Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Pecinta Binatang di Jakarta

Jakarta punya segudang destinasi wisata yang bisa menghiburmu dan kamu tidak akan kehabisan tujuan yang bisa kamu jelajahi. Termasuk kalau kamu adalah pecinta binatang, di Jakarta terdapat berbagai lokasi wisata yang memamerkan aneka satwa mulai dari yang buas dan liar hingga yang jinak dan aman untuk dipegang. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika mengunjungi tempat-tempat ini, jangan sembarangan memberi makan atau mengganggu binatang tersebut ya! TripZilla merekomendasikan beberapa tempat wisata di Jakarta yang asyik dikunjungi pecinta binatang dan bisa kamu masukkan ke agenda jalan-jalanmu berikutnya nih!

1. Menikmati udara segar sekaligus beragam satwa di Taman Margasatwa Ragunan

wisata binatang di jakarta
Image credit: Taman Margasatwa Ragunan

Siapa yang nggak kenal dengan kebun binatang satu ini? Telah berdiri sejak tahun 1966, Taman Margasatwa Ragunan sudah pernah direvitalisasi sehingga tetap menarik untuk dikunjungi. Pecinta binatang di Jakarta dapat melihat area burung pelikan yang cantik dan area harimau yang gagah di tempat wisata ini. Ada pula Pusat Primata Schmutzer yang berisi berbagai hewan primata seperti orangutan, lutung, gorila dan masih banyak lagi. Jika membawa saudaramu yang masih kecil, jangan lupa mengunjungi Taman Satwa Anak yang menggemaskan, ya!

Image credit: Taman Margasatwa Ragunan

Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Jam Buka: Selasa – Minggu, 08.00 WIB – 13.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR, dapat dibeli di sini 

2. Saksikan pementasan drama dan akuarium yang menarik di Jakarta Aquarium

wisata binatang di jakarta
Image credit: Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium ini termasuk salah satu destinasi yang populer di Jakarta Barat. Uniknya adalah lokasinya yang berada di dalam mall, sehingga kamu dapat melihat berbagai satwa sembari berbelanja di mall. Di sini kamu dapat melihat akuarium raksasa dengan penghuninya yang sangat beragam dan kamu bisa mendaftar untuk masuk ke dalam akuarium juga, lho! Selain itu juga terdapat penguin yang imut-imut dan bisa kamu tonton atau bahkan kamu ajak berfoto bersama. Hewan-hewan darat seperti reptil dan otter juga ada di sini. Jika menyukai pertunjukan teater, kamu bisa menonton pementasan drama putri duyung yang diadakan di jam-jam tertentu.

wisata binatang di jakarta
Image credit: Jakarta Aquarium

Alamat: Neo Soho Lantai LG 101 – LGM 101 Jalan Letjen S. Parman Kav. 28, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 115,000 IDR, dapat dibeli di sini.

3.  Berwisata sambil belajar tentang kehidupan bawah laut di Sea World 

wisata binatang di jakarta
Image credit: Sea World Ancol

Jika ingin melihat satwa laut yang lebih lengkap, kamu bisa datang ke Sea World di kawasan Ancol. Terdapat lorong akuarium yang cantik di sini di mana kamu bisa melihat biota-biota laut yang seakan mengelilingimu. Kamu pun bisa menunggu jadwal feeding show jika ingin melihat penyelam memberi makan para penghuni akuarium seperti ikan duyung atau belut. Kalau penasaran ingin menyentuh biota laut, kamu dapat mendatangi Kolam Sentuh yang berisi bintang laut hingga anak hiu. Menyenangkan dan bikin gemas, lho! Di Sea World juga terdapat museum yang memamerkan koleksi awetan hewan-hewan dari laut dalam. Bikin penasaran nggak sih?

Image credit: Sea World Ancol

Alamat: Jl. Lodan Timur No 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 187,500 IDR, dapat dibeli di sini 

4. Berinteraksi dengan satwa-satwa yang manis di Ocean Dream Samudra

wisata binatang di jakarta
Image credit: Ocean Dream Samudra – Ancol

Ocean Dream Samudra adalah tempat yang tepat kalau kamu ingin melihat pementasan berbagai satwa yang lucu dan cerdas. Pementasan satwa yang cukup kondang di sini adalah lumba-lumba karena polahnya yang lucu dan ramah terhadap pengunjung. Selain lumba-lumba, kamu pun dapat melihat penguin, ubur-ubur atau singa laut. Di sini juga ada akuarium ikan air laut dan air tawar , taman yang berisi beragam jenis burung serta Cinema 5D untuk menghiburmu. Taman bermain untuk anak-anak seperti Boto Boto dan Mola Mola asyik untuk dikunjungi jika kamu datang bersama saudaramu yang masih kecil. Jadi banyak banget hiburan yang bisa kamu dapatkan di sini sehingga dijamin kamu nggak akan bosan, deh!

Image credit: Ocean Dream Samudra – Ancol

Alamat: Jl. Lodan Timur No 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 165,000 IDR, dapat dibeli di sini

5. Lihatlah aneka satwa yang liar dan memikat di Faunaland Ancol

wisata binatang di jakarta
Image credit: Faunaland Ancol

Kebun binatang ini mempunyai konsep unik, yaitu Papua. Isi dari koleksi flora dan fauna di sini adalah perpaduan dari Benua Asia dan Australia. Berbagai satwa khas dan unik mulai dari primata, herbivora, karnivora hingga burung dapat kamu temui di Faunaland. Salah satu satwa unik yang dapat kamu lihat adalah kanguru pohon Papua yang belum tentu kamu temukan di tempat lain. Faunaland juga menjadi pusat konservasi dan saat ini menjadi lembaga konservasi yang pertama kali mendatangkan singa putih dari Afrika ke Indonesia. Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai proyek konservasi dan koleksinya yang menarik, segera datang ke sini ya!

Image credit: Faunaland Ancol

Alamat: Allianz Ecopark, Jl. Lodan Timur No 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

6. Menambah pengetahuan tentang reptil di Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia

wisata binatang di jakarta
Image credit: Taman Reptilia TMII 

Taman Reptilia terletak di dalam Museum Fauna Indonesia Komodo dan kamu pasti akan langsung mengenali museum ini dari bentuk bangunannya yang berupa komodo raksasa. Di dalam museum kamu dapat melihat berbagai koleksi hewan mamalia, serangga dan reptil yang telah diawetkan. Yang unik di sini adalah adanya penyu, biawak, kadal, ular hingga komodo yang hidup di kandang yang ditata sesuai habitat aslinya. Jika kamu berani, terdapat tempat untuk berfoto bersama ular. Ada pula Taman Sentuh yang juga cocok untuk dikunjungi anak-anak dan memamerkan koleksi ular sanca, tentunya didampingi oleh pawang jadi aman kok!

Image credit: Taman Reptilia TMII 

Alamat: Jl.Taman Mini Indonesia Indah, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR, dapat dibeli di sini

7. Melihat koleksi ikan yang langka dan unik di Dunia Air Tawar

Image credit: Dunia Air Tawar Dunia Serangga TMII

Kamu bakal puas banget kalau berkunjung ke tempat wisata bertema binatang di Jakarta ini, karena Dunia Air Tawar adalah  taman biota air tawar terbesar di Asia sekaligus terbesar dan terlengkap kedua di dunia. Kalau kamu menggemari ikan, kamu bisa betah banget di tempat wisata bertema binatang di Jakarta ini, karena koleksinya yang seakan nggak ada habisnya untuk diamati. Selain ikan, ada juga koleksi crustacea, reptil hingga tanaman air yang melengkapinya. Berbagai jenis ikan yang dipamerkan di sini antara lain ikan arapaima dan piranha yang berasal dari Sungai Amazon di Amerika, ikan kupu-kupu, ikan arwana, ikan buntal, ikan chinese high fin dari Sungai Yangtze di China dan masih banyak lagi. Setelah puas melihat koleksi ikannya, kamu bisa beranjak ke fasilitas lain yang ada di sini yaitu museum, perpustakaan dan auditorium. Lengkap dan dijamin nggak rugi kalau datang ke sini!

wisata binatang di jakarta
Image credit: Dunia Air Tawar Dunia Serangga TMII

Alamat: Jl.Taman Mini Indonesia Indah, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR, dapat dibeli di sini 

8.  Masuki kubah cantik dan nikmati suara yang merdu di Taman Burung

Image credit: Taman Burung TMII

Masih dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), matamu pasti akan tertarik dengan kubah raksasa yang ada di sini. Itulah Taman Burung yang memiliki 175 jenis burung dengan jumlah yang mencapai ribuan ekor. Terbayang dong bagaimana riuhnya kicau burung yang bisa kamu dengar di sini? Terdapat juga 30 jenis burung yang langka dan dilindungi, sebagai bukti keberhasilan pelestarian yang dilakukan Taman Burung TMII. Selain suara yang merdu, matamu juga akan dimanjakan kecantikan penampilan burung-burung yang ada. Temukan burung cendrawasih, kasuari, maleo, merak, elang dan lain-lain yang akan menyambutmu. Kubah yang ada dibagi menjadi dua zona yaitu Kubah Barat dan Kubah Timur. Dalam Kubah Barat, kamu akan menemukan burung-burung dari Jawa, Kalimantan dan  Bali. Sedangkan di Kubah Timur terdapat koleksi burung dari Sulawesi, Maluku dan Papua. Mau ke mana dulu nih?

wisata binatang di jakarta
Image credit: Taman Burung TMII

Alamat: Jl.Taman Mini Indonesia Indah, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR, dapat dibeli di sini

9. Berwisata kuliner sambil mengelus kucing-kucing manja di The Cat Cabin

Image credit: The Cat Cabin Jakarta

Cinta kucing tapi tidak mau repot memeliharanya di rumah atau saking cintanya sampai tidak bisa lepas dari kucing? Kalau ya, berarti kamu wajib datang ke kafe yang satu ini. Sesuai namanya, The Cat Cabin menawarkan menu kuliner sekaligus beragam jenis kucing menggemaskan untuk menemanimu. Kamu bisa memilih ingin mengelus kucing berbulu panjang seperti persia atau kucing berbulu pendek yang sama lucunya. Kebanyakan kucing di sini diadopsi dari klinik atau penampungan hewan dan dirawat dengan standar kebersihan yang baik. Jadi nggak heran kalau kucing-kucingnya terlihat sehat dan bersih sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk menyentuhnya. Kafe ini menjual makanan dan minuman mulai dari tortilla, fettucine, jarcakes hingga milkshake. Yuk dicoba!

wisata binatang di jakarta
Image credit: The Cat Cabin Jakarta

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 31, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Jam Buka: Selasa – Minggu, 10.00 WIB – 21.00 WIB (Sabtu dan Minggu tutup pukul 22.00 WIB)
Harga Tiket: Mulai dari 60,000 IDR

10. Puas makan dan minum, kamu bisa bermain dengan anjing yang lincah di Dogs Ministry

Image credit: Dogs Ministry

Sesuai karakternya, anjing adalah hewan yang lincah dan penyayang. Siap-siap jadi lebih segar dan gembira jika kamu berkunjung ke kafe Dogs Ministry ini! Kafe yang juga menyediakan fasilitas taman bermain, spa, perawatan, kolam renang hingga hotel untuk anjing ini bakal menjadikanmu terhibur kala melihat anjing-anjing dari berbagai ukuran di sini. Terdapat juga rooftop park yang instagramable banget dan menambah keseruanmu berinteraksi dengan anjing. Menu-menu seperti bakmi ranjau, banana coconut boba atau milo dinosaur bakal jadi penghilang lapar dan haus yang ampuh di sini.

wisata binatang di jakarta
Image credit: Dogs Ministry

Alamat: Jl. Pluit Indah No. 4, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR

11. Mengelus dan berfoto dengan si kelinci yang lembut di My Bun Bun

wisata binatang di jakarta
Image credit: My Bun Bun

Kelinci dengan bentuk tubuhnya yang bulat dan berbulu sangat lembut akan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi gemas. Kalau kamu ingin mencoba berinteraksi dengan kelinci-kelinci lucu sekaligus mengisi perut di tempat yang cantik, datang saja ke kafe My Bun Bun. Tempat ini sekaligus menyediakan fasilitas toko penjualan kelinci dan salon kelinci. Ada beberapa ketentuan di kafe ini seperti tidak boleh mengejar kelinci atau menaruh kelinci bersama piring dan gelas. Tentunya ini untuk kenyamananmu dan si kelinci juga jadi harus ditaati ya! Kafe dengan dekorasi yang imut ini menyediakan berbagai menu seperti choco tiramisu atau caramel macchiato dengan penyajian yang juga bernuansa kelinci. Dijamin cocok deh kalau kamu ingin nongkrong cantik sambil foto-foto di sini!

Image credit: My Bun Bun

Alamat: Jl. Pantai Indah Utara 2, Ruko The Plaza Blok 9AJ, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB (Sabtu dan Minggu buka pukul 09.00 WIB)
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR

12. Makan dan melihat (atau dilihat) Pinguin lucu di Pingoo Restaurant

Image credit: @novandro
Dari namanya, kamu sudah bisa menebak restoran ini ada hubungannya dengan penguin. Jika kamu menduga bakal makan daging pinguin, tenang saja, tidak kok!

Di cafe ini, kamu bisa melihat aktivitas penguin hidup di balik kaca sembari menikmati hidangan makanannya. Ajak si kecil untuk melihat secara langsung kelucuan yang penguin-penguin lakukan untuk mendapatkan perhatian.

Image credit: @pingoorestaurant
Restoran yang fokus pada sajian seafood membuat menu yang ditawarkan juga berbahan dasar makanan laut. Namun kamu juga bisa memilih menu lain seperti Chicken Caesar Salad atau Beef Sirloin Steak dan masih banyak lagi lainnya.


Lokasi: Jalan Letjen. S. Parman, RT.15/RW.5, Tomang, Grogol petamburan, RT.15/RW.5, Tj. Duren Sel., Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Harga: Mulai dari 85,000 IDR hingga 420,000 IDR untuk main course

Baca juga: 7 Tempat Wisata Untuk Anak Di Jakarta Untuk Liburan Bersama Si Kecil

Semuanya menarik dan punya keunikannya masing-masing, kan? Dengan banyak ragam pilihan tempat wisata bertema binatang di Jakarta, kamu punya banyak pilihan tujuan untuk mengusir penatmu di akhir pekan nanti, nih!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru