3 Instalasi Seni Terbaru di Jakarta Yang Instagrammable dan Ngehits

Dulu, menikmati sebuah seni pasti sangat identik dengan museum yang klasik dan sunyi. Tapi tidak dengan sekarang. Banyak instalasi seni baru hadir di Indonesia, khususnya Jakarta, dengan konsep yang sangat menyenangkan. Hal ini didukung pula dengan banyaknya seniman baru yang bekerja sama dengan perusahaan membuat sebuah wadah atau instalasi seni dengan menggabungkan ide-ide segar serta teknologi maju.

Berbagai instalasi seni dikemas dalam konsep serba instagrammable demi menarik banyak minat pengunjung. Mulai dari penggunaan warna cerah yang kekinian, konsep unik dari sebuah mie instant favorit banyak orang, hingga pengunjung diajak untuk menikmati seni sambil bermain sepatu roda, semua bisa dilakukan di tiga instalasi seni terbaru di Jakarta ini. Penasaran seperti apa keunikannya?

1. TeamLab Future Park

Image credit: @rayrafi

Diantara dua lainnya, TeamLab Future Park merupakan instalasi seni paling baru di Jakarta dan langsung berhasil menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan baik muda maupun dewasa. Semenjak dibuka pada 20 Juni 2019, banyak pengunjung yang penasaran dengan instalasi yang satu ini karena memiliki konsep, teknologi tinggi, serta pencahayaan warna-warni yang semuanya begitu indah untuk dinikmati. Hal ini tentu saja menjadi kabar bahagia bari para pecinta sekaligus penikmat seni karena tak perlu lagi harus terbang jauh-jauh ke Singapura atau Jepang.

Image credit: @anakjajan

Berbagai karakter warna-warni yang bergerak ini akan menimbulkan efek tertentu jika seseorang menyentuhnya. Bahkan yang menariknya lagi adalah setiap pengunjung bisa menggambarkan dan mewarnai gambar buatan mereka yang nantinya akan di-scan, lalu muncul di tembok dan mampu bergerak. Masih ingin yang lebih seru? Tidak sekadar foto-foto saja, tapi pengunjung juga bebas bermain bola besar hingga bermain perosotan layaknya anak-anak di bawah sorotan cahaya warna-warni.

Image credit: @dibisareta

Lokasi: Lantai 2 Gandaria City, Jakarta Selatan

Periode buka: 20 Juni – 20 Desember 2019

Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 22.00

Harga tiket masuk: 150,000 IDR (Senin – Jumat), 175,000 IDR (Sabtu, Minggu, dan hari libur)

2. Moja Museum

Image credit: @clarayaaa_ (kiri), @revifad (kanan)

Setelah sukses dengan pameran pertamanya dengan konsep unik serba empat dimensi seperti komputer raksasa hingga bungkus snack raksasa, kini Moja Museum hadir kembali dalam pameran terbarunya bernama “Roja”. Memiliki makna sepatu roda, para pengunjung akan diajak bersenang-senang bermain sepatu roda seperti layaknya anak-anak di tahun 1980-an hingga 1990-an di dalam ruangan dengan desain unik dan serba instagrammable.

Image credit: @sharazaaa (kiri), @megan_li3m (kanan)

Ilusi dari lampu neon, tembok warna-warni dengan tema vintage, hingga ruangan yang dipenuhi lampu disko begitu worth it untuk dinikmati. Jika menikmati seni di sebuah museum identik dengan ketenangan, maka di sini kamu dapat menikmatinya sambil bermain sepatu roda hingga puas. Bagi pengunjung yang belum terbiasa dengan sepatu roda, maka tak perlu khawatir karena akan disediakan alat bantu pegang mandiri yang dapat dibawa kemanapun.

Image credit: @alikaislamadina (kiri), @reginaaef (kanan)

Lokasi: Jl. Metro Pondok Indah Blok Tb No.27, Pondok Pinang, Kebayoran Lama

Jakarta Selatan

Periode buka: Mei – September 2019

Jam buka: 11.00 – 20.00 (Senin – Jumat), 10.00 – 22.00 (Sabtu dan Minggu)

Harga tiket masuk:

Senin hingga Jumat – 90,000 IDR (2 Jam), 150,000 (Satu hari penuh)

Sabtu dan Minggu – 110,000 IDR (2 Jam), 200,000 (Satu hari penuh)

3. Haluu World

Image credit: @valerie.twns

Pernah melihat para influencer berfoto di dalam kaleng kerupuk atau kolam pink berlatar belakang “kapan nikah”? Instalasi seni bernama Haluu World ini bisa kamu nikmati di Plaza Indonesia, Jakarta. Kata “Haluu” sendiri digunakan karena memiliki arti keinginan dalam bahasa Finlandia sehingga diharapkan bagi para pengunjung untuk dapat mengeksplorasi keinginnan mereka dengan perjalanan yang menyenangkan dan seru.

Image credit: @haluuworld

Yang membuat instalasi seni ini begitu menarik selain karena diadakan di dua kota sekaligus yaitu Jakarta dan Surabaya, tapi juga karena konsep dari setiap ruangannya yang sangat berbeda satu sama lain. Perbedaan ini dibuat karena ingin mencerminkan keunikan imajinasi dari para brand dan media partner yang terdiri dari berbagai bidang misalnya di ruangan Indomie, kamu bisa berfoto di dalam kaleng kerupuk raksasa dan berendam di bathup ala mangkuk Indomie. Bagi kamu yang berjiwa feminim atau penyuka warna pink, maka disarankan untuk berfoto di kolam pink berlatar belakang “kapan nikah” dari Bridestory. Tak hanya itu saja, ada juga wajan raksasa yang bisa kamu naiki, ayunan bernuansa biru, ruangan penuh balon, dan masih banyak lainnya yang semuanya unik dan kekinian.

Image credit: @pansytann (kiri), @cindykarmoko (kanan)

Lokasi: The Warehouse, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat

Periode buka: 6 Juni – 25 Agustus 2019

Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 22.00

Harga tiket masuk: 100,000 IDR (Senin – Jumat), 120,000 IDR (Sabtu, Minggu, dan hari libur)

Baca juga: 6 Museum Di Jakarta Yang Unik, Anti-Mainstream Dan Mengesankan

Selain membuat feed instagram semakin keren, mengunjungi instalasi seni terbaru di Jakarta ini juga bisa bikin pikiran serta tubuh kembali lebih segar karena harganya yang terjangkau, menyenangkan, dan tanpa perlu harus terbang jauh-jauh ke luar negeri. Tunggu apalagi, jadikan ketiga tempat ini menjadi bucket list untuk dinikmati saat akhir pekan atau saat menikmati waktu cuti!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru