“Surga Kembali Dibuka”, Fiji Siap Membuka Perbatasan Sebelum 2022

2022 sepertinya akan menjadi momentum untuk kembali bisa jalan-jalan ke luar negeri bagi pemegang paspor Indonesia. Jika memang hal itu terwujud, Fiji bisa menjadi destinasi yang bisa dituju karena surga yang terserak di bumi ini akan membuka perbatasan mereka dan menerima wisatawan asing pada akhir tahun ini.

Diungkapkan Minister for Commerce, Trade, Tourism and Transport Fiji, Faiyaz Koya, pada 3 September silam, perbatasan akan kembali dibuka dan wisatawan asing diizinkan masuk kurang lebih pada November mendatang.

“Kami bekerja kerasa bersama-sama untuk memungkinkan pembukaan kembali (perbatasan) pada November,” jelasnya.

Target Fiji untuk membuka perbatasan dan mengizinkan masuknya wisatawan asing ini maju lebih awal dari jadwal sebelumnya, yang dicanangkan pada Desember 2021. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari program vaksinasi terhadap penduduk Fiji yang berjalan dengan lancar.

“Dengan sikap aman dari COVID, kami akan mengurangi transmisi komunitas kami dan memberikan keyakian bahwa Fiji adalah destinasi liburan yang aman dan kami tidak akan menjadi sumber dari kasus penyebaran di negara asal wisatawan. Saya yakin dengan usaha bersama, kami bisa mendapatkan hasil yang kami harapkan dan menciptakan lingkungan yang aman untuk kembali menyambut wisatawan,” terangnya lagi.

Untuk segera menyambut wisatawan dengan dibukanya kembali perbatasan, Kementerian Pariwisata mengisyaratkan akan membuat sejumlah paket wisata, yang didalamnya termasuk penerbangan dan juga resort.

Sebelumnya Perdana Menteri Fiji sempat mengajak pengusaha kaya raya dari luar wilayah negaranya untuk berwisata di tengah pandemi untuk bisa menjaga perekonomian negaranya tetap berjalan. Maklum, Fiji cukup mengandalkan sektor pariwisata untuk menjalankan perekonomian, dengan 40% dari pendapatan bersih negara berasal dari sektor ini.

fiji membuka perbatasan
Image credit: Josaia Cakacaka

Hingga berita ini diturunkan, Fiji termasuk negara yang penyebaran Covid-19 di wilayahnya termasuk terkendali. Sejak dimulainya pandemi hingga sekarang, tercatat hanya ada sekitar 49,200 kasus positif di wilayahnya, dengan jumlah populasi penduduk kurang dari satu juta warga.

Untuk bisa masuk ke Fiji, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, mulai dari telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap, bukti negatif tes PCR dan wisatawan yang datang berasal dari negara dari daftar hijau. Namun demikian, Fiji masih belum mengklarifikasi daftar lengkap negara yang masuk dalam daftar hijau tersebut. Untuk mengetahui lebih lengkap protokol kesehatan di Fiji bisa dilihat di sini!

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Fiji yang Instagramworthy Banget

Tidak ada salahnya mulai bersiap dari sekarang. Cek lagi kesiapan paspor kamu dan pastikan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru