Peringatan Keras Dari Pilot Dan Pramugari, Jangan Memakai Sandal Di Pesawat!

Suka memakai sandal di pesawat? Well, mungkin sudah waktunya kamu mengubah kebiasaan tersebut. Pasalnya, hal itu sering disayangkan dan membuat kesal para awak pesawat, baik pilot maupun pramugari.

Pesawat terbang menjadi moda transportasi yang jauh lebih merakyat dalam satu dekade terakhir. Semua orang dari berbagai kelas sosial bisa dengan mudah menggunakan moda transportasi ini. Bukan hanya karena mempersingkat waktu perjalanan, yang mana untuk menuju ke daerah lain yang ratusan kilometer jaraknya bisa ditempuh dalam hitungan waktu yang relatif singkat ketimbang moda transportasi lainnya, tapi juga karena harga tiket yang jauh lebih terjangkau dibanding beberapa dekade lalu. Akses mudah ke bandara juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih naik pesawat.

Namun, tidak sedikit penumpang yang masih abai dengan faktor keselamatan kala naik pesawat. Memakai sandal di pesawat adalah salah satu hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan, meski tidak ada regulasi yang mengatur hal tersebut. Penumpang yang mengenakan sandal pun tak jarang membuat kru pesawat, baik pilot maupun pramugari menjadi kesal.

Salah seorang pramugara yang bekerja untuk maskapai luar negeri, Tony Kuna, mengungkapkan alasan mengapa banyak kru pesawat kesal dengan penumpang yang memilih memakai sandal saat naik pesawat terbang.

“Saat insiden darurat, mungkin akan ada banyak serpihan benda-benda tajam atau dataran yang kurang nyaman untuk diinjak saat berusaha keluar dari pesawat, dan kondisi yang sama juga mungkin ada di luar pesawat. Jika kaki tidak sepenuhnya terlindungi, kamu bakal mengalami kesulitan untuk bisa berada di tempat yang aman,” jelasnya dalam tulisannya di Quora.

“Bayangkan kamu bakal membuat telapak kakimu terluka karena pecahan kaca atau terkena panas atau terkena benda tajam lainnya. Mirip-mirip dengan John McClane di Die Hard, tapi kondisinya lebih buruk,” terang Tony menjelaskan.

Lalu, jika memakai sandal tidak disarankan, apakah sekadar mengenakan sepatu sudah cukup baik? Belum tentu! Pramugari dan pilot menyarankan penumpang untuk tidak mengenakan sepatu dengan hak tinggi. Sebaliknya, sepatu yang dipilih adalah yang bisa melindungi kaki secara keseluruhan, seperti sneakers, sepatu safety yang nyaman atau sepatu lain dengan alas yang aman.

“Cari sepatu yang kuat dan pas digunakan untuk menyelamatkan diri. Mengapa? Karena melakukan evakuasi dengan telanjang kaki atau menggunakan sandal adalah hal yang bodoh untuk dilakukan,” jelas salah satu pilot pesawat di Reddit.

Baca juga: Rekomendasi Sepatu Slip On Pria Yang Nyaman Digunakan Untuk Jalan-Jalan

Jadi, sudah tahu alasan mengapa pramugari atau pilot lebih senang melihat penumpangnya bergaya keren dengan mengenakan sepatu sebagai alas kakinya, kan?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru