15 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Selalu saja ada alasan untuk liburan ke Bali. Selain karena keindahan alamnya yang tidak pernah habis untuk dijelajahi, kekayaan budaya dan keramahan penduduknya juga membuat Pulau Dewata ini menjadi destinasi favorit sejuta umat. Buat kamu yang sering pergi ke Bali, apa sudah tahu beberapa fakta unik tentang Bali di bawah ini?

1. Turis Australia Jadi Yang Paling Banyak Berkunjung Ke Bali

Mungkin karena faktor lokasi yang dekat, wisatawan asal Australia tercatat menjadi wisatawan mancanegara (wisman) yang paling banyak berkunjung ke Bali. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2017, sebanyak 1,117,933 wisatawan Australia berlibur di Bali. Posisi nomor dua dan tiga ditempati oleh wisman dari RRC dan Jepang. Akhir tahun selalu menjadi waktu favorit bagi para turis dari luar negeri untuk menghabiskan waktu di Bali. Bali menyumbangkan hampir setengah (40.5 %) dari keseluruhan wisman yang berkunjung ke Indonesia lho! Bahkan tidak jarang bila masyarakat luar negeri lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia sendiri.

2. Bali Punya Puluhan Stasiun Pengisian Air Minum Gratis

Demi menjadikan Bali yang lebih bersih sekaligus mengurangi timbunan sampah plastik yang ada di sana sebuah kelompok pendukung keberlanjutan menginisiasi gerakan bernama Refill My Bottle. Refill My Bottle menyediakan stasiun pengisian air minum bagi para wisatawan. Saat ini telah ada lebih dari 30 stasiun isi ulang yang tersebar hampir di seluruh penjuru Bali. Diantaranya merupakan stasiun isi ulang gratis alias tidak perlu membayar sepeser pun lho! Refill My Bottle kini juga telah merambah ke Lombok. Semoga gerakan serupa bisa merambah ke kota-kota lain di Indonesia ya!

3. Di Bali, Ada Sekolah Dari Bambu Dan Tanpa Dinding Lho

Image credit: @shivanjka (kiri), @thecultureholic (kanan)

Dibuka pada tahun 2008, Green School di Bali didirikan oleh John dan Cynthia Hardy. John dan Cynthia tergerak untuk mendirikan sekolah dengan basis lingkungan dan keberlanjutan. Bangunan sekolah ini terbilang sangat unik karena terbuat seluruhnya dari bambu dan tidak memiliki dinding dari batu bata. Lokasinya yang berada di sepanjang Sungai Ayung membuat suasana di dalamnya menjadi sangat asri dan alami. Sekolah ini juga mendapat apresiasi dari sekretaris jenderal PBB, Ban Ki Moon. Keren sekali, bukan?

4. Tol Terapung Indonesia Ada Di Bali, Tol Bali Mandara

Image credit: @seasiaig

Teknologi karya anak bangsa ternyata tidak kalah hebat dengan negara asing. Salah satunya yang bisa kita nikmati adalah jalan tol Bali Mandara yang menjadi akses penting menuju Benoa, Ngurah Rai Tuban dan Nusa Dua. Tol terapung ini seratus persen dibangun menggunakan material dan teknologi dari Indonesia sendiri lho. Jalan tol yang berada di atas laut ini merupakan yang paling panjang sekaligus paling indah di Indonesia. Panjangnya mencapai 12,7 kilometer hampir menyamai Union Bridge (12,9 kilometer) di Kanada. Wow!

5. Destinasi Favorit Para Digital Nomad, Canggu Dan Ubud

Image credit: @hubudbali

Pernah dengar istilah digital nomad? Digital nomad adalah seseorang yang bekerja dari tempat tinggalnya alias nggak perlu ngantor. Kerjanya tidak dibatasi harus berada di suatu tempat tertentu dan biasanya cukup mengandalkan koneksi internet. Para digital nomad memanfaatkan hal ini untuk hidup berpindah-pindah tempat, salah satu destinasi favorit mereka di Indonesia adalah Bali. Ubud dan Canggu merupakan dua wilayah dimana para digital nomad sering berkumpul di coworking space yang mulai menjamur di Bali. Unik sekali, kan?

6. Dua Hotel Di Bali Masuk Dalam Jajaran Hotel Mewah Dunia

Image credit: @mandapareserve (kiri), @komanekaresort (kanan)

 Situs Trip Advisor telah merilis Top 24 hotel mewah pilihan para traveller pada tahun 2018. Dua diantaranya berada di Bali lho. Kedua hotel tersebut adalah Mandapa A Ritz-Carlton Reserve dan Komaneka at Tanggayuda yang sama-sama berlokasi di Ubud. Keduanya masing-masing berada di peringkat 15 dan 16. Tidak hanya menawarkan kemewahan yang luar biasa, kedua hotel ini juga menawarkan ketenangan dan keasrian alam tropis Bali yang bikin betah. Coba deh sekali waktu menginap di sana! Dijamin kamu bakal langsung jatuh cinta. 

7. Pulau Dengan Hari Libur Terbanyak Di Indonesia

Bali dikenal dengan adat istiadat dan tradisi yang unik. Hal ini tercermin dari berbagai macam perayaan keagamaan serta ritual adatnya. Tidak heran bila Bali memiliki banyak hari libur dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Total hari raya lokal yang dijadikan hari libur di Bali mencapai 21 hari. Hari raya lokal tersebut meliputi Pagerwesi, Saraswati, Siwaratri, Tawur Kesanga-Nyepi-Ngembak Geni serta Galungan dan Kuningan. Banyak juga, ya?

8.  Desa Panglipuran Di Bali Adalah Desa Terindah Se-Indonesia

Image credit: @ilhamramdana

Apa yang ada di benakmu jika mendengar kata desa terindah? Tidak lain dan tidak bukan adalah suasana desa yang tenang, asri dan damai. Hal inilah yang akan kamu temui di Desa Panglipuran. Desa adat di Bali ini dinobatkan jadi salah satu desa terindah di Indonesia. Di sini kamu akan menemui rumah khas Bali dengan penataan taman yang apik dan rapi. Coba saja datang ke sini dan lihat sendiri keunikannya.

9. Sistem Subak Bali Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Subak merupakan organisasi pengelolaan sawah di Bali yang menggabungkan harmonisasi antara hubungan Tuhan, manusia dan alam sekitar. Sistem subak ini bisa kamu lihat di areal persawahan di Bali dengan ciri khas sawah berundak. Ternyata, sistem persawahan dengan subak ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO lho. Sistem Subak ini dianggap menjadi warisan penting untuk keberlangsungan hidup umat manusia dari sisi teknologi pertanian dan penyediaan bahan pangan. Dua jempol untuk Bali!

10. Pulau Dengan Populasi Anjing Terbesar Di Indonesia

Jika jalan-jalan ke Bali pasti sudah sangat familiar dengan banyaknya anjing yang berkeliaran dengan bebas. Hal ini dikarenakan hampir setiap rumah di Bali memelihara anjing yang tujuannya dijadikan sebagai anjing penjaga. Wajar jika Bali mendapat julukan pulau dengan populasi anjing terbesar di Indonesia.

11. Masuk 10 Besar Pulau Terbaik Di Dunia

Majalah Travel + Leisure telah merilis 10 besar jajaran pulau terbaik di dunia dan salah satunya adalah Bali. Meski berada di posisi buncit, namun pengakuan dari majalah bergengsi para traveller ini tentunya menjadi citra baik pariwisata Indonesia di mata dunia. Semoga tahun depan posisi Bali bisa naik peringkat ya.

12.  Kapal Karam Berusia 150 Tahun Lebih Yang Jadi Spot  Favorit Penyelam

Image credit: @thedivelife

Kawasan Tulamben memang tidak setenar Kuta ataupun Sanur. Namun, bagi para penyelam, kawasan ini jadi kawasan yang menarik karena keanekaragaman hayati bawah lautnya. Selain itu, di sini terdapat sebuah kapal karam USS Liberty atau USAT Liberty yang telah berusia lebih dari 150 tahun lho. Kini, lokasi kapal karam ini jadi salah satu destinasi penyelaman favorit di Tulamben.

13. Habitat Terakhir Jalak Bali, Taman Nasional Bali Barat

Jalak bali merupakan satwa endemik Indonesia yang jumlahnya makin menyusut dan telah dikategorikan menjadi hewan langka oleh IUCN. Burung ini memiliki ciri khusus bulu yang berwarna putih kecuali ujung ekor dan sayapnya berwarna hitam, serta pipi berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna abu-abu. Unik sekali bukan? Sayangnya, Taman Nasional Bali Barat merupakan habitat terakhir burung jalak Bali yang harus dijaga agar terhindar dari kepunahan.

14. Stargazing Dan Fakta Penghematan Listrik Saat Nyepi

Image credit: @demiusnevados

Siapa bilang jangan ke Bali saat Nyepi, waktu Nyepi justru waktu yang tepat untuk bisa melakukan aktivitas stargazing karena nihilnya cahaya artifisial yang menghalangi sinar bintang. Ada fakta menarik lho soal perayaan Nyepi. Salah satunya adalah selama perayaan Nyepi telah terjadi penghematan energi sebesar 60 persen atau setara dengan 4,000,000,000 IDR. Dengan dasar itulah perayaan Nyepi di Bali menjadi inspirasi World Silent Day yang diperingati setiap tanggal 21 Maret.

15. Pulau Seribu Festival Adat

Dengan banyaknya upacara keagamaan dan ritual adat di Bali, tidak heran bila Pulau Bali bisa disebut sebagai pulau dengan seribu festival adat. Beberapa yang menarik di antaranya adalah festival ciuman massal Omed-omedan, kesurupan massal di acara ritual Pengerebongan, serta perang menggunakan pandan berduri di Desa Tenganan. Ada juga festival layang-layang yang merupakan festival layang-layang terbesar di Indonesia lho!

Baca juga: 10 Kafe Dengan Pemandangan Taman Di Bali Yang Akan Membuatmu Terpana

Fakta unik tentang Bali di atas dijamin tidak hanya membuatmu bangga tapi juga semakin cinta dengan Indonesia, bukan begitu? Tulis di kolom komentar jika ada fakta unik lain tentang Bali yang kamu ketahui ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru