membuat perjalanan wisatamu lebih nyaman!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru