Kampoeng Wisata Cinangneng, Panduan Aktivitas Untuk Kamu Dan Si Kecil

Kampoeng Wisata Cinangneng menjadi salah satu tempat wisata keluarga populer di Bogor. Namun demikian, tak sedikit yang masih belum mengetahui mengenai destinasi liburan ini. Buat kamu yang penasaran dengan tempat ini, wajib hukumnya untuk membaca panduan wisata di tempat ini. Yuk, simak panduan wisata di kampung wisata, yang sudah dirangkum TripZilla Indonesia dari berbagai sumber ini.

Lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng

Mengutip dari Google, destinasi wisata ini berada di kawasan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Alamat lengkapnya adalah Jl. Babakan Kemang, RT.1/RW.2, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16620.

Akses jalan menuju ke tempat yang asyik ini sudah bagus, bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Kondisi jalan juga sudah diaspal keras.

Sebagai acuan perjalanan, kamu bisa mengikuti petunjuk ke Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri Jl. Raya Cibanteng menuju ke Desa Cihideung Udik. Lanjutkan perjalanan hingga menjumpai Kolam Renang Tirta Ayu. Setelahnya, kamu bisa bertanya ke warga lokal untuk bisa sampai ke lokasi.

Jam operasional

Kampoeng Wisata Cinangneng buka di sepanjang pekan, mulai dari Senin hingga Minggu. Sementara untuk jam operasional mulai dari 8.00 hingga 17.00 WIB.

Namun, untuk yang datang dan bermalam di kawasan wisata ini, kamu memiliki akses setiap saat untuk menikmati keseruan dan suasana perkampungan yang asri.

Tiket masuk

kampoeng wisata cinangneng

Kampung wisata ini memasang bandrol harga tiket masuk sebesar 12,500 IDR per orang. Namun, untuk bisa mendapatkan pengalaman maksimal dan suasana yang mengesankan di Kampoeng Wisata Cinangneng, ada paket wisata yang ditawarkan untuk anak-anak.

Package A dengan tema Poelang Kampoeng misalnya, ditawarkan dengan harga 145,000 IDR per pax dengan minimal 20 anak-anak. Banyak aktivitas yang dilakukan selama tur satu hari ini, mulai dari mengunjungi industri rumahan, melihat langsung aktivitas warga, belajar bermain alat musik angklung atau gamelan, belajar menari dan masih banyak lagi lainnya. Ada juga Package B, dengan tema I’am Also From The Kampoeng, dengan biaya 125,000 IDR. Package D, Ronda, juga memiliki banyak aktivitas asyik yang ditawarkan.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas yang dimiliki Kampoeng Wisata Cinangneng bisa dikatakan sangat lengkap. Bungalow, taman dan kebun, tempat bermain, kolam renang dan restoran bisa kamu temukan di sini.

Tidak hanya itu saja, area parkir yang dimiliki juga luas. Mushola, gazebo dan toko souvenir juga tersedia di area ini.

Ada juga fasilitas akomodasi dalam bentuk paket menginap atau Overnight Package. Ada Package D dengan kamar standar dan fasilitas yang menarik dengan harga mulai dari 525,000 IDR, atau Package E dengan harga mulai dari 625,000 IDR atau Sawah Room (Family Room) dengan harga mulai dari 1,150,000 IDR atau Desa Room (Triple Room) dengan biaya mulai dari 750,000 IDR per malam.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Kampoeng Wisata Cinangneng

kampoeng wisata cinangneng

Destinasi wisata ini menjadi tujuan yang tepat untuk memperkenalkan si kecil kepada suasana desa dan perkampungan yang masih asri. Tidak hanya itu saja, atmosfer yang menyenangkan juga bisa menjadi momentum pengingat masa kecil kamu di kampung halaman.

Sebagai perkampungan wisata, banyak hal yang bisa dirasakan dan dilakukan langsung oleh para pengunjung. Daftarnya bisa dilihat di bawah ini.

a. Tur kampung

Kamu bisa mengajak si kecil menjelajah kampung, beriinteraksi dengan warga dan bahkan mengunjungi industri kecil rumahan seperti melihat langsung pembuatan keset kaki dan tas. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri pematang sawah atau bahkan sungai, hal yang nggak akan kamu dapatkan di ibu kota!

b. Belajar memasak dan membuat jamu

Kegiatan ini akan membuat kamu dan si kecil bahwa ada banyak bahan makanan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan, baik sebagai makanan maupun minuman. Kamu bisa belajar dan mempraktekkannya di rumah, lho!

c. Belajar menari tradisional

Salah satu kegiatan yang menarik di Kampoeng Wisata Cinangneng dan tidak boleh dilewatkan adalah belajar menari tradisional. Kamu dan si kecil akan diperkenalkan dengan sejumlah tarian tradisional dan bakal diajak untuk berpartisipasi. Jangan sampai menolak ajakan tuan rumah, ya!

d. Membuat wayang

Ternyata membuat wayang itu tidak sulit. Setidaknya itulah yang ditunjukkan di kampung wisata yang berdiri sejak tahun 2000 ini. Menggunaan ilalang dan dedaunan, kamu sudah bisa membuat satu sosok wayang yang menarik.

e. Bermain alat musik tradisional

Bagi yang suka mengulik alat musik, kamu dan si kecil akan diperkenalkan dengan alat musik tradisional, angklung dan seperangkat gamelan. Kamu bisa mengenal dan belajar bunyi-bunyi yang ditawarkan, dan bahkan ikut dalam pentas seni.

f. Menanam padi

Yang suka kegiatan luar ruang, menanam padi di sawah dijamin bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Si kecil harus mendapatkan pengalaman ini, ya!

g. Memandikan kerbau

Siapa di antara kamu yang pernah memandikan kerbau? Jika belum, Kampoeng Wisata Cinangneng menawarkan kesempatan berharga itu. Jangan lupa abadikan momen unik ini, ya!

Baca juga: Pilihan Tempat Camping di Bogor Untuk Liburan Anti Mainstream Bersama Keluarga Dan Sahabat

Banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di Kampoeng Wisata Cinangneng, bukan? Kunjungi segera dan dapatkan pengalaman yang istimewa di sana!

 

All image credit to HB Kampoeng Wisata

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru