3 Film Gerakan 30 September Selain “Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI” Harus Ditonton!

Siapa di antara kamu yang sudah menyaksikan film G30S PKI yang selalu ditayangkan di stasiun televisi nasional setiap malam pada tanggal 29 atau 30 September di setiap tahun?

Bagi para Gen X dan milenial, film tersebut mungkin sudah menjadi tontonan wajib setiap akhir September. Jalan cerita bahkan mungkin sampai ingat di luar kepala. Film yang memenangi dua penghargaan di Festival Film Indonesia tersebut memang memiliki tempat tersendiri di benak pecinta film Indonesia, terlepas dari pro dan kontra yang membayangi film tersebut.

Namun, film mengenai G30S PKI ternyata bukan hanya karya Arifin C Noer ini saja, lho! Saat ini sudah banyak film mengenai PKI dan pergerakannya di Indonesia, yang diambil dari sudut pandang yang berbeda.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan informasi baru atau memiliki pengetahuan dan sudut pandang yang berbeda mengenai apa yang terjadi pada gerakan tersebut, lima film di bawah ini bisa kamu ikuti.

1. Jagal

Image credit: Wikimedia

Film ini merupakan film dokumenter yang merupakan karya dari sutradara asal Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer. Dikutip dari Wikipedia, film dokumenter ini menggambarkan bagaimana pelaku pembunuhan anti-PKI, yang terjadi pada periode 1965-1966, memproyeksikan dirinya ke dalam sejarah untuk membenarkan tindakannya sebagai perbuatan heroik.

Film yang beredar di kancah internasional dengan judul The Act of Killing ini memenangi sejumlah penghargaan, termasuk di antaranya Film Dokumenter Terbaik pada British Academy Film and Television Arts Awards 2013. Film ini juga masuk dalam nominasi Academy Awards ke-86 untuk kategori Film Dokumenter Terbaik.

2. 40 Yeard of Silence: An Indonesian Tragedy

Image credit: IMDB

Film tentang G30S PKI ini juga merupakan film dokumenter yang dibuat oleh antropolog Robert Lemelson. Inti ceritanya adalah untuk menggambarkan efek pribdi terhadap pembantaian di Indonesia pada periode 1965-1966.

Film ini pertama kali dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2009 dan hanya diputar secara terbatas di Indonesia, dengan pengambilan gambar banyak dilakukan di Pulau Bali dan Jawa selama 2002-2006.

3. Senyap

film g30s pki
Image credit: Film Senyap

Film ini merupakan sekuel dari “Jagal”. Dirilis tahun 2014, film dokumenter ini mengambil tema utama pembataian massal pada tahun 1965.

Masih dinakhodai Joshua Oppenheimer, film ini menyoroti secara khusus perjalanan hidup Adi, seorang survivor dan keluarga korban yang menghadappi tuduhan sebagai bagian dari PKI. Film ini juga masuk nominasi Piala Oscar untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik, yang menjadikannya sebagai film produksi Indonesia pertama yang masuk dalam nominasi penghargaan Academy Awards. Kamu bisa mengunduh filmnya di sini.

Baca juga: 10 Film Dan Series Bertema Survival Game Dengan Cerita Menegangkan

Selain film-fim di atas, banyak sumber lain untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih komprehensif mengenai G30S PKI, baik mengenai sejarah hingga efek dari pergerakan tersebut, seperti buku dan bahan literasi lainnya, serta masih banyak lagi lainnya. Jangan lelah untuk terus bergerak mencari kebenaran, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru