10 Destinasi Wisata Di Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Di Lombok Dengan Sejuta Pesona

Wisata Mandalika menjadi perhatian tersendiri setelah beberapa bulan lalu menjadi tuan rumah gelaran bergengsi World Superbike 2021. Keindahan yang ditawarkan pun menambah keistimewaan Lombok sebagai salah satu destinasi wisata yang istimewa di Indonesia.

Berada di Lombok Tengah, kawasan Mandalika digarap secara khusus untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga Nusa Tenggara Barat secara umum, dengan ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Dengan wilayah seluas 1,036 hektar dan menghadap ke Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan bisa mengangkat sektor pariwisata di NTB.

Potensi wisata di Mandalika cukup menjanjikan, namun tidak banyak yang mengetahui keindahannya. Mulai dari pesona pantai hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau, termasuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar kejuaraan balap motor internasional MotoGP pada 2021 mendatang, inilah tempat wisata di Mandalika dengan nuansa eksotis dan tropis yang bisa kamu kunjungi.

1. Bukit Merese, spot menikmati sunset terbaik

Jika punya kesempatan mengunjungi KEK Mandalika, dan tertarik menikmati sunset dengan nuansa terbaik, Bukit Merese adalah salah satu spot yang harus dikunjungi.

wisata mandalika
Image credit: @jovi_travel

Bukan hanya lanskap bukitnya yang keren, pemandangan yang disajikan di bukit ini juga menjadi salah satu daya tarik untuk menikmati keistimewaan wisata di Mandalika.

Image credit: @buyung011

Momen terbaik berada di sini adalah saat sunset. Bayangkan, melihat matahari yang perlahan tenggelam di ufuk barat di atas bukit yang hijau, ditemani pemandangan laut yang luar biasa dan tiupan angin yang istimewa. Susah mencari tandingan sensasi seperti ini.

Lokasi: Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

2. Goa Kotak, eksotisme goa yang tidak biasa

wisata mandalika
Image credit: @ritajr_

Seperti namanya, goa ini berbentuk kotak. Keunikan inilah yang membuat destinasi wisata di Mandalika ini menjadi ngehits.

Image credit: @name_gustii

Bukannya berbentuk lorong panjang yang menyempit atau melebar, Goa Kotak menghadirkan goa dengan lorong berbentuk kubus, tanpa stalagmit atau stalagtit, dan di ujungnya menyajikan pemandangan laut lepas yang luar biasa.

Image credit: @rudiart

Asyiknya lagi, letak goa ini berada di atas bukit, sehingga siapapun bisa menikmati keindahan panorama alam di Mandalika.

Lokasi: Jalan Pantai Mawi, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar

3. Desa Adat Sade, bergumul dengan kearifan lokal

Image credit: @uchiha_wadana

Oke, yang tertarik melihat seperti warga lokal Lombok dan suku sasak berkegiatan setiap harinya, Desa Adat Sade menjadi destinasi wisata di Mandalika yang bisa dikunjungi.

wisata mandalika
Image credit: @janjalantrip

Kamu tidak hanya bisa berkeliling desa, melihat bangunan tradisional dan menyaksikan adat istiadat yang terus dilestarikan, tapi juga bisa menyatu dengan warga lokal dalam tarian, permainan dan aktivitas menarik lainnya.

Image credit: @rezadiasjetrani

Yang memiliki waktu luang lebih, tidak ada salahnya belajar menekuni kegiatan menenun kain khas Lombok, songket. Kamu juga bisa belajar setiap proses pengerjaannya, mulai dari proses pemintalan, pewarnaan hingga penyimpanan kain yang sudah selesai ditenun. Dijamin berkesan banget, lho!

Lokasi: Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

4. Desa Adat Ende, wisata menjelajah di desa Suku Sasak Mandalika

wisata mandalika
Image credit: @meet_native_rinca_

Selain Desa Adat Sade, juga ada Desa Adat Ende, yang dihuni oleh sekitar 37 kepala keluarga dari suku Sasak. Di sini, kamu bisa melihat sepenuhnya kehidupan warga suku Sasak yang sangat tradisional.

Image credit: @lafainaikat.artisangoods

Kamu bisa berkeliling desa, yang dipenuhi dengan rumah khas suku sasak, yang terbuat dari anyaman alang-alang dan bambu dengan lantai dari tanah yang dicampur kotoran kerbau atau sapi. Kamu juga bisa melihat aktivitas warganya, dan jika beruntung menyaksikan proses pernikahan warga yang menarik.

Lokasi: Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

5. Batu Payung, landmark alami Mandalika

Jika kamu mencari landmark KEK Mandalika, Batu Payung seharusnya bisa dinobatkan untuk itu. Kekhasan bentuk batu karang di pinggir laut yang luas dan memiliki popularitas yang mendunia menjadi alasan untuk itu.

wisata mandalika
Image credit: @towzonglin

Karang berbentuk payung ini berada di kawasan Pantai Tanjung Aan. Kamu tidak akan menjumpai pantai berpasir di sini, melainkan pantai dengan batu karang dan salah satunya yang paling menonjol adalah karang berbentuk payung, jika dilihat dari kejauhan.

Image credit: @blacktoner_5150

Tidak sedikit yang menjadikan Batu Payung ini sebagai latar berselfie. Selain karena memang ikonik banget, pemandangan di sekitarnya juga istimewa. Tertarik berfoto di sini?

Lokasi: Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

6. Pantai Kuta Mandalika, tempat wisata ngehits di Mandalika

wisata mandalika
Image credit: @labuanbajotour

Pantai ini berada di KEK Mandalika. Daya tariknya, selain sebagai teras dari lautan biru, adalah perbukitan hijau di kejauhan dan pantainya yang berpasir putih nan lembut.

Image credit: @handrisna77

Pantai Kuta Mandalika ini juga sudah digarap secara khusus, yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata di Mandalika yang cukup difavoritkan dan ngehits. Beragam fasilitas tersedia, termasuk arena bermain dan tempat belanja makanan.

Lokasi: Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

7. Pantai Seger, lanskap yang mengesankan

Salah satu destinasi wisata di Mandalika yang ngehits adalah Pantai Seger. Lanskapnya yang unik dengan pemandangan yang indah menjadi daya tarik yang tidak bisa dilewatkan.

wisata mandalika
Image credit: @felgra_photography

Dari pantai Seger, kamu bisa menikmati pantai berpasir putih, ombak yang pas untuk berselancar dan gugusan bukit yang keren dinikmati dari kejauhan. Belum lagi susunan karang yang menarik untuk dijelajahi lewat snorkeling atau berkano.

Image credit: @travelerbaper_

Pantai Seger juga identik menjadi tempat bagi wisata mencari cacing nyale dalam Festival Bau Nyale di setiap tahunnya. Monumen Putri Nyale juga menambah keindahan tersendiri dari lanskap alam yang disajikan.

Lokasi: Kuta, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar

8. Pantai Tanjung Aan, pantai eksotik yang asyik

Jika Pantai Kuta Mandalika terlalu ramai untuk dikunjungi, Pantai Tanjung Aan bisa menjadi alternatif terbaik untuk disambangi saat wisata di Mandalika.

wisata mandalika
Image credit: @your_passport

Selain lebih sepi, pantai ini menyuguhkan pesona alam yang istimewa. Pantainya yang putih dengan pasir yang lembut, ombak yang ideal untuk berselancar serta gugusan perbukitan yang hijau terlihat indah dari kejauhan.

Image credit: @goingworldwild

Meski tidak banyak dikunjungi wisatawan, pantai ini memiliki fasilitas umum yang memadai. Selain itu ada beberapa spot Instagrammable yang disediakan secara khusus untuk para Selebgram wannabe.

Lokasi: Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

9. Pantai Serenting, tempat wisata Mandalika dengan ‘jamur’ unik

Pantai Serenting juga bisa menjadi destinasi wisata alternatif di Mandalika. Namun demikian, nuansa asyik dan keindahannya tidak kalah dengan pantai ngehits lain di Mandalika.

wisata mandalika
Image credit: @soniaparamartha

Seperti halnya pantai indah lain di Mandalika, Pantai Serenting juga memiliki pasir putih yang lembut dengan ombak yang asyik untuk berselancar.

Salah satu spot ikonik di Pantai Serenting adalah tengkong alias jamur dalam bahasa Sasak, yang terletak di tengah laut. Pantai ini juga cenderung sepi, jadi pas untuk dijadikan tempat bersantai tanpa banyak gangguan.

Lokasi: Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

10. Pantai Gerupuk, spot menari bersama ombak

Pecinta surfing wajib mengunjungi Pantai Gerupuk saat wisata di Mandalika. Pasalnya, ada sejumlah spot asyik untuk menari bersama ombak, seperti Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left).

Image credit: @ule60hz

Bukan hanya karena sensasi ombaknya yang diakui oleh peselancar internasional, pantainya juga memiliki karakter keindahan khas pantai-pantai di Lombok, yaitu berpasir putih lembut dan dikelilingi perbukitan hijau yang indah.

Jika enggan memompa adrenalin, sekadar bersantai dengan berjalan-jalan di pinggiran pantai juga bisa menjadi aktivitas yang asyik, kok!

Lokasi: Pagutan Bar., Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

Baca juga: Itinerary Wisata Lombok 3H2M Untuk Liburan yang Tak Terlupakan

Nah, selain menikmati kejuaraan MotoGP pada 2021 mendatang, sudah tahu kan destinasi dan tempat wisata di Mandalika yang bisa kamu kunjungi? Tapi, mengapa tidak berangkat sekarang juga?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru