Itinerary Wisata Akhir Pekan Di Magelang Penuh Sejarah & Kuliner Lezat

Kalau kamu sudah akrab dengan Yogyakarta, kamu harus melirik juga kota Magelang yang letaknya bersebelahan. Magelang punya alam yang tidak kalah indah dengan Yogyakarta dan juga obyek wisata yang tidak kalah menariknya. Kuliner di Magelang juga dijamin akan terkenang setelah kamu mencicipinya. Jika kamu berencana pergi Magelang untuk berakhir pekan, itinerary wisata yang direkomendasikan TripZilla ini perlu kamu simak. Tempat-tempat keren yang ada dijamin akan membuat liburanmu semakin berkesan!

Itinerary hari pertama: Menikmati udara segar pegunungan di Ketep Pass

Itinerary wisata bisa dibuka dengan mengunjungi Ketep Pass, lokasi hits yang nggak boleh dilewatkan di Magelang. Kenakan baju hangatmu karena udaranya masih segar dan terasa sejuk di kulit. Tentu saja pantang pulang dari sini sebelum berfoto karena pemandangan alam yang berlatar Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di sini luar biasa indahnya!

itinerary wisata magelang
Image credit: Ketep Pass Magelang

Ketep Pass jadi lokasi pertama yang dapat kamu jangkau dari Jakarta lewat jalan tol. Kamu dapat memilih jalur Selo untuk menuju Magelang dan tidak masalah kalau kamu tiba di sini pada sore hari, karena langit senja justru akan membuat suasana di Ketep Pass semakin cantik.

Image credit: Ketep Pass Magelang

Banyak warung-warung yang dibuka di sini yang menjajakan jagung bakar dan tempe mendoan. Ditambah dengan hawa yang dingin, siapa yang tahan untuk tidak mencoba kuliner yang ada di sini?

Image credit: Joglo Panglipuran Borobudur

Saat malam tiba, saatnya mengisi perut dengan makanan yang mengenyangkan. Kamu bisa mencoba restoran Joglo Panglipuran Borobudur yang punya interior menarik. Kamu akan merasa melebur dengan budaya setempat saat makan di sini.

itinerary wisata magelang
Image credit: Joglo Panglipuran Borobudur

Menu seperti mangut lele asap dan ayam ungkep dengan sambalnya akan membangkitkan nafsu makanmu. Pedas dan gurih dengan tampilan yang cantik, menyantapnya bisa membuatmu menambah porsi nasi lho!

Image credit: Shankara Borobudur

Enaknya menginap di mana saat di Magelang? Salah satu hotel yang menarik adalah Shankara Borobudur. Lokasinya yang sudah dekat dengan Candi Borobudur akan memudahkanmu untuk menjelajah candi pada esok harinya.

Image credit: Shankara Borobudur

Hotel ini pun instagramable dan dilengkapi dengan fasilitas seperti restoran yang cantik, kolam renang dan spa. Tutup harimu dengan bersantai karena Candi Borobudur yang hanya berjarak 1,5 kilometer dari hotel sudah menantimu besok!

Itinerary hari kedua: Eksplorasi obyek wisata Magelang yang menarik dan penuh sejarah

Itinerary wisata Magelang hari kedua bisa dimulai dengan langsung mengunjungi Candi Borobudur. Cara paling asyik adalah dengan melihat sunrise di candi terbesar umat Budha di Indonesia itu.

Mengikuti Borobudur Sunrise yang ditawarkan oleh Manohara Center of Borobudur Study. Paket ini termasuk fasilitas sarapan di restoran Manohara dengan menu-menu yang khas dan cantik semisal serabi mini dan ikan mekuah yang menggoda.

Image credit: Manohara Resto

Dengan mengambil paket wisata ini, kamu mendapat akses eksklusif memasuki kawasan Candi Borobudur pada jam 4.30 pagi. Paket yang menarik ini dapat kamu pesan di sini 

Image credit: Manohara Resto

Candi Borobudur yang merupakan warisan budaya dunia ini tentunya akan memanjakan matamu dengan kemegahannya. Kamu perlu mengabadikan diri di tempat bersejarah ini. Tentunya jangan mencoret-coret atau membuang sampah sembarangan di sini ya!

itinerary wisata magelang
Image credit: Taman Wisata Candi Borobudur

Setelah berkeliling candi, jangan langsung keluar dari kompleks karena masih ada Museum Kapal Samudraraksa yang seru untuk dikunjungi! Berisi informasi tentang sejarah dunia maritim di Indonesia, museum ini punya koleksi berbagai benda bersejarah, dokumentasi dan wahana sinema interaktif yang unik.

Image credit: Museum Kapal Samudraraksa

Nama Samudraraksa sendiri bermakna Penjaga Lautan. Kalau kamu mengajak anak-anak, wahana interaktif yang ada pasti juga akan menarik minat mereka!

Image credit: Museum Kapal Samudraraksa

Keluar dari museum, perutmu mungkin sudah mulai lapar. Kamu dapat mengunjungi Kupat Tahu Pelopor yang tersohor di Magelang. Berjualan sejak tahun 1965, kamu perlu mencicipi dan membuktikan kenapa kupat tahu ini tetap bertahan dan digemari sampai sekarang. Isian yang segar ditambah kacang tanah gurih serta kuah yang manis dan pedas bakal membuat perutmu bergembira.

itinerary wisata magelang
Image credit: hengky_kik, cacaygy

Kenyang mengganjal perut, kamu bisa beranjak ke lanskap ikonik di Magelang yaitu Gunung Tidar. Tidak hanya pemandangannya yang bagus namun tempat ini juga bersejarah karena banyak terdapat makam seperti Makam Syekh Subakir, Makam Kiai Sepanjang, Makam Kiai Semar dan Petilasan Pangeran Purbaya.

Image credit: Gunung Tidar, Magelang

Sebenarnya Gunung Tidar adalah bukit karena tingginya yang hanya 503 meter di atas permukaan laut. Ini membuat Gunung Tidar sesuai bahkan untuk kamu yang belum pernah naik gunung. Selain asri, masih banyak pula monyet liar yang berkeliaran di sini.

itinerary wisata magelang
Image credit: anapujiw, Gunung Tidar, Magelang

Naik turun gunung pasti bikin perut keroncongan kan? Jangan sia-siakan kesempatan untuk makan siang di Sop Senerek Pak Parto yang melegenda. Sop bening dengan isian sayur dan kacang merah ini tampak polos namun jangan diremehkan kenikmatannya. Apalagi kalau ditambah dengan lauk pauk lainnya seperti sambal goreng krecek, asem-asem daging atau cingur. Nyam!

itinerary wisata magelang
Image credit: nglencer_asic, voilajogja

Getuk Trio adalah lokasi jajanan yang wajib disambangi saat berada di Magelang. Getuknya menjadi primadona karena tekstur legit dan rasa manis gurihnya yang pas. Jika ingin membawanya pulang sebagai buah tangan, perhatikan tanggal kadaluwarsanya ya! Biasanya getuk dapat bertahan hingga 10 hari.

Image credit: Getuk Trio

Berkunjung ke Magelang, sayang jika kamu melewatkan kedai kondang lainnya yaitu  Es Murni Magelang. Es Murni Magelang sudah ada sejak tahun 1962 dan kesegaran esnya tetap terkenal hingga kini. Siapa yang tidak tergoda dengan es dawet campur yang padat berisi ini? Banyak juga varian es lainnya seperti es plered atau es burjo yang unik lho!

itinerary wisata magelang
Image credit: kardioversuskuliner, lombok.escapade

Berkeliling kota Magelang juga cukup menyenangkan sambil menghabiskan waktu. Kamu dapat menikmati suasana kota yang tidak terlalu hiruk pikuk seperti Jakarta dan berbelanja aneka oleh-oleh. Setelah itu, makan malam di Ayam Kosek Panjiwo bisa jadi pilihan yang pas untukmu.

itinerary wisata magelang
Image credit: Ayam Kosek Panjiwo

Menu ayam ingkung sambel kosek dan aneka olahan ikan dapat kamu cicipi. Sambel koseknya yang sangat pedas dapat membuatmu tidak berhenti mengunyah. Setelah berjuang melawan rasa pedas, es teler duren dapat menjadi penutup yang pas untuk makan malammu di sini.

Image credit: Villa Sumbing Indah

Puas berwisata kota dan mencicipi kuliner Magelang, Villa Sumbing Indah akan jadi tempat yang seru untuk menghabiskan malam terakhirmu di kota ini. Kamu bisa memperoleh panorama ke Gunung Sumbing saat menyewa kamar di sini.

Image credit: Villa Sumbing Indah

Selain fasilitas yang oke, restoran di Villa Sumbing Indah juga menyajikan aneka hidangan Barat yang menggoda. Sebut saja pizza ayam atau escargot yang nikmat. Penghargaan TripAdvisor Traveller’s Choice yang didapatkan dapat kamu jadikan jaminan bahwa penginapan ini nyaman untuk ditinggali.

Itinerary hari ketiga: Berkeliling Nepal van Java yang unik dan instagramable

Memulai itinerary wisata Magelang hari ketiga, kamu bisa memilih untuk sarapan di villa atau langsung pergi ke obyek wisata selanjutnya, Nepal van Java. Siapa yang tidak tahu tempat hits ini, dengan rumah-rumah warna-warni ala Nepal berlatar Gunung Sumbing yang megah?

Image credit: nepal_van_java

Di tempat ini, banyak dibuka warung-warung yang menyediakan kopi dan gorengan. Santap sarapanmu di sini sambil menghirup udara segar dan merencanakan di sisi mana kamu akan mengabadikan Nepal van Java. Semua sisinya menarik banget, lho!

Image credit: dwijuliana99

Puas melihat kecantikan Nepal van Java, kamu dapat mampir untuk makan siang ke Kopi Klotok Cangkringan Secang yang khas Magelang.

itinerary wisata magelang
Image credit: Kopi Klotok Cangkringan Secang

Segelas kopi klotok yang dibuat dengan cara direbus wajib dicicipi karena akan memberikan sensasi yang berbeda. Aneka makanan seperti pepes tahu hingga hidangan penutup seperti pisang cokelat keju tersedia. Sederhana tetapi terasa nikmat saat disantap.

Baca juga: Tidak Kalah Dari Jogja, 16 Destinasi Wisata Di Magelang Ini Keren Banget

Setelah eksplorasi Magelang di akhir pekan ini berakhir, bisa jadi kamu akan merencanakan kedatanganmu selanjutnya, sebab kota ini memang menyimpan ragam obyek wisata yang tidak habis kalau hanya dijelajahi dalam 3 hari 2 malam. Buktikan saja!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru