17 Destinasi Wisata di Gorontalo Yang Tidak Kalah Menarik Untuk Liburan

Kalau Aceh terkenal dengan julukan Serambi Mekkah maka Gorontalo dikenal dengan julukan Serambi Madinah. Provinsi Gorontalo dulunya merupakan bagian dari provinsi Sulawesi Utara hingga pada tahun 2006 menjadi provinsi tersendiri.

Buat kamu para pecinta resort pantai pasti sudah tidak asing lagi dengan Pulo Cinta Eco Resort. Nah, Pulo Cinta ini termasuk dalam wilayah Gorontalo lho. Selain itu, masih banyak pula tempat-tempat wisata di Gorontalo lain yang bisa kamu kunjungi dan tentunya tidak kalah menarik dengan destinasi wisata di provinsi lain.

1. Benteng Unik Di Atas Bukit, Benteng Otanaha

wisata-di-gorontalo
Image credit: @adimukti

Benteng yang berada di atas puncak bukit ini menawarkan panorama Gorontalo 360 derajat. Meski hanya menyisakan dinding dasar, benteng ini masih terkesan kokoh. Untuk mencapai bangunan benteng di atas bukit kamu perlu mendaki setidaknya 351 anak tangga dengan kemiringan 60 derajat. Di puncaknya kamu bisa menikmati pemandangan Teluk Tomini serta Danau Limboto yang mempesona.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

2. Pesona Alam Bawah Laut Gorontalo, Taman Laut Olele

wisata-di-gorontalo
Image credit: @m.r.w16 (kiri), @rickyrky (kanan)

Dari namanya, sudah bisa ditebak kalau tempat wisata di Gorontalo ini merupakan arena bermainnya pecinta snorkeling dan diving. Taman Laut Olele berada di lokasi Pantai Olele yang berpasir putih dan berair jernih. Banyak sekali spot penyelaman favorit di Taman Laut Olele. Salah satu yang jadi daya tarik adalah keberadaan coral endemik yang bentuknya mirip dengan lukisan Salvador Dali sehingga disebut Salvador Dali coral. Penasaran seperti apa bentuknya? Yuk, liburan ke sini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

3. Resort Ala Maldives Di Gorontalo, Pulo Cinta

wisata di gorontalo
Image credit: @monicaevarini (kiri), @luxurybackapcking (kanan)

Tempat yang satu ini memang sedang happening di sosial media. Bagaimana tidak? Tempatnya mirip sekali dengan resort mewah yang ada di Maldives. Pulo Cinta terletak di Teluk Tomini dan merupakan pulau dengan hamparan pasir putih yang luas. Di sini dibangun sebuah eco-resort yang menawarkan sensasi menginap di tepian pantai. Sebuah pengalaman yang tentunya harus kamu coba setidaknya sekali seumur hidup.

Klik di sini untuk melihat informasi booking selengkapnya

4. Menyepi Di Pulau Pasir Putih, Pulau Saronde

wisata di gorontalo
Image credit: @edhygusmayanto (kiri), @fajarnasution (kanan)

Serupa tapi tidak sama dengan Pulo Cinta, Pulau Saronde juga memiliki pantai berpasir putih yang aduhai. Bedanya, di sini kamu bisa menemukan pulau dengan daratan dan bisa kamu jadikan tempat berkemah lho. Seru sekali bukan? Tidak hanya snorkeling tapi kamu juga bisa naik banana boat hingga belanja oleh-oleh khas Gorontalo.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5. Berkenalan Dengan Hiu Paus, Pantai Botubarani

wisata di gorontalo
Image credit: @cungkring

Bukan sekedar pantai biasa, Pantai Botubarani menawarkan pengalaman mengunjungi pantai yang unik. Di pantai ini kamu tidak hanya sekedar bisa bersantai di bibir pantai tapi juga berkenalan dengan hius paus yang menyambangi kawasan perairan Gorontalo. Wisata hiu paus ini tergolong destinasi wisata di Gorontalo yang masih baru. Sampai bulan Juni 2018, tercatat ada delapan hiu paus yang hidup sejauh 30 meter dari garis Pantai Botubarani. Kapan lagi bisa melihat hiu paus dari jarak dekat?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

6. Relaksasi Badan Dan Jiwa Di Pemandian Air Panas Lombongo

wisata di gorontalo
Image credit: @ryanfjr

Berlokasi sekitar 17 km dari Kota Gorontalo, kamu bisa merilekskan badanmu di pemandian air panas Lombongo. Sebenarnya, di sini terdapat dua kolam alami dengan air panas dan air dingin. Kolam air panasnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika tidak ingin berendam, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar area pemandian yang sejuk dan asri. Pemandiannya dikelilingi pemandangan dengan suasana pedesaan yang sangat indah juga bakal bikin kamu betah berlama-lama di sini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

7. Cantiknya Teluk Tomini Dari Bukit Cinta

wisata di gorontalo
Image credit: @indiraratna

Melihat Teluk Tomini dari ketinggian? Kenapa tidak? Bukit Cinta adalah salah satu tempat wisata di Gorontalo yang jadi favorit para anak muda. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Botubarani. Di sini terdapat fasilitas gardu pandang dengan latar belakang Teluk Tomini yang cantik. Selain Teluk Tomini kamu juga bisa melihat pemandangan Kota Gorontalo lho. Menyenangkan sekali bukan?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

8. Masjid Dengan Pemandangan Alam Memukau, Masjid Kubah Emas Walimah

wisata di gorontalo
Image credit: @sitihardiyanti_bola (kiri), @moh_tio (kanan)

Masjid yang terletak di bukit ini merupakan salah satu tempat wisata di Gorontalo yang bertema religi. Selain itu, kamu juga bisa berfoto di area kolam masjid dengan latar belakang pemandangan alam Gorontalo yang mempesona. Lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, membuat masjid ini tenang dan jauh dari keramaian. Jika ingin berkunjung kemari, pastikan untuk tetap menjaga ketenangan ya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi.

9. Berkemah Sambil Menikmati Kota Gorontalo Dari Ketinggian, Bukit Layang

wisata di gorontalo
Image credit: @nasruljh

Berbeda dengan Bukit Cinta yang menyajikan pemandangan Teluk Tomini, Bukit Layang khusus menghadirkan suasana dan pemandangan kota Gorontalo dari ketinggian yang tidak kalah cantiknya. Ketinggiannya sekitar 700 meter di atas permukaan laut, jauh lebih tinggi dari Bukit Cinta. Untuk menuju ke puncak bukit kamu perlu sedikit trekking ringan. Kamu pun juga bisa berkemah di atas bukit untuk berburu indahnya pemandangan matahari terbit di Kota Gorontalo.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10. Desa Terapung Suku Bajo, Desa Torosiaje

wisata di gorontalo
Image credit: @suryadi.sulthan

Meski lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Gorontalo, sekitar 7 jam perjalanan darat. Namun desa tradisional Torosiaje ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. Desa ini memiliki keistimewaan berada terapung di atas pantai. Rumah-rumahnya dibuat dengan sederhana dari material kayu. Desa ini banyak didominasi oleh suku Bajo yang masih mempertahankan nilai-nilai kearifan suku Bajo khususnya ketika melaut.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

11. Sejuknya Pesantren Alam Desa Adat Bubohu

wisata di gorontalo
Image credit: @opan._ (kiri), @christienre (kanan)

Nah, kalau desa yang satu ini lebih dikenal sebagai desa wisata religius. Karena di desa ini ternyata dijadikan tempat para santri belajar ilmu agama Islam. Namun karena terdapat bentuk pondokan yang unik serta suasana pedesaan yang menenangkan, desa ini kerap dikunjungi para wisatawan sekedar untuk menjernihkan pikiran. Di desa inilah terdapat lokasi Masjid Kubah Emas Walimah yang terkenal.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

12. Menyusuri Pantai dengan Tebing Megah, Pantai Biluhu

wisata di gorontalo
Image credit: @lecka_smenkqiuw

Perjalanan ke pantai berbukit ini cukup menantang. Kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat Kota Gorontalo, kamu harus melewati jalanan dengan tanjakan yang berkelok. Namun, perjalanan itu akan terbayar lunas sesampainya di Pantai Biluhu. Pantai ini cukup tenang dengan pemandangan tebing setinggi 100 meter yang menjulang megah di bibir pantai. Selain itu kamu juga bisa menikmati alam bawah laut Pantai Biluhu yang masih terjaga. Dijamin tidak akan rugi melancong kemari.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

13. Berburu Senja Nan Syahdu Di Danau Limboto

wisata di gorontalo
Image credit: @apin_suleman

Danau Limboto adalah salah satu danau terbesar di Sulawesi sekaligus tempat wisata di Gorontalo yang sudah lama terkenal. Danau ini merupakan muara dari lima sungai yang ada di Gorontalo. Di sini kamu bisa mengamati kehidupan para nelayan tradisional sekaligus menikmati hasil tangkapannya. Banyak warung yang tersedia di sekitar Danau Limboto menawarkan sajian kuliner khas Gorontalo yang unik dan tidak ada duanya. Jangan lupa datang pada waktu senja untuk menikmati suasana syahdu Danau Limboto ya!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

14. Bukit Savana Bak Permadani Di Pulau Diyonumo

wisata di gorontalo
Image credit: @yusni_mustafa

Seperti pulau yang tidak berpenghuni pada umumnya, akses menuju ke pulau Diyonumo ini memakan cukup banyak waktu. Kurang lebih total 3.5 jam waktu yang dibutuhkan untuk menuju pulau ini dari pusat Kota Gorontalo. Di sini kamu bisa memancing, berkemah dan hidup ala survivor. Sekilas memang pulau ini nampak seperti pulau terpencil pada umumnya, pantai pasir putih, air jernih, dan hutan. Namun cobalah menaiki bukit kecil di pulau ini maka kamu akan menemukan hamparan padang rumput dan pemandangan yang luar biasa mempesona.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

15. Megahnya Pancuran Air Terjun Taludaa

wisata di gorontalo
Image credit: @mailbiga

Air terjun dengan ketinggian 42 meter dan lebar kurang lebih 15 meter ini merupakan salah satu air terjun terbesar di Gorontalo. Di sekitar area air terjun terdapat kawasan agrowisata dimana kamu bisa menemukan aneka pohon buah tropis seperti nangka, durian, dan langsat. Untuk menuju ke lokasi air terjun kamu perlu berjalan sejauh 2 kilometer dari area pintu masuk kawasan agrowisata. Namun perjalananmu tidak akan terasa lelah karena pemandangan sepanjang jalan yang menakjubkan.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

16. Menikmati Sejuknya Percikan Air Terjun Didingga

wisata di gorontalo
Image credit: @marina_soraya_lubis

Nah, air terjun yang satu ini sangat unik karena airnya melewati dinding batuan berwarna hitam legam yang eksotis. Air jernih putih yang turun tampak kontras dengan dinding batu berwarna hitam. Meski harus berjalan sejauh tiga kilometer untuk menuju lokasi air terjun, namun dijamin kamu tidak akan menyesal datang kemari.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

17. Air Terjun Yang Menenangkan, Air Terjun Ayuhulalo

wisata di gorontalo
Image credit: @bayuhanafi._

Satu lagi air terjun di Gorontalo yang harus kamu kunjungi, namanya Air Terjun Ayuhulalo. Meski tidak semegah Air Terjun Taludaa dan Didingga, namun Air Terjun Ayuhulalo ini tetap menarik untuk dikunjungi. Apalagi panorama alam sekitarnya yang masih asri akan membuat pikiran dan jiwamu seolah segar kembali.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Baca juga: 15 Destinasi Wisata di Manado dan Sekitarnya Yang Memesona

Sudah kebayang kan gimana serunya liburan ke Gorontalo? Yuk, tunggu apalagi, segera rencanakan liburanmu berikutnya ke Bumi Maleo, Gorontalo. Jangan lupa bagikan foto liburan favoritmu dengan tagar #TripzillaTraveller dan dapatkan kesempatan difitur di IG TripZilla Indonesia ya.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru