Itinerary Wisata Surabaya Untuk Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Berwisata ke Surabaya dalam waktu singkat bersama keluarga sebenarnya bukan hal yang mustahil. Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu nikmati bersama keluarga. Berbagai arena hiburan, kuliner, area belanja dan wisata edukasi berpadu di kota Pahlawan Surabaya. Semuanya bisa kamu nikmati sepanjang akhir pekan. Itinerary wisata keluarga di Surabaya ini bisa menjadi contekan untuk liburan akhir pekan kamu. Cekidot, ya!

Hari 1: Menikmati pemandangan kota di pinggir laut

Dengan asumsi sampai di Surabaya usai makan siang, kamu bisa langsung check in di penginapan dan kemudian bersantai sejenak ke pinggir pantai. Banyak destinasi wisata pantai yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati semilir angin yang nyaman.

Image credit: @masbeng2

Spot tepi pantai rekomendasi kami adalah Surabaya North Quay. Tidak hanya merasakan angin semilir yang asyik untuk jadi teman bersantai, kamu juga bisa melihat kapal pesiar berukuran besar yang bersandar, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana Surabaya North Way makin romantis ketika sore hari dan pandangan menghadap ke arah barat melihat sunset yang sangat indah.

itinerary wisata surabaya
Image credit: @arthursigit (kiri), @sbynorthquay (kanan)

Jika beruntung, gedung Surabaya North Quay disulap menjadi area pameran dan food festival. Kamu dan keluarga bisa menikmati kuliner lokal sekaligus melihat puluhan pelapak dari berbagai industri kreatif memamerkan hasil karya mereka di sini. Silahkan order makanan di food court Surabaya North Quay. Tempatnya nyaman dan bersih dengan menawarkan banyak opsi makanan, dari dessert hingga makanan berat Harganya terjangkau dan pastinya buat kamu kenyang.

Image credit: @_syahlubis_

Puas menikmati suasana pinggir laut, kini waktunya lanjut belajar sejarah ke Gedung Siola atau Museum Surabaya. Di sini kamu bisa menemukan ratusan foto, diorama yang menggambarkan perjuangan warga Surabaya mempertahankan kemerdekaan. Ada juga benda seni milik negara yang tertata rapi di museum Siola.

itinerary wisata surabaya
Image credit: @manairfan (kanan), @robertho_p (kiri)

Selain belajar mengenai sejarah Surabaya, kamu juga bisa menuju ke taman gantung Tunjungan, mengingat ada akses khusus mengunjungi destinasi wisata instagenik ini dari gedung Siola Surabaya. Di taman gantung tersebut kamu bebas berfoto bareng keluarga. Tempatnya sejuk, estetis dan lokasi yang sempurna untuk menikmati hiduk pikuk kota Surabaya dari ketinggian 8 meter.

Image credit: @sherlymega

Menjelang kembali ke penginapan, bagaimana jika memanjakan lidah terlebih dulu. Menikmati es krim bisa jadi pilihan menarik. Jika iya, kamu bisa menuju ke Es Krim Zangrandi yang melegenda. Banyak menu yang bisa kamu pilih dan rasanya juga istimewa. Kamu juga bisa menikmati makanan berat jika mau di sini, lho! Aktivitas yang pas untuk menutup hari di itinerary wisata Surabaya hari pertama, kan?

Hari 2: Dari monumen bersejarah, wisata belanja, hingga taman bermain

Memulai hari kedua dalam itinerary wisata Surabaya ini, sarapan pagi sepertinya menjadi hal yang harus dilakukan untuk bersiap menghadapi akhir pekan yang panjang. Ada banyak pilihan lokasi sarapan yang bisa dipilih, termasuk dengan menyantap menu seadanya yang merupakan fasilitas hotel. Opsi lain, sarapan dengan kuliner khas Surabaya. Rekomendasi kami, Soto Daging Gubeng Pojok.

Image credit: @amazingindonesiafood

Di sini, kamu akan menikmati sajian soto daging dengan kuah yang hangat dan beragam isian yang melimpah, mulai dari daging, irisan babat hingga jeroan dan telur ayam. Kamu juga bisa memilih isian yang kamu paling suka. Dijamin ketagihan!

Image credit: @dhankjuga

Setelah perut kenyang, kamu bisa menuju ke Monumen Kapal Selam Surabaya. Bayangkan, kamu bisa masuk ke kapal selam KRI Pasopati 410 dari Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur, melihat interior di dalamnya, membayangkan kru kapal hidup dan beraktivitas di sana, sekaligus melihat perangkat-perangkat yang ada di dalamnya. Yang claustrophobia (phobia terhadap ruang sempit, red) sepertinya bakal mengalami sesak napas berada di dalam kapal selam ini!

Di luar monumen kapal selam, ada sejumlah ruang pameran yang menampilkan dokumentasi peperangan di Laut Aru. Ada juga bioskop mini yang memutar film mengenai pertempuran laut melawan penjajah. Dijamin bakal memberikan sudut pandang baru mengenai perjuangan merebut kemerdekaan, deh!

itinerary wisata surabaya
Image credit: @pilotlieur (kiri)

Pasca panas-panasan di monumen kapal selam, ayo belanja! Tunjungan Plaza Surabaya menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi keluarga. Bukan hanya karena banyak store yang menawarkan brand lokal dan internasional, tapi juga tempat makan dan tempat bermain. Dari Plaza 1 hingga 6, ada 126 kios kuliner yang menyediakan berbagai menu. Area bermain untuk memanjakan anak-anak juga banyak ragamnya. Kalau lelah berkendara, kamu juga bisa merilekskan otot di salon & spa. Lengkap bukan?

Image credit: @kinantirefrighea

Puas berbelanja dan makan siang di food court, kamu bisa menikmati malam di Surabaya Carnival Park. Banyak wahana permainan di taman bermain yang mirip dengan Ancol ini, mulai dari wahana anak seperti mini jet, kocar-kacir, battery car, frog hopper, baby wheel, avatar, convoy car, dan dance party, hingga wahana untuk keluarga (segala umur) seperti wax house, keliling angkasa, uber-uberan, galeri angkut, pirate, gondal gandul, bumper car, galeri Suroboyo, dan carousel. Masing-masing wahana sudah lengkap dengan standarisasi keamanan yang berlaku, jadi tidak perlu khawatir mengajak anak-anak bersenang-senang ke Carnival. Kamu dan keluarga juga bisa berfoto dengan bebas ke booth-booth yang disediakan.

itinerary wisata surabaya
Image credit: @amazingindonesiafood (kiri), @filosofikudewe (kanan)

Puas bermain, waktunya mengisi perut (lagi). Ayam Bakar Primarasa menjadi pilihan paling pas, bukan hanya untuk memanjakan lidah dan perut, tapi juga untuk bersantai. Tempatnya luas, nyaman serta bersih, di mana setiap ruang memiliki fasilitas AC. Ada juga area selfie, yang membolehkan kamu dan keluarga berpose semaksimal mungkin di sudut rumah kampung khas Jawa Timur. Menu utamanya adalah ayam bakar, yang tiap potongnya terasa sangat empuk dan rasanya meresap ke dalam. Sambal dan lalapannya juga menggugah selera. Restoran Primarasa selalu menyajikan sambal dadakan yang pedas dan segar. Selain menu ayam bakar, disini kamu juga bisa menikmati sayur oseng, pepes, dan olahan seafood.

Kenyang dan lelah, setelah seru-seruan sepanjang hari, mungkin sudah waktunya kembali ke penginapan untuk bersiap memulai itinerary wisata Surabaya hari ketiga sejak pagi.

Hari 3: Menikmati car free day & kebun binatang

Car free day (CFD) menjadi salah satu aktivitas wisata paling ditunggu warga surabaya di hari Minggu. Karena itu, ikut ambil bagian dalam CFD harus masuk itinerary wisata Surabaya kamu. Kamu dan keluarga bisa menikmati menikmati CFD ala arek-arek Suroboyo di enam lokasi. Kamu bisa berolahraga pagi, menikmati street food, bahkan melihat beragam atraksi, komunitas dan aktivitas yang seru.

itinerary wisata surabaya
Image credit: @bangga.bisma (kanan dan kiri), @awangpratyaksa (tengah)

Taman bungkul adalah salah satu area hijau sekaligus pusat keramaian car free day di Surabaya. Di taman ini  semua kalangan bisa menikmati rindangnya pepohonan dan melihat dinamika kota Surabaya saat tidak ada mobil yang melintas. Tidak ada polusi tidak ada kemacetan, hanya keramaian warga kota dan wisatawan yang bersenang-senang.

Image credit: @fitriaahmadyulianto

Kamu juga bisa sarapan asyik di kawasan Taman Bungkul. Makanan khas Surabaya yang bisa kamu cicipi di sini adalah pecel semanggi, di mana rebusan daun semanggi disiram dengan sambal kacang yang pedas gurih, dimakan dengan menggunakan kerupuk puli. Sensasinya top banget, harganya juga ramah di kantong!

Puas bersantai dan sarapan di CFD Taman Bungkul, waktunya melanjutkan wisata ke Kebun Binatang Surabaya! Disini pengunjung bisa melihat secara langsung koleksi hewan dan belajar banyak soal kehidupan mereka.

itinerary wisata surabaya
Image credit: @heraaa (kiri), @putradwimirza (kanan)

Kebun Binatang Surabaya memelihara 2,000 hewan dari 341 spesies. Kamu bisa memberi makan ke hewan dengan pengawasan petugas yang berjaga. kebun binatang Surabaya menyediakan sepeda kayuh untuk pengunjung. Harganya mulai dari 20 ribu rupiah hingga 30 rupiah untuk sekali jalan. Fasilitas di kebun binatang juga yang sudah lengkap, dari food court, mushola hingga toilet di beberapa titik.

Menikmati makan siang yang khas sepertinya menjadi cara yang pas menutup itinerary wisata Surabaya kamu. Destinasi wisata kuliner yang pas adalah rujak cingur dan salah satu spot terbaik menikmati kuliner ini adalah Rujak Cingur Ahmad Jais di daerah Genteng.

itinerary wisata surabaya
Image credit: @maktiendailyfood

Di warung ini, rujak cingur yang disajikan memiliki kekhasan tersendiri, mulai dari bahan hingga isian di dalamnya, yang pada akhirnya membuat sajian rujak cingur di warung ini melegenda. Untuk mendapatkannya, siap-siap menunggu lama karena biasanya selalu ada antrian meskipun harganya di atas harga rujak cingur di tempat lain.

Baca juga: 15 Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian Untuk Dibawa Pulang

Menurut kamu, dengan itinerary wisata Surabaya di atas, liburan kamu bersama keluarga di akhir pekan bakal berkesan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru