Itinerary Liburan Bantul 2H1M Yang Asyik Untuk Akhir Pekan

Perlu weekend getaway untuk menghilangkan stress? Rencanakan saja liburan akhir pekanmu ke Yogyakarta. Jika tidak ingin pergi ke tempat yang mainstream seperti Malioboro, cobalah melipir ke pinggiran kota Jogja, tepatnya di Bantul. Meski berada cukup jauh dari pusat kota Jogja, ternyata Bantul menawarkan banyak destinasi menarik yang bisa membuat liburan akhir pekanmu menyenangkan.

Hari Pertama – Kuliner Enak Bantul dan Jelajah Pantai Selatan

Image credit: @foodjogja

Usahakan untuk tiba pagi hari di Jogja agar kamu punya cukup waktu untuk menjelajahi dan melihat keindahan yang ditawarkan Bantul. Sambil menunggu waktu check in hotel, kamu bisa mencoba sarapan kuliner Bantul yang khas, Gudeg Manggar. Hidangan ini dulunya merupakan makanan para bangsawan lho! Alih-alih menggunakan nangka muda, gudeg yang satu ini menggunakan putik bunga kelapa muda. Dijamin rasanya enak dan beda dari gudeg yang sudah pernah kamu coba.

Image credit: @gfibrizi (kiri atas), @fandiryan (kiri bawah), @afnieku (kanan)

Setelah mengisi perut, mulai wisata Bantul kamu dengan menjelajahi area pantai selatan Jogja yang mempesona. Selain pantai, terdapat pula banyak spot menarik yang untuk foto-foto di sana. Salah satu yang sedang ngehits adalah Kebun Bunga Matahari Pantai Samas. Cukup dengan 5,000 IDR, kamu bisa puas berfoto dan menikmati indahnya hamparan bunga matahari.

Tidak jauh dari kebun bunga matahari ini, ada pula tempat wisata baru bernama Resoinangun Garden* yang tidak kalah indahnya. Selain bunga matahari, di kebun ini kamu juga akan menemukan bunga celosia berwarna merah dan kuning yang jadi pusat perhatian. Tidak membawa properti foto? Tidak masalah, karena Resoinangun Garden menyediakan aneka macam properti yang bikin fotomu lebih hidup.

Image credit: @gunawanwicaksana28 (kiri), @perengan_park (kanan atas), @robbyansyahdewan97 (kanan bawah)

Puas berfoto dengan aneka bunga warna-warni, kamu bisa melepas lelah di Pantai Parangtritis ataupun Pantai Depok sambil menyantap aneka hidangan seafood yang menggugah selera. Berkunjung ke pantai selatan juga belum lengkap jika tidak mampir ke Gumuk Pasir Parangtritis yang mengagumkan.

Kalau kamu sudah bosan dengan pemandangan sunset di pantai yang mungkin sudah biasa, bagaimana jika menikmati sunset di areal persawahan? Datang saja ke Perengan Park atau bisa juga ke Ladang Brambang Kretek yang anti-mainstream.

Image credit: @mw.harrison (kiri atas), @jogjacarimakan (kanan atas)

Setelah seharian menjelajahi area pantai selatan, istirahatkan kaki dan punggungmu dengan wisata kuliner khas Bantul yang sudah sangat terkenal. Apalagi kalau bukan Sate Klatak Pak Pong. Karena sangat laris, kamu harus siap mengantri kurang lebih satu jam ya!

Kalau kamu bukan tipe yang suka mengantri, ada banyak alternatif warung sate klatak yang tidak kalah enaknya di sepanjang jalan Imogiri. Hidangan lain yang bisa kamu coba antara lain Bakmi Jawa Mbah Mo atau Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung yang lezat. Yummy!

Hari Kedua – Berburu Awan Mistis dan Spot Instagramworthy di Perbukitan Mangunan

Image credit: @reiakana

Bangunlah sepagi mungkin di hari kedua karena awan mistis di Bukit Panguk Kedawung sudah menantimu. Berlokasi tidak jauh dari puncak Mangunan, bukit yang satu ini menawarkan pemandangan alam Bantul dengan gumpalan awan yang menakjubkan. Pemandangan keren yang ditawarkan dijamin tidak membuatmu merasa rugi bangun pagi saat liburan.

Image credit: @roh_kyt (kiri), @vembi_prima (kanan atas), @mitra_oci (kanan bawah)

Setelah puas menikmati indahnya pemandangan di Bukit Panguk Kediwung, kamu bisa lanjut menjelajahi destinasi wisata perbukitan di Mangunan, Dlingo. Jarak satu tempat wisata dengan yang lain juga tidak jauh satu dengan yang lain jadi kamu bisa memilih saja mana yang paling kamu sukai. Ada Hutan Pinus Mangunan dengan hamparan pohon pinus dan taman bunga yang cantik atau Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit jika kamu suka berpose cantik dengan latar belakang yang instagramworthy. Baca di sini untuk mengetahui daftar destinasi perbukitan Mangunan Bantul yang mempesona.

Image credit: @anggaderipradetya

Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan wisata perbukitan, terdapat opsi untuk jalan-jalan ke Goa Gajah. Goa horizontal ini sangat unik karena terdapat sebuah pohon dan semak tanaman di ujung goa sehingga membuatnya menyerupai taman dalam goa.

Image credit: @gunawanwicaksana28

Jika masih ada sisa waktu cukup banyak, lanjutkan itinerary liburan Bantul kamu ke Goa Banyunibo dan Curug Banyunibo yang masih asri serta kawasan persawahan yang alami dan belum terlalu ramai. Tapi jika waktumu terbatas, mengunjungi Persawahan Sukorame jadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

Transportasi Dalam Kota Dan Akomodasi

Salah satu faktor penting dalam liburan tentunya pilihan mode transportasi dan akomodasi. Sayangnya, transportasi umum di Jogja hanya terbatas di area kota Jogja. Karena alasan tersebut, jika kamu ingin menjelajahi Bantul, sebaiknya menyewa motor atau mobil. Harga sewa motor berkisar antara 60,000 IDR hingga 75,000 IDR sedangkan untuk sewa mobil harganya mulai dari 250,000 IDR per hari tanpa sopir. Tidak terlalu mahal, bukan?

Image credit: @rumahparis, @yabbiekayu, @inoeg.ns, @dw.putri_ (searah jarum jam dari kiri atas)

Tidak kalah dari kota Jogja, ada banyak sekali penginapan yang unik dan layak untuk dicoba di Bantul. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang ramah kantong hingga kelas bintang lima. Kalau ketenangan adalah prioritas utama, kamu bisa mencoba menginap di Rumah Senjakala dan Yabbiekayu. Kedua tempat menginap tersebut tidak hanya instagramworthy tapi juga memiliki suasana ala pedesaan yang damai dan menenangkan. Jika kemudahan akses merupakan kebutuhan utama, maka Rumah Tembi dan Rumah Paris adalah dua tempat menginap yang wajib kamu coba saat liburan ke Bantul.

Baca juga: 20 Destinasi Wisata Bantul Yang Instagramworthy

Bagaimana? Penasaran dengan serunya liburan di Bantul? Yuk segera rencanakan itinerary liburan Bantul akhir pekanmu. Dijamin nggak kalah seru dari destinasi wisata di Kota Jogja dan pasti bikin kamu kangen buat balik lagi.

*UPDATE: Resoinangun Garden ditutup sementara per 1 Juli 2018 dikarenakan adanya proses peremajaan tanaman dan akan dibuka kembali pada Desember 2018. Kamu bisa mengunjungi taman-taman lain di area jalur Pantai Samas yang tidak kalah menarik.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru