10 Destinasi Wisata Di Purwakarta Yang Anti-Mainstream Dan Instagramworthy

Pernah mempertimbangkan berkunjung ke Purwakarta? Jika belum, tidak ada salahnya untuk berpikir menghabiskan waktu dan berlibur di salah satu kota di Provinsi Jawa Barat tersebut. Bukan hanya karena jaraknya yang cukup dekat dengan Jakarta, sekitar tiga jam perjalanan darat, atau satu jam perjalanan dari Bandung, tapi juga banyak destinasi wisata di Purwakarta yang anti-mainstream dan cukup berbeda.

Dengan dianugerahi kekayaan alam dan pemandangan yang aduhai, Purwakarta pun memaksimalkannya dan menjadikan sejumlah spot sebagai destinasi wisata yang keren. Jika tidak berlibur ke Bogor, Garut, Sukabumi atau Bandung, tidak ada salahnya juga mengunjungi destinasi wisata di Purwakarta yang oke punya. Beberapa spot di bawah ini bisa menjadi jujukan kamu, tidak hanya untuk berlibur, tapi juga menambah koleksi foto di akun Instagram kamu. Soalnya, sejumlah spotnya Instagramworthy banget, lho!

1. Waduk Jatiluhur, waduk yang menawan hati

Image credit: @kopites_man

Siapa yang menyangka sebuah waduk bisa begitu indah dan memiliki pemandangan yang mempesona?

Image credit: @ganjarviboy

Waduk Jatiluhur menjadi bendungan yang memiliki makna penting bagi warga Purwakarta dan sekitarnya. Dari waduk seluas 4,500 kilometer persegi ini, air dari Sungai Citarum dimaksimalkan sebagai sumber air untuk PLTA, pengairan, air minum dan banyak lagi lainnya.

Image credit: @faizabrarr

Saat ini, sektor pariwisata di sekitar bendungan juga dilakukan. Banyak spot cantik untuk dijadikan background foto, memancing hingga sekadar bersantai di pinggiran danau. Menarik, bukan?

Lokasi: Kutamanah, Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat

2. Spot gardu pandang dengan panorama yang Instagrammable di Bukit Panenjoan

Image credit: @adityasuryap33

Satu lagi spot asyik diciptakan untuk penggila swafoto, Bukit Panenjoan.

Memaksimalkan potensi alam dengan panorama yang aduhai, Bukit Panenjoan pun memiliki sejumlah spot untuk menikmati lanskap yang menarik itu. Menambah daya tarik, gardu pandang pun diciptakan se-Instagenik mungkin.

Image credit: @ben__kapp

Istimewanya, selain spot yang instagrammable, kamu bisa melihat seperti apa alam pedesaan di Purwakarta, pesona dan lanskap yang ada. Kamu bisa menggambarkannya?

Lokasi: Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit, Darangdan, Sindangpanon, Bojong, Sindangpanon, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

3. Sisi lain menikmati Waduk Jatiluhur di Gunung Lembu

Image credit: @abdulazisramdani

Ingin melihat Waduk Jatiluhur dari sisi yang berbeda, ke Gunung Lembu saja!

Selain trek ke puncak yang tidak sulit, dan juga tidak cukup melelahkan, pemandangan yang bisa kamu dapatkan ketika sampai di puncak menjadi bonus yang luar biasa besar untuk dinikmati.

Image credit: @hilmanimanuddin

Bayangkan, melihat Waduk Jatiluhur yang luas, deretan keramba dan perahu nelayan yang berjajar satu sama lain seakan hendak berlomba, ditemani angin sejuk menyegarkan, dipayungi matahari yang hendak rebah ke peraduan, adem banget rasanya, lho!

Lokasi: Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

4. Menguji adrenalin para pendaki di Gunung Parang

Image credit: @gunungparang_badega

Tertarik menguji keberanian dan talenta olahraga panjat tebing? Gunung Parang bisa menjadi destinasi wisata di Purwakarta yang pas untuk membuktikannya.

Image credit: @hasnatyas

Melalui via ferrata, kamu sudah bisa merayap di lereng tebing Gunung Parang dengan aman. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati pemandangan dan lanskap Purwakarta dari spot yang mengesankan.

Image credit: @al_bunyani

Untuk menambah pengalaman wisata kamu, tidak ada salahnya juga menyewa kamar di hotel gantung Skylodge Padjajaran Anyar. Sensasinya yang sama menginap di alam terbuka di pinggiran tebing batu mungkin hanya bisa kamu rasakan di Cile, Amerika Selatan. Wow!

Lokasi: Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

5. Kuburan yang menyenangkan di Stasiun Purwakarta

Image credit: @pergidulu

Kuburan identik dengan hal yang menyeramkan. Tapi di Purwakarta, kuburan gerbong kereta api malah menjadi destinasi yang mengesankan.

Image credit: @ananuranita

Lokasinya tepat berada di Stasiun Kereta Api Purwakarta. Gerbong-gerbong yang sudah tidak terpakai ditumpuk begitu saja di seberang stasiun, tepat di depan ruang tunggu penumpang. Dengan warnanya yang khas, gerbong-gerbong ini pun menawarkan spot foto yang Instagrammable.

Image credit: @zaarifin_

Jika ada kesempatan berkunjung ke Purwakarta dengan menggunakan kereta api, tidak ada salahnya mampir dan berfoto di sini, lho!

Lokasi: Nagri Tengah, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

6. Melihat air mancur menari yang eksotis di Taman Air Mancur Sri Baduga

Image credit: @mihadi_11

Jika Hong Kong memiliki Symphony of Lights Ocean Park dan air mancur menari yang ikonik, Purwakarta menawarkan sensasi yang tidak kalah menariknya, Air Mancur Sri Baduga.

Air mancur terbesar di Asia Tenggara ini mengadakan pertunjukan air mancur setiap Jumat dan Sabtu malam dengan dua atraksi setiap harinya. Dijamin, kamu akan dibuat terpesona kala mengunjungi destinasi wisata di Purwakarta ini.

Untuk menambah kesan yang asyik, kamu juga bisa mengunjungi kampung Sate Maranggi, yang tepat berada di depan Situ Buleud. Asyik, toh!

Lokasi: Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

7. Kolam semi-infinity yang mengesankan di Kolam Mata Air Cijanun

Image credit: @sisadoe

Tertarik berenang dengan pemandangan yang asyik dan mengesankan di Purwakarta? Kolam Mata Air Cijanun di wilayah Bojong mungkin bisa menjawab ketertarikan kamu.

Image credit: @wirawanfirst

Kolamnya bisa dikatakan tidak cukup luas, hanya 160 meter persegi, dengan kedalaman tiga meter. Namun yang menjadikannya menarik adalah arsitektur kolam yang semi-infinity, dengan panorama pepohonan, kebun dan persawahan warga yang aduhai.

Image credit: @wnisan

Airnya yang jernih menambah keseruan bermain di kolam ini. Kamu juga bisa bermain di stone garden yang berada tidak jauh dari kolam untuk menambah koleksi foto di akun Instagram. Asyik, kan?

Lokasi: Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta, Jawa Barat
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

8. Menjelajah lereng Gunung Batok dari Sasak Panyawangan

Image credit: @arin.mf

Spot lain yang tidak bisa dilewatkan untuk dikunjungi untuk liburan keluarga di Purwakarta adalah Sasak Panyawangan. Di sini, kamu bisa menikmati Gunung Bongkok dengan cara yang berbeda.

Image credit: @dimas.sjaptr9

Jembatan bambu yang dianyam menjadi titian untuk kamu berjalan dan berkeliling menikmati panorama alam Purwakarta dan sekitaran Gunung Bongkok yang asyik.

Image credit: @idhayhidayat

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat kemegahan Waduk Jatiluhur dari sisi yang sepenuhnya berbeda. Nuansanya juga asyik banget, lho!

Lokasi: Sukamulya, Tegal Waru, Purwakarta, Jawa Barat
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

9. The Colorville, taman bermain untuk keluarga

Image credit: @the_colorville

Taman hiburan dengan beragam wahana bermain yang tidak bisa kamu lewatkan di Purwakarta adalah The Colorville, yang masuk dalam kompleks Alam Sari Wates.

Image credit: @the_colorville

Banyak sekali wahana bermain yang pas untuk menjadi destinasi wisata untuk keluarga. Mulai dari permainan outbound, kolam air dan juga photobooth, dijamin semua wahana wisata di dalamnya akan membuat kamu bergembira.

Image credit: @nonativani

Kamu juga bisa bermalam di sini karena fasilitas penginapan juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Asyik, kan?

Lokasi: Sawit, Darangdan, Purwakarta, Jawa Barat
Harga tiket: 50,000 IDR per orang untuk tiket terusan

10. Destinasi yang mengesankan di Gunung Bongkok

Image credit: @mhilk235

Gunung Bongkok menjadi destinasi wisata di Purwakarta lainnya yang menawarkan panorama dengan eksotisme alam yang luar biasa.

Image credit: @riaaryani14

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Bongkok memang dibutuhkan sedikit usaha. Meski hanya memiliki ketinggian 975 mdpl, jalur menuju puncak cukup terjal. Dibutuhkan fisik yang fit untuk bisa sampai ke puncak.

Image credit: @dheakey_

Namun sesampainya di puncak, pemandangan lanskap Purwakarta, waduk Jatiluhur dan Gunung Parang menjadi panorama yang luar biasa. Jika memungkinkan, kamu bisa mendatangi spot ini pada sore hari, karena nuansa sunset-nya istimewa sekali.

Lokasi: Desa Cikadang, Kabupaten Purwakarta
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

Baca juga: 8 Destinasi Liburan Akhir Pekan Dekat Jakarta Bersama Keluarga

Punya rekomendasi destinasi wisata di Purwakarta lainnya yang harus dikunjungi? Mengapa tidak berbagi dengan kami lewat foto-foto Instagram kamu? Share dengan tagar #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG TripZilla Indonesia. Buruan, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru