Categories: Informasi Berlibur

Harga Rapid Test Maskapai Nasional Yang Wajib Kamu Ketahui!

Hasil rapid test non-reaktif atau negatif pada Polymerase Chain Reaction (PCR) menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk setiap penumpang yang ingin naik pesawat terbang untuk bepergian. Namun demikian, tidak sedikit yang belum tahu bagaimana harus mengurusnya. Menyadari masalah tersebut, sejumlah maskapai nasional Indonesia memberikan layanan melakukan rapid test di tempat dengan harga yang variatif, namun masih relatif terjangkau jika dibandingkan dengan tes PCR.

Hasil negatif pada uji rapid test untuk bisa naik pesawat maskapai nasional juga menjadi salah satu ketentuan yang ditetapkan pemerintah, melalui Surat Edaran (SE) No. 9/2020 tentang Perubahan atas SE No. 7/2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Pada poin F SE No. 9 yang mengatur setiap individu yang melakukan perjalanan orang dengan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara harus bisa menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif, atau surat uji rapid test dengan hasil non reaktif, yang berlaku 14 hari kerja pada saat keberangkatan.

Terlepas dari pro dan kontra keharusan melakukan rapid test, maskapai nasional sudah menyediakan layanan dan fasilitas untuk setiap calon penumpang memenuhi syarat tersebut, termasuk menetapkan harga dan prosedur yang harus dilakukan. Di bawah ini adalah harga yang ditetapkan setiap maskapai nasional untuk layanan rapid test mereka:

1. Garuda Indonesia

Sampai saat ini, Garuda Indonesia memberikan fasilitas rapid test dan PCR test bagi penumpang yang memiliki kartu Platinum Garuda Miles. Untuk rapid test yang digagas maskapai nasional plat merah ini, harga yang harus dibayarkan adalah 315,000 IDR dengan hasil tes keluar dalam 20 menit, sementara 1,500,000 IDR untuk PCR dengan hasil tes keluar dalam tiga hari.

Rapid test dan PCR dari Garuda Indonesia ini bekerja sama dengan Indonesia Medical tourism dengan semua tes bisa dilakukan di Hutan Kota by Pelataran.

2. Lion Air Group

Maskapai nasional Lion Air Group memberikan layanan rapid test kepada calon penumpangnya dengan harga 95,000 IDR, sudah termasuk surat keterangan sesuai hasil dan masa berlaku 14 hari.

Layanan rapid test Lion Air Group saat ini sudah tersedia di sembilan lokasi, di mana empat di antaranya adalah Kantor Pusat Lion Air Tower dengan jadwal pelayanan mulai Senin – Minggu, pada pukul 06.00 – 21.30 WIB, Kantor Lion Air Group di Kalimalang, mulai Senin – Minggu pukul 03.00 – 21.30 WIB, Kantor Pusat Lion Parcel Pusat mulai Senin – Minggu pukul 08.30 – 17.00 WIB, serta Kantor Lion Operation Center (LOC) di Banten mulai Senin – Minggu pukul 03.00 – 21.30 WIB.

Untuk lima tempat lainnya adalah Kartika Pulo Mas Hospital Dompet Dhuafa, Jl. Pulo Mas Timur K No.2, RW.14, Kayu Putih, Kecamatan. Pulo Gadung, Jakarta, kemudian Klinik Keluarga Kita Jl. Serdang Raya No. 16, RT.1/RW.4, Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta, Klinik Muslimedika Jl. Tebet Barat I No. 10, RT.4/RW.2, Tebet Barat, Jakarta, Asri Medika Hospital Dompet Dhuafa Jl. Citanduy Raya Blok L 11 No. 1, Simpangan, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530 dan Asshobirin Hospital Dompet Dhuafa, Jl. Raya Serpong No.9, RT.11/RW.8, Pondok Jagung, Banten. Layanan ini sebagai bentuk kerja sama Lion Air Group dengan Dompet Dhuafa Social Enterprise (DDSE).

3. Sriwijaya Air Group

Maskapai nasional Sriwijaya Air Group, Sriwijaya Air dan Nam Air, menyediakan layanan rapid test dengan harga 350,000 IDR hingga 450,000 IDR. Layanan rapid test dilaksanakan di enam titik, yaitu Head Office Sriwijaya Air di Cengkareng, Sales Office Melawai di Jakarta, sales office Makassar, Sales Office Pontianak, Sales Office Balikpapan, dan Airport Sales Office Sorong.

fasilitas rapid test ini sudah dimulai dan terbuka untuk umum sehingga siapapun masyarakat yang membutuhkan bisa langsung datang di lima lokasi pelaksanaannya tersebut.

Baca juga: Panduan Membuat Surat Keterangan Bebas Covid-19

Sudah tahu harga dan prosedur melakukan rapid test di setiap maskapai nasional di Indonesia?

Widya Astuti

Bekerja sebagai abdi negara di Kalimantan tak membuat ambisi Widya berkeliling Indonesia dan mengumpulkan beragam kain khas dari setiap daerah pudar. Setiap mendapat kesempatan liburan, penghobi memasak ini tak akan melewatkannya. Ingin tahu perjalanan serunya sejauh ini, simak Instagram-nya di @widyaastuti_f.

Recent Posts

Gudeg Enak Di Jakarta Untuk Obati Kangenmu Akan Jogja

Gudeg identik dengan Jogja dan kamu bisa menikmati kuliner enak ini saat di Jakarta. Cek…

4 hours ago

Gratis Masuk Wisata Labuan Bajo, Turis Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Wisatawan yang berlibur di Labuan Bajo tidak akan dikenai biaya tiket alias gratis saat masuk…

20 hours ago

Itinerary Wisata Bersepeda Pagi Yang Seru Di PIK (Pantai Indah Kapuk)

Jika sedang hobi bersepeda, kamu dapat membuat itinerary wisata bersepeda ke PIK di pagi hari…

2 days ago

Syarat Masuk Bali Dipermudah, Ini Ketentuan Barunya

Syarat masuk Bali terbaru jauh lebih mudah dan murah. Calon wisatawan yang akan datang ke…

3 days ago

15 Pantai Sekitar Jakarta Ini Siap Jadi Destinasi Liburan Singkat Kamu

Tidak ada salahnya liburan dan wisata di pantai yang ada di Jakarta dan sekitar, karena…

4 days ago

Turis Masuk Thailand Melalui Bandara Wajib Jalani Tes Covid-19

Thailand siap menyambut turis asing di Bandara Suvarnabhumi dan mengharuskan melakukan tes Covid-19 untuk memastikan…

4 days ago