India Menunda Seluruh Penerbangan Internasional Hingga 31 Januari 2022

Merebaknya Covid-19 varian Omicron di sejumlah negara memaksa sejumlah negara mengeluarkan kebijakan tersendiri. India menjadi negara terbaru yang memutuskan untuk menunda dan menangguhkan seluruh penerbangan internasional dari dan ke wilayahnya, efektif mulai 15 Desember 2021.

Kebijakan ini dibuat oleh Direktorat Umum Penerbangan Sipil India (DGCA), berdasarkan atas kekhawatiran merebaknya Covid-19 varian Omicron di sejumlah negara.

“Otoritas yang berkompeten memutuskan untuk memperpanjang penundaan penjadwalan layanan penerbangan komersil internasional dari dan ke India hingga 31 Januari 2022,” demikian bunyi pernyataan yang dikeluarga DGCA, seperti dikutip TripZilla Indonesia dari Travel Daily Media.

Penangguhan penerbangan internasional dari dan ke India ini hanya berlaku untuk penerbangan komersil. Sementara untuk penerbangan operasional layanan kargo dan penerbangan khusus yang sudah disetujui oleh GDCA akan tetap beroperasi.

DGCA juga memberikan izin untuk setiap penerbangan internasional di jalur travel bubble yang sudah disepakati dengan negara yang bekerja sama dengan India.

Saat ini, India sudah menjalin kerja sama dan kesepakatan travel bubble dengan 32 negara di dunia, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Uni Emirat Arab, Kenya, Bhutan dan Prancis. Hanya saja, beberapa negara yang terikat kerja sama dengan India dalam kesepakatan ini menunjukkan peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir, termasuk di antaranya Inggris dan Prancis.

India juga sudah mengeluarkan kebijakan kewajiban traveler dari sejumlah negara, seperti Eropa, Afrika Selatan, Brasil, Botswana, China, Ghana, Mauritius, Selandia Baru, Zimbabwe, Tanzania, Hong Kong dan Israel untuk menjalani tes Covid-19 setibanya di wilayahnya. Mereka juga wajib menjalani karantina selama tujuh hari, meski hasil tes Covid-19 menunjukkan hasil negatif. Proses pemantauan akan terus dilakukan mulai dari hari ke delapan hingga hari ke-14 sebelum diizinkan secara bebas melakukan perjalanan di India.

Adapun India sudah melakukan penundaan penerbangan internasional dari dan ke wilayahnya sejak 23 Maret 2020 karena pandemi Covid-19 ini. Namun, ada sejumlah penerbangan khusus yang bisa beroperasi di dalam skema Vande Bharat Mission sejak Mei 2020 dan kebijakan Travel Bubble sejak Juli 2020.

Baca juga: Perbatasan Kembali Dibuka, India Akan Gratiskan 500,000 Visa Turis

Karena India menunda operasional penerbangan internasional, untuk sementara, tunda dulu rencana bepergian ke sana, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung sekarang juga!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru