Itinerary Wisata Jepang Untuk Melihat Pemandangan Terbaik Mekarnya Sakura Mulai April!

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini

Tidak diragukan lagi, Sakura menjadi ikon Jepang di musim semi. Warga lokal dan wisatawan sengaja membuat rencana wisata untuk mengagumi mekarnya, ketika suasana yang dingin perlahan menghilang, sehingga membuat misi bagi para peramal cuaca untuk memprediksi waktunya kaika (開花; mekarnya bunga) semakin penting. Perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan momen yang sangat bergantung temperatur ini ikut berubah, yang membuat usaha memprediksi kapan mekarnya sakura menjadi jauh lebih sulit dari sebelumnya.

Image credit: bryan…

Dengan wilayah Tohoku membentang di timur laut Jepang, mekarnya bunga bisa terjadi di periode yang lebih panjang, antara April dan awal Mei. Bepergian di wilayah ini juga mudah dan gratis dengan menggunakan JR EAST PASS, yang membolehkan kamu memiliki kesempatan lebih besar menikmati musim semi yang ada di depan mata.

JR EAST PASS (Tohoku area) harganya sama dengan perjalanan pergi pulang menggunakan shinkansen dari Tokyo dan Sendai, nilai yang luar biasa untuk naik kereta tanpa batas di seluruh Tohoku dan dari/menuju ke bandara utama. Selain itu, semua JR East shinkansen, kereta ekspres dan reguler, dan bahkan Joyful Trains juga bisa dinaiki!

Jelajahi setiap destinasi semaksimal mungkin sebelum menuju ke destinasi berikutnya, karena Pass yang kamu miliki bisa digunakan untuk kapanpun selama lima hari dalam periode 14 hari.

Dapatkan Informasi lebih lanjut mengenai JR EAST PASS!

 

Di artikel ini, kami akan membawa kamu ke destinasi terbaik untuk menyaksikan mekarnya bunga sakura yang luar biasa, serta dengan banyak pemandangan lain, kuliner dan pengalaman lainnya sepanjang perjalanan di Tohoku, tanpa harus melihat waktu tertentu di bulan April! Jadi, kemasi barang-barang kamu dan jangan lupa membawa Pass, karena sekarang waktunya melihat yang terbaik dari yang ditawarkan Tohoku!

Itinerary 1: Awal hingga Pertengahan April (wilayah Selatan Tohoku)

Leg 1: Tokyo -> Fukushima -> Hanamiyama Park -> Fukushima | Hotel METS Fukushima

Dari stasiun Tokyo menuju ke stasiun Fukushima dengan lama perjalanan 80 menit menggunakan shinkansen. Setelahnya perjalanan dilanjutkan menggunakan bus selama 15 menit dan berjalan kaki selama sepuluh menit untuk mencapai Hanamiyama Park.

Hanamiyama Park

Rata-rata periode mekar
Mulai mekar (開花): 09 Apr
Mekar sepenuhnya (満開): 13 Apr
Mekar berakhir (終了): 18 Apr

Image credit: Max Pixel

Kerap disebut “gunung untuk melihat bunga”, Hanamiyama Park menjadi rumah bagi lebih dari sepuluh varietas sakura dan bunga lainnya seperti bunga persik dan forsythia. Sebelumnya tempat ini merupakan properti pribadi sebelum kemudian dibuka untuk umum agar semua orang bisa menikmati kecantikannya. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian, pengunjung bisa menikmati lautan bunga yang menutupi hingga kaki bukit, dengan pemandangan kota di bawahnya dan Gunung Azuma di kejauhan.

Image credit: Kimon Berlin

Stasiun terdekat: Stasiun Fukushima
Untuk sampai ke lokasi: Hanamiyama Park bisa diakses menggunakan shuttle bus dari stasiun Fukushima saat musim hanami (melihat bunga) di Halte Bus Pintu Keluar Timur No. 6, dan saat bukan musim hanami di Halte Bus Pintu Keluar Timur No. 8
Harga tiket: Gratis!

Dari Hanamiyama Park, kembalilah ke Stasiun Fukushima.

Makanan Yang Harus Dicoba: Enban Gyoza

Image credit: Haruhiko Okumura

Makanan khas Fukushima selama lebih dari setengah abad, Enban Gyoza (yang berarti piring pangsit) bukanlah pangsit goreng biasa. Digoreng dan disajikan dalam bentuk yang mirip wajan bundar yang digunakan untuk membuatnya, Enban Gyoza menghadirkan cita rasa renyah di luar dan liat di dalam, pangsit terbaik di kelasnya!

Image credit: Hajime NAKANO

Orang lokal menikmati pangsit ini dengan ditemani alkohol, dan biasanya disajikan dalam satu paket berisi 20 hingga 30 biji, tapi Enban Gyoza tidak sulit menghabiskannya karena diisi dengan lebih banyak sayuran yang crunchy dibanding daging. Kamu memiliki banyak pilihan restoran Enban Gyoza di dekat stasiun Fukushima.

Leg 2: Fukushima → Sendai → Funaoka Joshi Park → Hitome Senbonzakura → Sendai | Hotel Metropolitan Sendai

Dari Fukushima, naik shinkansen menuju ke Stasiun Sendai dengan lama perjalanan sepuluh menit, kemudian pindah ke kereta lokal ke Tohoku Main Line dan menempuh perjalanan selama 25 menit ke Stasiun Funaoka.

Funaoka Castle Park dan Hitome Senbonzakura

Rata-rata periode mekar
Mulai mekar (開花): 10 Apr
Mekar sepenuhnya (満開): 14 Apr
Mekar berakhir (終了): 19 Apr

Image credit: Miyagi Prefecture

Pemberhentian kamu berikutnya adalah satu-satunya tempat di Miyagi yang masuk dalam daftar 100 Tempat Terbaik Menikmati Sakura di Jepang, dan tidak sulit melihat alasan mengapa tempat ini masuk dalam daftar tersebut. Di Funaoka Castle Park, kamu bisa naik monorel kuno (¥500) untuk melalui terowongan sepanjang 300 meter pohon sakura. Patung Funaoka Heiwa Kannon setinggi 24 meter bakal menyambut kamu di akhir perjalanan, bersamaan dengan pemandangan yang istimewa dari Gunung Zao, kota di bawahnya dan Hitome Senbonzakura yang berada dekat dengan Shirakawa Riverside.

Seberangi jembatan untuk melewati Sungai Shiroishi untuk menuju ke Hitome Senbonzakura.

Image credit: Raita Futo

Dinamai sebagai “seribu sakura dalam satu tempat”, Hitome Senbonzakura merupakan jalur sepanjang delapan kilometer yang dihiasi jajaran 1,200 pohon sakura di pinggir Sungai Shiroishi. Kamu bisa menikmati musim dingin dan musim semi di waktu yang sama ketika kamu menyaksikan mekarnya bunga dengan latar gunung Zao yang puncaknya tertutup salju, pemandangan yang unik di wilayah Tohoku.

Image credit: ChampagneFight

Stasiun terdekat: Stasiun JR Funaoka
Untuk sampai ke lokasi: 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Funaoka
Tiket masuk: Gratis!

Kembali ke Sendai City untuk melihat pemandangan dan merasakan kuliner yang ditawarkan, atau tunggulah hingga matahari terbenam untuk menikmati yatai (lapak makanan) dan malam yang mengesankan di Hitome Senbonzakura.

Makanan Yang Harus Dicoba: Gyutan, Zunda Shake dan Tiram

Image credit: bryan…

Berasal dari kreativitas dari Keishiro Sano setelah masa perang, Gyutan adalah lidah sapi yang diiris tipis dan dibakar dengan arang untuk menjadi salah satu kuliner yang mengesankan. Warga lokal Sendai sangat menyukai kuliner ini ketika pertama kali diperkenalkan, dan sekarang menjadi salah satu makanan khas Sendai. Coba Gyutan, yang biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sop buntut.

Image credit: Zunda Saryo

Ingin menyegarkan tenggorokan setelah menikmati Gyutan, coba Zunda Shake, gabungan kacang edamame dan susu yang dicampur dengan vanila yang pastinya lezat dan menyehatkan. Kamu bisa menuju ke Zunsa Saryo untuk mencoba minuman ini, atau mencoba produk Zunda lainnya seperti Zunda Mochi dan Zunda Kakigori.

Image credit: 三陸漁師のオイスターバー オストラ デ オーレ

Dengan Sendai berlokasi di pinggir laut, kamu harus mencoba prasmanan tiram di salah satu kota penyedia tiram terbesar di Jepang. Kamu bisa dengan mudah menemukan restoran tiram dan bar di sekitar Stasiun Sendai, jadi silahkan menikmati!

Detours: Sendai dan seterusnya

Image credit: Sendai Blog

Ingin menjelajah Sendai dan sekitarnya lebih lanjut, kamu bisa menuju ke Aoba Castle untuk menikmati pemandangan kota dari Gunung Aoba, atau menikmati arsitektur Momoyama yang unik di Zuihoden Mausoleum, di mana tiga penguasa Sendai dari Klan Date (termasuk yang paling memiliki kekuasaan Date Masamune) disemayamkan.

Image credit: Chensiyuan

Jika kamu memiliki sedikit waktu lebih banyak, pergilah menggunakan JR Senseki Line ke Matsushima Bay dengan lama perjalanan selama 40 menit untuk menikmati makanan laut segar dan salah satu pemandangan terbaik yang dimiliki Jepang. Perjalanan dengan bus selama 50 menit dari Stasiun Sendai akan membawa kamu ke Onsen Akiu, kota pemandian air panas bersejarah yang memiliki lebih dari 15 kolam air panas dengan latar belakang pemandangan yang istimewa. Pastikan kamu mengunjungi Rairai Gorge dan Desa Kerajinan Akiu saat berada di sini!

Image credit: yuanchih chen

 

Jalan-jalan berkeliling Sendai, tapi ingin menghemat JR EAST PASS untuk perjalanan jarak jauh? Pastikan menggunakan 1-day Pass wilayah Sendai, yang akan membolehkan kamu menggunakan kereta bawah tanah dan bus untuk berkeliling Sendai dan beberapa tempat di atas dengan mudah.

Dapatkan Sendai Pass!

 

Leg 3: Sendai → Fukushima → (Toreiyu Tsubasa) → Yamagata → Kajo Park → Yamagata | Hotel Metropolitan Yamagata

Untuk traveler yang bepergian di hari kerja dan hari libur nasional: Naik melalui JR Senzan Line dari Stasiun Sendai untuk sampai ke Stasiun Yamagata dalam 80 menit.

Untuk traveler yang bepergian di akhir pekan: Dari Stasiun Sendai, gunakan shinkansen selama sepuluh menit kembali ke Stasiun Fukushima. Di Stasiun Fukushima, gunakan Toreiyu Tsubasa dengan lama perjalanan satu jam ke Stasiun Yamagata.

Pengalaman naik kereta: Toreiyu Tsubasa

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Nikmati pengalaman berada di kota dengan pemandian air panas saat naik ke kereta Toreiyu Tsubasa dengan pemandangan yang luar biasa. Kereta spesial yang menawarkan sensasi banyak pemandian air panas di Prefektur Yamagata, kamu bisa mengistirahatkan kaki kamu dengan merendam kaki dan mendapatkan handuk spesial Toreiyu Tsubasa sebagai souvenir dengan ¥450. Nikmati juga tikar tradisional tatami atau makanan yang diproduksi warga lokal sebelum menuju ke destinasi berikutnya.

Dari Stasiun Yamagata, berjalanlah selama sepuluh menit untuk mencapai Kajo Park.

Kajo Park

Rata-rata periode mekar
Mulai mekar (開花): 14 Apr
Mekar sepenuhnya (満開): 19 Apr
Mekar berakhir (終了): 26 Apr

Image credit: 山形市観光協会

Kajo Park, salah satu dari 100 taman bersejarah terbaik di Jepang, menghadirkan banyak fasilitas budaya seperti Museum Yamagata Prefectural, Saiseikan (Museum Sejarah Medis) dan bekas benteng Yamagata Castle, situs sejarah nasional.

Image credit: Raita Futo

Lebih dari 1,500 pohon sakura somei-yoshino tumbuh di taman ini, yang menjadikannya sebagai salah satu tempat utama menyaksikan mekarnya sakura. Nikmati mekarnya bunga di siang hari, atau kagumi mereka di malam dengan iluminasi.  Jangan lupa mengambil foto dengan para aktor tentara dari era Edo saat musim sakura.

Stasiun terdekat: Stasiun JR Yamagata
Untuk sampai ke lokasi: Sepuluh menit berjalan kaki dari Stasiun JR Funaoka, atau naik bus Sekizawa dan turun di halte Bijutsukan-Mae (empat menit perjalanan).
Tiket masuk: Gratis!

Leg 4: Yamagata → Sendai → Ichinoseki → (Kereta Pokemon) → Geibikei → Kitakami → Kitakami Tenshochi Park → Morioka | Hotel Metropolitan Morioka

Naik melalui jalur JR Senzan dari Stasiun Yamagata selama 80 menit menuju Sendai, kemudian pindah ke shinkansen untuk sampai di Ichinoseki dalam 30 menit.

Untuk traveler yang melakukan perjalanan di akhir pekan dan hari libur nasional: Naik kereta POKEMON with YOU ke Stasiun Geibikei. Geibikei Gorge bisa dicapai dengan berjalan kaki selama lima menit dari stasiun.

Bagi traveler yang melakukan perjalanan di hari kerja: Dari Stasiun Ichinoseki, gunakan jalur JR Ofunato dengan lama perjalanan 40 menit ke Stasiun Geibikei. Berjalan kaki selama lima menit dari stasiun, kamu bisa sampai ke Geibikei Gorge.

Pengalaman naik kereta: Kereta POKEMON with YOU

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kereta bertema Pikachu ini merupakan Joyful Train, pada awalnya dibuat untuk menghibur dan memberikan rasa suka cita pada anak-anak yang terdampak gempa bumi dan tsunami pada 2011. Hari ini, kamu bisa ambil bagian dalam perjalanan menyenangkan dengan kereta yang didekorasi secara khusus dengan tema Pikachu. Kereta ini hanya memiliki dua gerbong (kabin duduk dan ruang bermain), jadi kamu pastinya harus cepat melakukan pemesanan untuk bisa merasakan pengalaman di dalamnya karena kuota yang ditawarkan cepat habis!

JR EAST PASS membolehkan kamu menaiki semua Joyful Trains dengan gratis, dan untuk memastikan kamu mendapatkan tempat di kereta ini, kamu bisa melakukan pemesanan hingga maksimal 14 orang satu bulan sebelum keberangkatan dengan gratis! Pemesanan tanpa biaya dengan JR EAST PASS juga berlaku untuk shinkansen dan kereta cepat.

Pesan kereta kamu tanpa biaya!

 

Geibikei

Image credit: Satoh Junpei

Tebing setinggi 50 meter dan formasi batuan yang menjulang di sekeliling saat kamu menikmati  perjalanan selama 90 menit menggunakan perahu di Jurang Geibikei, merupakan pemandangan yang bakal kamu dapatkan di tempat ini. Kamu bisa memberi makan ikan, mendengarkan nyanyian pengayuh dayung saat berada di kapal atau mencoba keberuntungan kamu dengan melempar batu ke celah tebing.

Kembali ke Stasiun Ichinoseki melalui Stasiun Geibikei dengan menggunakan kereta lokal selama 40 menit. Dari Stasiun Ichinoseki, naik kereta shinkansen selama 17 menit ke Stasiun Kitakami. Setelah tiba di Stasiun Kitakami, gunakan kapal untuk menyeberang sungai selama lima menit, atau berjalan selama 20 menit ke Kitakami Tenshochi Park.

Kitakami Tenshochi Park

Rata-rata periode mekar
Mulai mekar (開花): 17 Apr
Mekar sepenuhnya (満開): 22 Apr
Mekar berakhir (終了): 29 Apr

Image credit: Kimon Berlin

Memiliki lebih dari 10,000 pohon dari 150 spesies, Kitakami Tensochi Park seluas 193 hektar tidak membutuhkan alasan lain untuk masuk dalam 100 Tempat Terbaik Menikmati Sakura Di Jepang. Ikuti Festival Kitakami Tenshochi Sakura dari pertengahan April hingga awal Mei sembari melihat sakura tampil dengan beragam warna selama periode tersebut.

Image credit: Iwate Prefecture

Jangan sampai melewatkan naik kereta kuda yang akan membawa kamu melalui jalan sepanjang dua kilometer yang dinaungi bunga oleh sakura, pengalaman yang tiada duanya.

Stasiun terdekat: Stasiun JR Kitakami
Untuk sampai ke lokasi: Naik kapal selama lima menit menyeberang ke Kitakami Tenshochi Park (yang tersedia hanya di musim sakura) atau berjalan kaki selama 20 menit untuk sampai ke lokasi.
Tiket masuk: Gratis!

Makanan Yang Harus Dicoba: Tiga Mie Luar Biasa Morioka

Dapatkan pengalaman menikmati mie dengan tiga mie spesial ini dari Morioka!

Image credit: Kuruman

Memiliki kemiripan dengan restoran Cina dan Korea, Jajamen mengkombinasikan rasa asin dari miso, manis dari daging, kesegaran dari sayuran potong dan kenyalnya mie untuk memberikan sensasi rasa tersendiri. Sudahi pengalaman makan mie kamu dengan chi tan tan (sup telur), yang bisa kamu pesan dari pelayan.

Image credit: Shacho0822

Jika kamu ingin hidangan yang lebih dingin, Reimen adalah yang kamu cari. Sajian yang berasal dari Korea dan Jepang ini menghadirkan mie bening yang disajikan dalam sup pedas. Tambahkan semangka dan daging bakar untuk makanan yang nikmat!

Image credit:  JNTO

Belum kenyang meski sudah menghabiskan dua menu makanan? Well, Wanko Soba bisa kamu coba, yaitu pengalaman makan soba sepuasnya, di mana pemberian soba hanya akan dihentikan bila kamu cukup cepat menghabiskan mie di mangkuk soba kamu dan menutupi mangkuknya!

Setiap porsinya berisi mie sekali makan, di mana mangkuk mie, ketika sudah dihabiskan, akan ditumpuk hingga 15 mangkuk, yang jika ditotal ukurannya kurang lebih sama dengan satu mangkuk soba ukuran normal. Rata-rata, pria bisa menghabiskan hingga ratusan mangkuk sementara wanita hingga 80 mangkuk.

Kompetisi makan Wanko Soba diadakan secara rutin, dengan rekor yang belum terpecahkan sampai saat ini adalah 570 mangkuk, oleh seorang perempuan, lho! Akan tetapi, Wanko Soba seharusnya bukanlah makan dengan cepat atau dalam jumlah besar, jadi dapatkan pengalaman terbaik kamu.

Leg 5: Morioka → Tokyo

Waktunya kembali pulang! Naik Shinkansen dari Stasiun Morioka ke Stasiun Tokyo (lama perjalanan dua jam sepuluh menit), di mana kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu di Tokyo atau langsung menuju ke bandara.

Detours: Arakurayama Sengen Park

Periode melihat sakura: Awal hingga pertengahan April

Image credit: Tak H.

Dengan pemandangan ikonik yang muncul di beberapa buku panduan, Arakurayama Sengen Park adalah tempat yang harus kamu kunjungi jika ada sedikit waktu luang diluar Tokyo. Taman ini menawarkan pemandangan Gunung Fuji di kejauhan, pagoda Kuil Arakura Fuji Sengen, dan sakura yang mekar di musim semi (atau dedaunan merah di musim gugur), tiga ikon budaya yang bisa kamu nikmati dalam satu bidikan kamera.

Itinerary 2: Pertengahan – akhir April (wilayah Utara Tohoku)

Image credit: Angaurits

Untuk itinerary wisata Jepang ini, kami bakal melihat mekarnya bunga di daerah yang sedikit lebih jauh di utara Tokyo mengingat suhu udara yang panas dari musim panas berangsur-angsur merambat dari selatan selama bulan April. Perhentian pertama kami akan berada sedikit lebih jauh dibanding jadwal sebelumnya.

Leg 1: Tokyo → Yamagata →  Kajo Park → Yamagata | Hotel Metropolitan Yamagata

Image credit: foooomio

Nikmati mekar bunga yang luar biasa di Kajo Castle, baik di waktu siang atau malam hari, saat kamu menjelajah fasilitas dan atraksi yang berada di salah satu dari 100 taman bersejarah di Jepang. Lihat Leg 3 dari Rute 1 di atas untuk informasi lebih lanjut.

Leg 2: Yamagata →  Sendai → Ichinoseki → (Kereta Pokemon) → Geibikei → Kitakami → Kitakami Tenshochi Park → Morioka | Hotel Metropolitan Morioka

Image credit: 8-Forest

Naiklah ke Kereta POKEMON with YOU dan pergilah ke Geibikei Gorge, di mana kamu akan menikmati nuansa alam dan dibuat kagum dengan tebing yang luar biasa di sana. Kemudian pergilah ke Kitakami Tenshochi Park, di mana kamu bisa menikmati lebih dari 10,000 pohon sakura dengan bunga yang bermekaran lewat pengalaman unik menaiki kereta kuda. Lihat Leg 4 dari Rute 1 untuk informasi lebih lanjut.

Leg 3: Morioka → Kakunodate → Kakunodate Samurai Residences → Sungai Hinokinai → Akita | Hotel Metropolitan Akita

Gunakan Akita Shinkansen dari Stasiun Morioka ke Stasiun Kakunodate (lama perjalanan 50 menit) sebelum berjalan selama 15 menit untuk mencapai Kakunodate Samurai Residences.

Kakunodate Samurai Residences

Rata-rata periode mekar
Mulai mekar (開花): 20 Apr
Mekar sepenuhnya (満開): 25 Apr
Mekar berakhir (終了): 02 Mei

Image credit: 坂本 洋

Bunga shidare-zakura berwarna pink yang mekar dan bergelantungan seakan membawa wisatawan kembali ke masa lalu di mana para samurai menguasai jalanan Kakunodate, kawasan pemukiman yang dulunya dihuni oleh 80 keluarga samurai.

Image credit: Akita Prefecture

Nikmati mekarnya bunga sembari menjelajahi bekas rumah tinggal para samurai, di mana enam di antaranya tetap berdiri sampai hari ini dan terbuka untuk umum, untuk melihat sekilas kehidupan keluarga yang ada di dalamnya. Datanglah lagi di malam hari untuk menyaksikan sakura yang diterangi secara dramatis, yang memberikan pengalaman yang nyata dan indah.

Stasiun terdekat: Stasiun JR Kakunodate
Untuk sampai ke lokasi: 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kakunodate
Tiket masuk: Gratis! (Rumah Samurai Odano, Rumah Samurai Kawarada, Rumah Samurai Iwahashi, Rumah Samurai Matsumoto); ¥300 (Museum Denshokan); ¥400 (Museum Samurai Ishiguro); ¥500 (Aoyagi Samurai Museum); ¥800 (Museum Omura)

Berjalan sepuluh menit untuk bisa mencapai Sungai Hinokinai

Sungai Hinokinai

Rata-rata periode mekar
Mulai mekar (開花): 23 Apr
Mekar sepenuhnya (満開): 28 Apr
Mekar berakhir (終了): 05 Mei

Image credit: tsushima

Nikmati aktivitas jalan-jalan kamu di Sungai Hinokinai dengan ditemani 400 pohon sakura dan bakung kuning yang berbaris di pinggir sungai.

Image credit: Koichi Shibata

Festival Mekarnya Sakura Kakunodate, festival sakura terbesar yang rutin digelar di Akita, berlangsung di pinggiran sungai ini, jadi sempatkan diri menghadiri festival makanan sembari mencoba aktivitas karnaval tradisional dan menyaksikan pertunjukan langsung.

Stasiun terdekat: Stasiun JR Kakunodate
Untuk sampai ke lokasi: 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kakunodate, atau sepuluh menit berjalan kaki dari Kakunodate Samurai Residences
Tiket masuk: Gratis!

Kembali ke Stasiun Kakunodate (15 menit berjalan kaki) dan naik Akita Shinkansen dengan lama perjalanan 45 menit untuk sampai ke Stasiun Akita.

Makanan Yang Harus Dicoba: Kiritanpo dan Hinaijidori

Image credit: yoppy

Beras Akita terkenal sebagai salah satu yang terbaik di Jepang karena hujan salju yang tinggi di wilayah ini setiap musim dingin. Ketika harta karun kuliner ini ditumbuk dan dicetak menjadi tabung, namanya berubah menjadi Kiritanpo, kelezatan yang bisa dinikmati dengan dipanggang atau dalam nabe (hotpot) yang sedap.

Image credit: くろふね

Hinaijidori berasal dari ayam kampung lokal dari daerah Hinai Akita, dan dianggap sebagai salah satu dari tiga jenis ayam terbaik di Jepang. Daging yang lezat ini populer sebagai ekiben (kotak makan siang yang biasanya dinikmati saat naik kereta jarak jauh), jadi kamu bisa mencoba jika merasa lapar di antara halte pemberhentian!

Detours: Danau Tazawa dan Nyuto Onsen

Image credit: bryan…

Sebagai danau terdalam di Jepang, Danau Tazawa menawarkan perairan yang tenang dan biru, keindahan yang bisa dinikmati di dekat Kuil Goza no Ishi. Jangan lupa menyambangi Patung emas Tatsuko, wajah seorang gadis terkenal yang pernah mendambakan kecantikan abadi, atau begitulah menurut legenda.

Image credit: Nyuto Onsenkyo

Yang suka berendam di pemandian air panas pasti tertarik melakukan perjalanan ke Nyuto Onsen, yang memiliki delapan ryokan dan pemandian air panas dengan sumber mata air dan kualitas air yang berbeda. Berendam di sini dijamin menjadi cara yang pas menghangatkan diri di sisa musim dingin yang menggigil!

Leg 4: Akita → Odate → Higashi-Noshiro → (Resort Shirakami) → Hirosaki → Hirosaki Castle

Dari Stasiun Akita , gunakan jalur JR Ou dengan lama perjalanan selama satu jam 40 menit ke Stasiun Odate.

Kota Odate – Rumah dari Akita Inu, edamame dan magewappa

Image credit: uadrienn

Destinasi berikutnya adalah Kota Odate, rumah dari Akita Inu yang besar dan setia. Kamu mungkin pernah mendengar tentang Hachiko, jenis anjing yang paling terkenal yang patungnya berdiri di sekitar Shibuya Crossing di Tokyo.

Image credit: 秋田犬の里

Cukup berjalan kaki dari Stasiun Odate, kamu bisa sampai di Pusat Pengunjung Anjing Akita, di mana kamu bisa mendekati anjing itu dan mengambil foto bersama mereka, berbelanja souvenir dan hadiah bertema Akita Inu, atau belajar lebih banyak mengenai anjing jenis ini di Museum Anjing Akita. Pastikan kamu memberikan perhatian khusus pada Omochi dan Syodai, dua master stasiun kehormatan yang ada di sana untuk menawarkan perjalanan yang menyenangkan!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Visitor Centre juga menawarkan edamame, salah satu makanan khas dari Akita, yang bisa dibeli. Pastikan kamu mencoba es krim edamame, atau membawa camilan edamame untuk dibawa pulang.

Image credit: sota

Yang paling khas dari Odate sendiri adalah Magewappa, kerajinan tradisional yang menekuk kayu menjadi banyak barang, seperti kotak bento. Jika punya waktu lebih, kota ini memiliki banyak toko yang menjual produk Magewappa dan menawarkan kesempatan untuk kamu mencoba kerajinan tangan tradisional ini.

Dari Stasiun Odate, naik kereta lokal selama 45 menit di Jalur JR Ou ke Stasiun Higashi-Noshiro. Pindah ke kereta Resort Shirakami untuk sampai ke Stasiun Hirosaki (perjalanan selama empat jam).

Pengalaman kereta api: Resort Shirakami

Image credit: East Japan Railway Company

Kereta Resort Shirakami didesain khusus dengan jendela yang lebar dan interior yang bersih, yang membuat penumpangnya mendapatkan kesempatan menikmati pemandangan di sepanjang jalur Gono.

Image credit: Aomori Sightseeing Guide

Nikmati pemandangan pantai Shirakami-Sanchi, cagar alam di lereng gunung yang luas, merupakan satu dari empat Situs Warisan Alam di seluruh Jepang. Salah satu yang menarik adalah Aoike (“kolam biru”), kolam dengan air berwarna biru safir yang tampak bersinar.

Dari Stasiun Hirosaki, naik bus (perjalanan 15 menit) atau naik taksi (sekitar ¥1,000) ke Hirosaki Castle Park.

Hirosaki Castle saat malam

Rata-rata periode mekar
Mulai mekar (開花): 22 Apr
Mekar sepenuhnya (満開): 27 Apr
Mekar berakhir (終了): 04 Mei

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Dengan lebih dari 2,600 pohon sakura menghiasi halaman istana, tidak heran jika Hirosaki Castle termasuk salah satu dari 100 Tempat Melihat Sakura Terbaik di Jepang. Saat matahari terbenam, lampu festival akan menyala dan banyak aktivitas terjadi. Nikmati makanan yatai dan aktivitas matsuri saat kamu menyaksikan sakura yang diterangi dalam semua kemegahannya.

Stasiun terdekat: Stasiun JR Hirosaki
Untuk sampai ke lokasi: Naik bus 15 menit ke Stasiun JR Kakunodate
Tiket masuk: Gratis!

Leg 5: Hirosaki → Aomori (Nebuta Warasse, Pasar Ikan Furukawa, A-Factory) → Shin-Aomori  → Tokyo

Hirosaki Castle saat pagi

Image credit: Hirosaki City, JNTO

Setelah melihat indahnya sakura di malam hari, kamu bisa mengunjungi Hirosaki Castle lagi di pagi hari untuk menikmati keindahan alami mekarnya bunga, di mana mereka menghiasi halaman kastil dengan warna pink dan putih.

Image credit: bryan…

Kamu bisa menuju ke Stasiun Hirosaki dan naik ke kereta lokal di Jalur JR Ou Line selama 40 menit perjalanan untuk tiba di Stasiun Aomori.

Grand nebuta Aomori

Image credit: Robert Montgomery

Lihatlah lebih dekat bintang Aomori Nebuta Matsuri, nebuta raksasa, di Museum Nebuta Warasse. Terbuat dari bambu dan kertas, lampion warna-warni yang besar ini menggambarkan makhluk dan tokoh sejarah dan mitos, yang menjadikan langit malam menjadi meriah selama Aomori Nebuta Matsuri. Meskipun festival ini berlangsung sekitar 2 hingga 7 Agustus tiap tahunnya, kamu masih bisa merasakan kemeriahan festival ini dengan ambil bagian dalam pertunjukan musik dan tari dalam beberapa kesempatan setiap harinya di Museum Nebuta Warasse.

Makanan Yang Harus Dicoba: Seafood Aomori dan apel

Image credit: M Murakami

Karena lokasinya yang dekat dengan laut, datang ke Aomori menjadi kesempatan buat kamu menikmati makanan laut segar. Pergilah ke Pasar Seafood Furukawa (juga dikenal sebagai Aomori Gyosai Center) untuk menikmati nokke don, semangkuk nasi seafood yang bisa kamu pilih sendiri isiannya dengan memilih seafood favorit kamu dan tukarkan sajian tersebut dengan satu set kupon. Dengan 30 kios yang menyajikan tangkapan segar untuk dipilih, kamu pasti memiliki banyak pilihan.

Image credit: C.K. Tse

Tertarik mencoba beberapa apel Aomori? Aomori adalah produsen utama apel di Jepang, jadi kamu tidak akan kekurangan memilih souvenir bertema apel dan makanan ringan yang bisa kamu pilih di A-Factory, pusat perbelanjaan bebas bea yang didedikasikan untuk buah bundar kemerahan ini.

Image credit: くろふね

Jus apel segar, sari apel, pai apel, keripik apel, apel kering, kue apel, jeli apel, handuk, dan tas dengan cetakan apel, daftarnya masih panjang lho, dan pasti ada cukup banyak apel dan produk bertema apel untuk kamu! Jangan lupa mengunjungi pabrik sari apel, di mana mereka membuat sari apel dan jus.

Image credit: Aomori Prefecture, Tourism and International Affairs Strategy Bureau

Waktunya pulang! Kembali ke stasiun Shin-Aomori melalui Jalur Ou (perjalanan lima menit), di mana kamu bisa pindah ke shinkansen yang menuju ke Tokyo (perjalanan tiga jam 20 menit).

Detours: Tokyo dan sekitarnya

Belum cukup menikmati keindahan alam Jepang? Daerah sekitar Tokyo adalah rumah bagi tempat yang bisa membawa kamu menjauh dari tekanan kehidupan kota modern. Jika kamu punya waktu luang, mengapa tidak mengunjungi beberapa tempat ini?

Untuk perjalanan sehari di Tokyo dan berkeliling di wilayah Kanto, mengapa tidak mencoba JR TOKYO Wide Pass?

Dengan pass ini, kamu bisa naik kereta shinkansen, Narita Express dan Fuji Excursion tanpa batas. Pass tiga hari ini hanya bisa dibeli di Jepang.

Gunakan untuk menambah pengalaman liburan kamu di Tokyo dengan melakukan perjalanan di area sekitar seperti Gunung Fuji, Izu, Karuizawa dan GALA Yuzawa Snow Resort.

Dapatkan JR TOKYO Wide Pass!

 

Festival Fuji Shibazakura (moss phlox merah muda)

Periode melihat sakura: akhir April hingga pertengahan Mei

Image credit: t.kunikuni

Kunjungi Festival Fuji Shibazakura, salah satu tempat menikmati pemandangan paling terkenal di Gunung Fuji. Di sini, ada lima varietas dari sekitar 800,000 Shibazakura (moss phlox merah muda) yang menutupi tanah, seperti karpet merah muda dan putih, membuat pemandangan yang mencolok dengan Danau Motosuko dan Gunung Fuji sebagai latar belakang. Sembari mengagumi pemandangan, mengapa tidak mengambil beberapa makanan festival, souvenir bertema shibazakura, produk lokal dan bahkan beberapa lumut merah muda dalam pot untuk dibawa pulang?

Stasiun terdekat: Stasiun Kawaguchiko
Untuk sampai ke lokasi: Dengan bus selama 30 menit dari Stasiun Kawaguchiko, yang bisa dicapai via Kereta Fuji Excursion dari Shinjuku (2 jam perjalanan)
Tiket masuk: ¥600 – ¥800, tergantung pada kondisi bunga

Ashikaga Flower Park (wisteria)

Periode melihat bunga: akhir April hingga awal Mei

Image credit: T.Kiya

Salah satu keajaiban musim semi lainnya, tanaman merambat wisteria (juga dikenal sebagai bunga fuji) menggantung dari atas tirai ungu tua, menjadikannya salah satu bunga yang paling dicintai di Jepang. Rumah bagi lebih dari 350 wisteria (salah satunya berumur lebih dari 100 tahun!), Ashikaga Flower Park adalah tempat populer melihat bunga musim semi, di antara bunga musiman lainnya. Jelajahi terowongan wisteria yang panjangnya bisa mencapai 80 meter, dan kagumilah bunga yang bermekaran saat mereka menggunakan cahaya berbeda di malam hari. Pastikan untuk mencoba beberapa es krim wisteria juga!

Image credit: Manish Prabhune

Stasiun terdekat: Stasiun JR Ashikaga Flower Park
Untuk sampai ke lokasi: Dari Tokyo, naik shinkansen ke Stasiun Oyama (45 menit) sebelum ganti ke Jalur JR Ryomo ke Stasiun Ashikaga Flower Park (35 menit).
Tiket masuk: ¥900 – ¥1800, untuk musim wisteria, tergantung pada kondisi bunga

Hitachi Seaside Park (nemophila)

Periode melihat bunga: akhir April hingga awal Mei

Image credit: t.kunikuni

Hitachi Seaside Park berada di Prefektur Ibaraki, di mana kamu bisa melihat lebih dari empat juta bunga nemophila di musim semi. Bunga-bunga ini menutupi halaman taman layaknya lautan biru yang menakjubkan dan dapat menyaingi langit musim semi yang cerah. Pemandangan ini menarik banyak orang, bahkan kios-kios festival didirikan untuk menjual makanan dan pot nemophila yang bisa kamu bawa pulang. Kamu juga bisa melihat bunga lainnya yang bermekaran, seperti bunga poppy oranye, nanohana kuning (bunga rapeseed) dan bahkan sakura yang mekar di taman yang luas ini.

Stasiun terdekat: Stasiun JR Katsuta
Cara ke sana: Naik Kereta Ekspres Terbatas Hitachi atau Tokiwa dari Stasiun Tokyo selama 80 menit ke Stasiun JR Katsuta, dilanjutkan naik bus 15 menit untuk sampai ke taman.
Harga tiket: ¥700 untuk musim nemophila

Image credit: bryan…

Tohoku menjadi wilayah dengan banyak pemandangan indah dan tradisi menarik, yang semuanya bisa menjadi lebih indah dengan mekarnya sakura saat menyambut kehangatan musim semi di bulan April. Nikmati semua ini dan banyak hal lainnya dengan perjalanan yang bebas repot dan nyaman menggunakan JR EAST PASS, kamu bisa tiba dari kamar kereta api ke bunga yang spektakuler dalam waktu singkat!

*DISCLAIMER : Festival bunga sakura dan even bunga lainnya mungkin terkena imbas oleh pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh dunia. Traveler bisa langsung mengecek informasi mengenai hal tersebut di situs resmi festival sebelum merencanakan melakukan perjalanan.

Kabar bagus! JR EAST PASS (Tohoku area) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.

Dengan JR EAST PASS, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini ¥1000 (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS (Tohoku area) dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru