7 Destinasi Wisata Alam Seru Di Cilegon Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kalau mendengar kata Cilegon, mungkin yang terbayang olehmu adalah kawasan padat industri yang jauh dari Jakarta. Sesungguhnya, Cilegon masih termasuk dalam provinsi Banten dan punya alam yang indah untuk dinikmati dan menjadi destinasi wisata.

Banyak lokasi yang bisa dieksplorasi di Cilegon. Mulai dari tingginya gunung hingga birunya laut, semuanya ada di sini. Ingin merasakan liburan yang berbeda? TripZilla Indonesia merekomendasikan berbagai tempat wisata alam yang asyik di Cilegon. Lihat di bawah ini, ya!

1. Wisata dan menikmati pemandangan asri yang bikin nyaman di Pulau Merak Besar Cilegon

pulau merak besar | wisata cilegon
Image credit: @dinanurfadilahh

Pulau Merak Besar merupakan pulau yang bisa kamu akses dari Pelabuhan Merak. Maka setibanya di pulau ini, kamu bisa melihat panorama lanskap perbukitan, kapal dan perairan yang tenang. Bawa bean bag atau hammock untuk membuat waktu santaimu semakin nyaman!

Image credit: @bpurnamasari

Pantainya aman untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk olahraga air. Kamu juga bisa menemukan situs tsunami Gunung Krakatau serta makam keramat yang biasa diziarahi oleh warga sekitar. Sudah terdapat fasilitas seperti warung makan jadi kamu tidak perlu khawatir jika perut mulai lapar.

Lokasi: Tamansari, Kec. Pulomerak, Cilegon
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Bersantai di hamparan batu karang yang menarik Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil | wisata cilegon
Image credit: @etanovrinca.21

Pulau Merak Kecil terletak tidak jauh dari Pulau Merak Besar. Mudah diakses dari Pelabuhan Merak, kamu tidak butuh waktu lama untuk bisa segera menikmati pemandangan menarik yang ada di sini.

Image credit: @setyomangun

Carilah sudut yang nyaman untuk bersantai dan berfoto. Kamu dapat mengabadikan kapal-kapal besar yang berlalu lalang hingga kapal-kapal nelayan. Selain itu, masih ada hewan liar seperti monyet sehingga sebaiknya kamu menjaga barang bawaan. Nikmat untuk melepas lelah sejenak, kan?

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pulomerak, Cilegon
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Menghirup udara segar dari puncak Batu Lawang

Bau Lawang Cilegon | wisata cilegon
Image credit: @tikasutika23

Wisata ke Batu Lawang asyik untuk dijajal bagi kamu yang gemar berjalan kaki. Untuk mencapai lokasi Batu Lawang, kamu perlu menyusuri perbukitan sejauh sekitar 6 kilometer. Jalan setapak yang diapit pepohonan akan membuat tubuh terasa segar. Pakailah atribut yang nyaman agar perjalananmu makin menyenangkan ya

Puncak Batu Lawang
Image credit: @xoxnll

Selain meningkatkan kebugaran, bonus lain setibanya di Batu Lawang adalah pemandangan yang cantik. Kamu dapat melihat semaraknya kota dari atas, mulai dari hijaunya lembah hingga siluet Gunung Karang dan Gunung Pinang yang terletak di sekeliling Cilegon. Mantap!

Lokasi: Jl. Batu Lawang, Gerem, Kec. Gerogol, Kota Cilegon
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Bukan di Bali, Gunung Batur ini ada di Cilegon

Gunung Batur Cilegon | wisata cilegon
Image credit: @ranaefendidasilva07

Kalau kamu kangen ingin mendaki gunung, kamu dapat mencoba naik ke puncak Gunung Batur. Gunung Batur yang ini ada di Cilegon dan cocok bagi pendaki pemula. Jalan menuju ke puncak gunung sudah tertata dan pemandangan apik seperti ini menunggumu di puncaknya. Sebelum tiba di puncak, kamu pun dapat mencoba bermain gantole untuk menambah keseruan. Pokoknya asyik deh!

Lokasi: Desa Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Hijaunya Bukit Teletubbies yang enak dipandang

bukit teletubbies cilegon | wisata cilegon
Image credit: @dhonanovita_

Suasana unik akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke Bukit Teletubbies. Matamu akan leluasa melihat hamparan perumahan penduduk, perbukitan dan kawasan industri. Kamu akan mendapatkan sudut yang tidak biasa untuk menambah koleksi foto-fotomu di sini.

Bernama asli Bukit Kembang Kuning, udara yang terasa di sini masih sejuk sehingga sesuai untuk hiking. Kalau kamu datang di musim kemarau, rerumputannya akan terlihat berwarna kecoklatan. Jika ingin mendapatkan panorama yang lebih asri, maka kamu bisa memilih datang di musim penghujan. Mana yang kamu suka?

Lokasi: Suralaya, Cilegon, 42439, Suralaya, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

6. Wisata dan melepas lelah di puncak Bukit Batu Gambir Cilegon

wisata cilegon
Image credit: @lyani_am

Satu lagi bukit yang terkenal di Cilegon yaitu Bukit Batu Gambir. Bukit ini juga bisa jadi sarana olahraga ringan yang pas karena dapat ditempuh dengan berjalan kaki santai. Sepanjang jalan, pemandangan lembah yang hijau akan menghibur matamu dan mengusir rasa penat.

Image credit: @duhamade

Ketika menjelajahi bukit ini, kamu akan merasakan ketenangan yang sulit didapatkan di kota besar. Kamu pun dapat membawa bekal agar perjalananmu terasa makin seru. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitarmu ya!

Lokasi: Tamansari, Pulomerak, Kota Cilegon
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Wisata dan menikmati eksotisnya suasana danau di Situ Rawa Arum Cilegon

wisata cilegon
Image credit: @tikasutika23

Cilegon juga punya wisata danau lho, namanya Situ Rawa Arum. Konon katanya kamu memang dapat mencium aroma harum didanau ini, berasal dari aroma bunga teratai putih yang tumbuh di sekitar danau. Area yang sudah ditata rapi akan memudahkanmu untuk menikmati suasana tenang dan damai di Situ Rawa Arum.

Image credit: @irsyadmuftii

Kamu juga bisa memancing di danau yang konon terbentuk akibat tsunami karena Gunung Krakatau di tahun 1883. Siap-siap merasakan nyamannya duduk dan menikmati waktu tanpa tergesa-gesa di tempat ini. Awas, jangan sampai lupa untuk pulang ya!

Lokasi: Tegalwangi, Kec. Grogol, Kota Cilegon
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Tempat Wisata Di Lebak, Banten Yang Asyik Dan Instagrammable

Pencinta gunung, laut atau bukit, semuanya punya lokasinya masing-masing di Cilegon. Jadi bertambah lagi, deh, tujuan wisata alam yang bisa kamu jelajahi dari Jakarta! Ayo, tunggu apa lagi!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru