Itinerary Wisata 2H1M Di Sukabumi Untuk Liburan Singkat Yang Seru

Ingin liburan di akhir pekan tanpa harus terlalu jauh meninggalkan Jakarta tapi ingin alternatif selain Bandung dan Bogor? Langsung saja menuju Sukabumi! Beragam spot wisata dan aktivitas yang menarik bisa dilakukan di kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat tersebut.

Dari air terjun yang Instagenik, dataran tinggi yang menawan, perkebunan teh yang berpanorama apik hingga nuansa kota yang sejuk menjadikan Sukabumi sebagai salah satu must visit city. Namun, untuk bisa mendapatkan kesan mendalam saat liburan di kota ini, butuh itinerary wisata yang pas agar singkatnya waktu bisa dimaksimalkan.

Tripzilla Indonesia memiliki rekomendasi itinerary wisata 2H1M di Sukabumi untuk liburan singkat, mungkin di akhir pekan, untuk mendapatkan kesan luar biasa. Tertarik melihat itinerary ini, cekidot langsung di bawah ini, ya!

Hari Pertama: Menjelajah alam Sukabumi

Sukabumi dikaruniai kekayaan alam yang luar biasa. Pemandangan yang keren dan nuansa alami yang menyegarkan menjadi atraksi utama hampir di semua destinasi wisata alam di Sukabumi. Karena itu, rugi jika itinerary wisata 2h1m di Sukabumi tidak melibatkan aktivitas di alam, yang dijamin akan memberikan pengalaman baru untuk liburan kamu.

Image credit: @yopirismayady

Namun sebelum melakukan penjelajahan, mengisi perut menjadi aktivitas yang. Menghabiskan semangkuk bubur ayam khas Sukabumi untuk sarapan adalah pilihan yang paling masuk akal untuk diambil. Bubur ayam Bunut Siliwangi di Jalan Siliwangi, Cikole adalah spot yang harus kamu tuju untuk mendapatkan sensasi terbaik akan sarapan pagi khas Sukabumi.

Image credit: @arbainrambey

Destinasi wisata bertema alam yang harus kamu kunjungi di hari pertama adalah mengunjungi Situ Gunung. Tidak sedikit spot wisata menarik yang bisa kamu jelajahi dan nikmati di sini.

Situ Gunung sendiri merupakan danau di kaki gunung Gede Pangrango. Dengan background hutan pinus yang hijau dan nuansa yang menyegarkan dengan udara yang sejuk, sulit untuk tidak dibuat terkesima melihat panorama alam yang ada di sini. Semilir angin yang dingin beserta kicauan burung dan nyanyian satwa di sini turut menambah eksotisme tempat ini.

Image credit: @rizky_syafari

Penjelajahan di Situ Gunung juga bisa kamu lanjutkan ke Curug Sawer, yang lokasinya berjarak satu kilometer trekking dari pintu masuk kawasan ini. Air terjunnya terbilang cantik dengan nuansa alam yang menawan, rugi untuk dilewatkan deh.

Image credit: @razanpoetra

Itinerary wisata 2H1M di Sukabumi kamu bisa dilanjutkan dengan meniti jembatan gantung Situ Gunung dan menikmati hutan di kawasan ini dari ketinggian.

Image credit: @mamih_ungu

Setelah meninggalkan kawasan Situ Gunung, tidak ada salahnya mampir ke Mamih Ungu Resto Dan Kafe untuk makan siang. Menu andalan di sini adalah Nasi Uduk Ungu yang unik, atau Nasi Uduk Ijo yang pedas. Kualitas rasa dan sajian dijamin akan memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Image credit: @yunanrizqie

Setelahnya, kamu bisa merapat ke Kampung Ciptagelar, kampung adat dengan bentuk rumah yang unik dan khas. Kawasan ini juga merupakan kawasan cagar budaya yang harus dijaga karena kentalnya kearifan lokal warganya, yang juga memegang teguh tradisi leluhur. Suasana khas pedesaan di pegunungan yang indah dan asri menambah daya tarik dari kampung ini.

Image credit: @irfanfir

Menjelang sore, mengapa tidak menikmati sunset di pantai Ujung Genteng, pantai dengan pasir putih halus, ombak yang besar namun memiliki garis pantai yang landai? Kamu juga bisa melihat melihat penyu yang bersarang di beberapa sudut tersembunyi di pantai ini untuk bertelur. Jangan diganggu, ya!

Image credit: @edberthansel

Malam harinya, kamu bisa menikmati kuliner khas Sunda untuk makan malam. Warung Sunda Rasa di jalan Siliwangi, Cikole menjadi jujukan kamu untuk bisa menikmati makanan lokal seperti sup iga, sup buntut hingga tumis babat. Nyam nyam!

Image credit: @ign.iel

Menikmati malam di pusat Kota Sukabumi juga asyik, lho! Apalagi jika menghabiskan waktu dengan wisata kuliner. Untuk makanan ringan, kamu bisa menikmati Bandros Atta yang berada di Jalan Gudang. Lokasi lapak bandros terkenal di Sukabumi ini juga tidak jauh dari Sekoteng Singapore yang juga sangat populer. Menikmati keduanya di malam yang dingin di Sukabumi dijamin akan menghangatkan hatimu. Ciyeee!

Image credit: @virajj

Hari Kedua: Menguji adrenalin di Citarik

Memasukkan Geopark Ciletuh dalam itinerary wisata 2H1M di Sukabumi mungkin bukan keputusan yang bijak. Pasalnya, untuk menjelajahi Geopark Ciletuh, yang pada April silam dinobatkan sebagai UNESCO Global Ecopark, dengan memiliki luas wilayah mencapai 126,100 hektar, tidak mungkin dilakukan dalam waktu satu hari.

Image credit: @elaizes.daily

Sebagai gantinya, ada sejumlah destinasi wisata yang tidak kalah asyiknya untuk dijelajahi di Sukabumi. Usai sarapan, kamu bisa mengunjungi Gua Buniayu, yang merupakan gua dengan sistem terbaik di Asia Tenggara. Gua yang terbentuk karena pergeseran lempeng bumi ini membawa berbagai fosil koral laut ke permukaan, yang kemudian menjadi viral dan menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di Sukabumi.

Image credit: @christine_luvi

Itinerary wisata 2h1m di Sukabumi dilanjutkan dengan petualangan ekstrim di Sungai Citarik dengan perahu karet. Yups, kamu akan berarung jeram selama beberapa jam dengan kelas jeram antara III dan IV, tergantung pada kondisi air di hulu. Tidak hanya menikmati gelombang arus di Sungai Citarik, kamu juga bisa menikmati panorama alami di sekitar sungai dan menghirup udara yang sejuk.

Image credit: @mrhphotograph_

Usai basah-basahan dan makan siang, kamu bisa menutup sesi liburan singkat kamu di Sukabumi dengan menyambangi Taman Rekreasi Selabintana, yang memiliki panorama yang menyejukkan mata dan hati dengan suasana hijau kaki gunung Gede Pangrango dan hutan pinus; ada juga sejumlah wahana permainan asyik yang bisa kamu nikmati.

Image credit: @galeriadi

Opsi lain adalah bersantai di Pantai Cimaja sembari menunggu sunset dan melihat para pengendara ombak beraksi di lautan. Setelahnya, kamu bisa berbelanja oleh-oleh seperti Mochi Kaswari Lampion di Jalan Bhayangkara untuk dijadikan buah tangan bagi mereka yang tidak ikut berpetualang seru di Sukabumi.

Image credit: @aierizka02 dan @maddialestari

Baca juga: 18 Destinasi Wisata Di Sukabumi Yang Keren, Ngehits Dan Instagrammable

Bagaimana, dengan adanya itinerary 2H1M ini, berwisata ke Sukabumi tentu menjadi hal yang nyaman, bukan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru