Indonesia Tempati Runner-Up Destinasi Wisata Halal Terpopuler Dunia

Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara destinasi wisata halal terpopuler di dunia pada tahun ini. Mastercard-Crescent Rating telah merilis peringkat ini berdasarkan riset tahunan Global Muslim Travel Index (GMTI), yang mengukur berbagai parameter wisata halal dari 130 destinasi di seluruh dunia.

Peringkat Indonesia naik satu peringkat dari tahun lalu dan menempati posisi yang sama dengan Uni Emirat Arab, namun masih berada di bawah Malaysia, yang kembali menempati urutan pertama selama delapan tahun untuk kategori negara yang masuk Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Turki, Arab Saudi dan Qatar menempati urutan lima besar dalam kategori ini.

Masjid Raya Medan | Image credit: @jihao_phan

Sementara untuk kategori negara non-OKI, Singapura masih menjadi destinasi wisata halal paling populer di dunia, disusul Thailand, Inggris, Jepang serta Taiwan dan Hong Kong yang bersama menempati urutan lima.

Menurut studi GMTI 2018, seperti diwartakan CNNIndonesia, meningkatnya populasi Muslim di dunia menjadi salah satu aspek penting yang menunjang pertumbuhan wisatawan Muslim. Selain itu, aspek lainnya antara lain berkembangnya kelas menengah, banyaknya anak muda dan kemudahan mengakses informasi wisata serta menjammurnya fasilitas ramah Muslim juga menjadi indikator peningkatan pertumbuhan.

Peran generasi milenial juga menjadi subyek penelitian GMTI 2018. Dengan memetakan tiga aspek, yaitu Authentic, Affordable dan Accesible, hasil studi menunjukkan pasar Muslim diprediksi terus meningkat dengan jumlah wisatawan mencapai 158 juta orang pada 2020, dengan pendapatan bisa mencapai US$220 miliar.

Berikut peringkat pasar wisata muslim dunia hasil Global Muslim Travel Index (GMTI) untuk 2018:
Kategori destinasi OKI

  1. Malaysia dengan nilai 80,6
  2. Uni Emirat Arab dan Indonesia dengan nilai 72,8
  3. Turki dengan nilai 69,1
  4. Arab Saudi dengan nilai 68,7
  5. Qatar dengan nilai 66,2
  6. Bahrain dengan nilai 65,9
  7. Oman dengan nilai 65,1
  8. Maroko dengan nilai 61,7
  9. Kuwait dengan nilai 60,5

Kategori destinasi non-OKI

  1. Singapura dengan nilai 66,2
  2. Thailand dengan nilai 56,1
  3. Inggris dengan nilai 53,8
  4. Jepang dengan nilai 51,4
  5. Taiwan dan Hongkong dengan nilai 49,6
  6. Afrika Selatan dengan nilai 47,7
  7. Jerman dengan nilai 45,7
  8. Perancis dengan nilai 45,2
  9. Australia dengan nilai 44,7

Baca juga: 7 Restoran Halal di Hong Kong TOP untuk Muslim Traveller

Kamu tertarik liburan ke destinasi wisata halal yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru